Pengembangan Instrumen Pengukuran Sikap Gotong Royong Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Maryoto Maryoto SD Negeri Se gugus Dewi Sartika Tegalrejo

Keywords:

Gotong Royong Siswa, Penelitian dan Pengembangan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui penilaian sikap gotong royong
siswa yang dilakukan guru, Mengetahui pengembangan instrumen pengukuran
sikap gotong royong antara lain; (a) untuk menentukan indikator apa saja yang
tepat untuk menunjukkan nilai gotong royong siswa sekolah dasar, (b) melakukan
pembakuan instrument yang valid dan reliabel, hingga pada akhirnya mengetahui
kecenderungan sikap gotong royong yang dilakukan dengan instrument yang
telah disusun. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas lima Sekolah Dasar se-Gugus Dewi
Sartika Tegalrejo yang berjumlah dua ratus orang. Analisis data yang digunakan
meliputi analisis Exploratory Factor Anaysis, analisis reliabilitas menggunakan
Cronbach’s Alpha dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1)
penilaian sikap gotong royong yang dilakukan guru belum menggunakan
instrument yang valid dan reliabel. (2) Hasil pengembangan instrument diperoleh
indikator sikap gotong royong yang dibagi menjadi 6 yaitu; terlibat aktif dalam
bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah, bersedia melakukan tugas terkait
mata pelajaran tertentu, bersedia membantu teman tanpa mengharap imbalam,
aktif dalam kerja kelompok di sekolah, dan menghargai teman di sekolah. Uji
validitas konstruk terhadap 48 butir dinyatakan valid dan terbagi dalam 18 faktor.
(3) Kecenderunagn sikap gotong royong siswa kelas V SD Negeri se-Gugus dewi
sartika berada pada kategori sedang.

References

Arikunto, S. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdikbud, 1975. Pedoman pembimbingan dan penyuluhan. Jakarta: depdikbud.

Djemari Mardapi. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Prss.

HAW. Widjaja, 2004. Otonomi Desa. Jakarta: Rajawali Pers.

Haryanto,S .1994. Pengantar Teori Pengukuran Kepribadian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Kartinah. 2018. Pengembangan Instrumen Pengukuran Disiplin untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 102 – 108.

https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd/article/view/3387/1969.

Kartowagiran, B. 2009. Penyusunan Instrumen Kinerja SMK-SBI. Yogyakarta: Fakutas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Kusnadi, (2006). Filosofi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. Bandung: Humaniora.

Notoatmodjo. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Pranadji, Tri. 2009. Penguatan Kelembagaan Gotong Royong Dalam Perspektif Sosio Budaya Bangsa: Suatu Revitalisasi Adat Istiadat Dalam Peneyelenggaraan Pemerintahan. Forum Penelitian Agro Ekonomi. Volume 27. No.1, Juli 2009: 61-27.

Pujihastuti, Isti. 2010. Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian. CEFARS :JurnalAgribisnis dan Pengembangan Wilayah.Vol. 2 No. 1.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Zuriah, Nurul. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Published

19-09-2021

How to Cite

Maryoto, M. (2021). Pengembangan Instrumen Pengukuran Sikap Gotong Royong Siswa Sekolah Dasar. Journal of Educational Evaluation Studies (JEES), 1(2), 158–165. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9827

Issue

Section

Artikel

Citation Check