Journal of Educational Evaluation Studies (JEES) https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES <table cellpadding="2"> <tbody align="top"> <tr> <td width="135px">Journal Title</td> <td><strong>Journal of Educational Evaluation Studies (JEES)</strong></td> </tr> <tr> <td>ISSN</td> <td><strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1577063565" target="_blank" rel="noopener">3715-8993 (online)</a></strong></td> </tr> <tr> <td>DOI Prefix</td> <td><strong>Prefix 10.30738 Crossref</strong></td> </tr> <tr> <td>Editor in Chief</td> <td><strong>Dr. Rahayu Retnaningsih</strong></td> </tr> <tr> <td>Publisher</td> <td><strong>Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa</strong></td> </tr> <tr> <td>Frequency</td> <td><strong>Four issues per year (December, March, June, and September)<br /></strong></td> </tr> <tr> <td valign="top">Citation Analysis</td> <td><strong>Sinta | </strong><strong>Google Scholar</strong><strong> | Garuda | Dimension</strong></td> </tr> </tbody> </table> <p><strong>Journal of Educational Evaluation Studies (JEES)</strong> is an interdisciplinary publication of original research and writing on education that publishes papers to international audiences of educational researchers. The journal is deliberately multi-disciplinary and broad in its scope and addresses rigorous research and evaluation at all levels, sectors, and education ages.</p> en-US pep.s2@ustjogja.ac.id (Rahayu Retnaningsih) didi.supriadi@ustjogja.ac.id (Didi Supriadi) Fri, 25 Jun 2021 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Evaluasi Penerapan Media Audio Matahari di (Media Audio Tuntunan Anak Sehari-hari)TK ABA Sleman Kota https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9002 <p>Penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan penerapan media audio Matahari di TK ABA Sleman Kota, ditinjau dari aspek reaksi (<em>reaction</em>), proses belajar (<em>learning)</em>, perilaku (<em>behavior)</em>, dampak (<em>result)</em>, dan kendala yang dijumpai, serta bagaimana cara mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi program model Kirkpatrick. Subjek penelitian ini adalah 10 orang pendidik dan 146 peserta didik pada 9 rombongan belajar (rombel). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumen. Uji kredibilitas data melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan standar evaluasi dan analisis keberhasilan yang telah ditentukan.</p> nur fatur rahman Copyright (c) 2023 Journal of Educational Evaluation Studies (JEES) https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9002 Thu, 30 Mar 2023 00:00:00 +0700 Evaluasi Keberhasilan Pemanfaatan Media Audio CERIA (Cerita Ekspresi dan Imajinasi Anak) di TK Masyitoh, Pandak, Kab. Bantul, Yogyakarta. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9011 Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan pemanfaatan media audio CERIA di TK Masyitoh, Ketandan, Gilangharjo, Pandak, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. ibnu hidayat Copyright (c) 2023 Journal of Educational Evaluation Studies (JEES) https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9011 Thu, 30 Mar 2023 00:00:00 +0700 PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIN SIKAP TETEP AJARAN KI HAJAR DEWANTARA PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 9 PURWOREJO https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9036 <p class="TableParagraph">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan instrumen sikap <em>tetep</em> ajaran Ki Hajar Dewantara, dan sikap <em>tetap </em>pada peserta didik SMP Negeri 9 Purworejo Jawa Tengah. Jenis penelitian adalah pengembangan (Research and evelopment), menggunakan prosedur yang disarankan oleh <em>Borg and Gall </em>dalam Sukmadinata (2013:169), terdiri dari sepuluh langkah namun dalam penelitian ini dimodifikasi menjadi 9 langkah. Dilaksanakan di SMP Negeri 9 Purworejo dengan subjek uji keterbacaan 20 responden, uji coba terbatas 64 responden, uji coba diperluas 360 responden dan implementasi penerapan instrument 64 responden. Instrumen berbentuk <em>rating scale</em> yang mengadopsi dari Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan instrumen yang dihasilkan dalam penelitian ini berbentuk instrumen <em>self assessmen</em> sikap <em>tetep </em>yang terdiri 72 butir terdiri 36 butir valensi dan 36 butir faktual. Validitas isi dengan penghitungan indeks Aiken diperoleh hasil antara 0,833-1,000. Validitas konstruk metode EFA (<em>Ekploratory Factor Analysis</em>) diperoleh nilai KMO MSA 0,701 &gt; 0,50 dan nilai Bartlett's Test of Sphericity (Sig.) 0,000 &lt; 0,05. Reliabilitas instrumen dengan pendekatan Alpha Cronbach diperoleh nilai 0,889 pada uji coba terbatas dan 0,814 pada uji coba diperluas. Diketahui hasil implementasi instrument sikap <em>tetep </em>ajaran Ki Hajar Dewantara pada peserta didik SMP Negeri 9 Purworejo pada kategori tinggi.</p> Pitoyo Budi Santoso Copyright (c) 2023 Journal of Educational Evaluation Studies (JEES) https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9036 Thu, 30 Mar 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh Motivasi Berprestasi, Kedisiplinan Dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Penjasorkes Siswa https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9008 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi, kedisiplinan dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar Penjasorkes peserta didik kelas X TMI SMK YPP Purworejo Tahun Pelajaran 2020/2021</p><p>Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan motivasi berprestasi, kedisiplinan dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar Penjasorkes siswa kelas X TMI SMK YPP Purworejo baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.</p> JAVID NATSIR Copyright (c) 2023 Journal of Educational Evaluation Studies (JEES) https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9008 Thu, 30 Mar 2023 00:00:00 +0700 Evaluasi Program Implementasi Budaya Industri 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) Di SMK PN 2 Purworejo https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9032 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sampai sejauhmana keberhasilan program implementasi budaya industri 5R ( Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin ) di SMK PN 2 Purworejo ditinjau dari kontek, input,proses dan produk.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Evaluasi Program model CIPP ( Context, Input, Process, Product ). Lokasi penelitian di SMK PN 2 Purworejo jalan Kesatrian nomor 17 Purworejo. Subyek penelitian yaitu warga sekolah yang terdiri dari Pejabat Struktural,Guru, dan Siswa di SMK PN 2 Purworejo. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan evaluasi context, input, process, dan product, didapatkan data yang menunjukkan bahwa secara context, input, process, maupun product program implementasi budaya industry 5R di SMK PN 2 Purworejo telah dikategorikan sangat baik. Dibuktikan dengan perolehan data pada kuesioner / angket yang  menjelaskan tentang proses dan hasil yang di peroleh melalui kegiatan pelaksanaan Program implementasi budaya industry 5R di SMK PN 2 Purworejo.Program implementasi budaya industri 5R ( Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin ) perlu dilanjutkan karena hal ini sangat penting untuk membentuk karakter baik Guru dan Siswa guna menyiapkan tenaga kerja yang siap bekerja di Industri SUGIRI SUGIRI Copyright (c) 2023 Journal of Educational Evaluation Studies (JEES) https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9032 Thu, 30 Mar 2023 00:00:00 +0700 EVALUASI KEBERHASILAN PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI MODEL KABUPATEN SLEMAN https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9004 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri Model Kabupaten Sleman ditinjau dari aspek: 1) konteks, 2) input, 3) proses, dan 4) produk. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model CIPP yang dikembangkan oleh Daniel. L, Stufflebeam. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Beberapa tahapan yang dilakukan dalam analisis data dalam penelitian ini meliputi: koleksi data, reduksi data, data display dan verifikasi, validasi data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) secara konteks GLS di SD Negeri Model dikategorikan berhasil karena latar belakang program sesuai kebutuhan, tujuan sesuai visi misi sekolah dan tujuan pendidikan nasional serta ada berbagai kebijakan/strategi dari sekolah yang mendukung GLS, 2) Secara input dikategorikan baik karena sumber daya manusia sudah disiapkan melalui pelatihan dan workshop, anggaran sudah memadai dan sarana prasarana sudah lengkap, 3) Secara proses pelaksanaan dikategorikan berhasil karena memenuhi indikator ketercapaian sesuai dengan panduan GLS tingkat Sekolah Dasar. Tahap pembiasaan berhasil 100%. Tahap pengembangan terpenuhi 100% dan tahap pembelajaran terpenuhi 83%. Kultur literasi yang dibangun sejak SD Negeri Model berdiri menjadi faktor pendukung pelaksanaan GLS. (4) Secara produk dikategorikan berhasil karena mampu menghasilkan karya berupa karya tulis, karya seni dan karya tiga dimensi. GLS mampu meningkatkan prestasi peserta didik, guru dan lembaga dalam bidang akademik dan non akademik.</p><p><strong>Kata Kunci</strong> : Evaluasi, Gerakan Literasi Sekolah, Sekolah Dasar</p> Yuni Pratiwi Copyright (c) 2023 Journal of Educational Evaluation Studies (JEES) https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9004 Thu, 30 Mar 2023 00:00:00 +0700 Pengembangan Modul Bahan Ajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Di SMK YPT Purworejo https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9025 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan modul PMKR dan bagaimana efektivitas pembelajaran menggunakan modul PMKR terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa TKRO di SMK YPT Purworejo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: modul  PMKR dinyatakan <strong>layak </strong>sebagai bahan ajar  Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK YPT  Purworejo. Hal ini didasarkan pada hasil analisis  berikut : Berdasarkan aspek <em>self intruction</em>, aspek <em>self contained</em>, aspek <em>stand alone</em>, aspek <em>adaptive</em> dan aspek <em>user friendly</em> diperoleh rerata skor total 3,20 sehingga termasuk dalam kategori “Layak”, Berdasarkan aspek format, aspek organisasi, aspek daya tarik, aspek bentuk dan ukuran huruf, aspek ruang kosong (spasi), serta aspek konsistensi skor total tiap instrumen sebesar 19,32/6 = 3,22 dari nilai skor maksimal 4,00 sehingga termasuk dalam kategori “layak”. Berdasarkan rerata skor total tiap aspek dari aspek materi, aspek media dan aspek pembelajaran modul sebesar 3,29+3,34+3,23 = 9,86, rerata skor total tiap instrumen sebesar 9,86/3 = 3,28 dari nilai skor maksimal 4,00 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, Hasil reliabilitas menunjukkan angka 0,841 maka instrumen masukan untuk peserta didik termasuk dalam kategori “sangat reliabel”.</p> Haris Setiyanto Copyright (c) 2023 Journal of Educational Evaluation Studies (JEES) https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9025 Thu, 30 Mar 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9037 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran eksperimen dan demonstrasi,dan interakasi terhadap motivasi prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini siswa SMK Negeri 8 Purworejo kelas X TKR A berjumlah 36 siswa dan kelas X TKR B berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan dokumen, angket,lembar obsevasi dan LKS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh antara metode demonstrasi dengan metode eksperimen terhadap prestasi hasil belajar fisika materi getaran dan gelombang di siswa kelas X SMK Negeri 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil belajar kelompok eksperimen diperolah data nilai tertinggi 85, nilai terendah 80, rata-rata nilai 81,11, median 80, modus 80 dan standar deviasi 2,108. Hasil penilaian post test pada kelompok eksperimen diperoleh data nilai tertinggi 95, nilai terendah 85, rata-rata nilai 86,25, median 85, modus 85 dan standar deviasi 2,500. Rata-rata nilai 81,11 meningkat menjadi 86,25, demikian pula nilai tertinggi dan terendah. Nilai tertinggi pre test 85 menjadi 95, nilai terendah semula 80 menjadi 85. Hasil pre test pembelajaran dengan metode demonstrasi diperolah data nilai tertinggi 80, nilai terendah 70, rata-rata nilai 75, median 75, modus 75 dan standar deviasi 2,540. Hasil penilaian post test kelompok kontrol diperoleh data nilai tertinggi 85, nilai terendah 70, rata-rata nilai 75,47, median 75, modus 55 dan standar deviasi 4,088. terjadi peningkatan dari pra test ke post test. Rata-rata nilai 75 meningkat menjadi 75,47, demikian pula nilai tertinggi. Nilai tertinggi pre test 80 menjadi 85, nilai terendah tetap yaitu 70 Varia Isnaeni Copyright (c) 2023 Journal of Educational Evaluation Studies (JEES) https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9037 Thu, 30 Mar 2023 00:00:00 +0700 Pengembangan Instrumen Pengukuran Kinerja Guru Berdasarkan Standar Proses di SMK YPP Purworejo Tahun Pelajaran 2019/2020 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9010 mengembangkan instrumen pengukuran kinerja guru berdasarkan standar proses di SMK YPP Purworejo tahun pelajaran 2019/2020 yanis yahya Copyright (c) 2023 Journal of Educational Evaluation Studies (JEES) https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9010 Thu, 30 Mar 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9034 demonstrasi,dan interakasi terhadap motivasi prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini siswa SMK Negeri 8 Purworejo kelas X TKR A berjumlah 36 siswa dan kelas X TKR B berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan dokumen, angket,lembar obsevasi dan LKS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh antara metode demonstrasi dengan metode eksperimen terhadap prestasi hasil belajar fisika materi getaran dan gelombang di siswa kelas X SMK Negeri 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil belajar kelompok eksperimen diperolah data nilai tertinggi 85, nilai terendah 80, rata-rata nilai 81,11, median 80, modus 80 dan standar deviasi 2,108. Hasil penilaian post test pada kelompok eksperimen diperoleh data nilai tertinggi 95, nilai terendah 85, rata-rata nilai 86,25, median 85, modus 85 dan standar deviasi 2,500. Rata-rata nilai 81,11 meningkat menjadi 86,25, demikian pula nilai tertinggi dan terendah. Nilai tertinggi pre test 85 menjadi 95, nilai terendah semula 80 menjadi 85. Hasil pre test pembelajaran dengan metode demonstrasi diperolah data nilai tertinggi 80, nilai terendah 70, rata-rata nilai 75, median 75, modus 75 dan standar deviasi 2,540. Hasil penilaian post test kelompok kontrol diperoleh data nilai tertinggi 85, nilai terendah 70, rata-rata nilai 75,47, median 75, modus 55 dan standar deviasi 4,088. terjadi peningkatan dari pra test ke post test. Rata-rata nilai 75 meningkat menjadi 75,47, demikian pula nilai tertinggi. Nilai tertinggi pre test 80 menjadi 85, nilai terendah tetap yaitu 70 Varia Isnaeni Copyright (c) 2023 Journal of Educational Evaluation Studies (JEES) https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9034 Thu, 30 Mar 2023 00:00:00 +0700 KONTRIBUSI KREATIVITAS, PEMANFAATAN TEKNOLOGI DAN PERCAYA DIRI TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA KELAS XI TMI SMK https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9006 untuk mengetahui kontribusi kreativitas, pemanfaatan teknologi dan percaya diri terhadap kesiapan berwirausaha kelas XI TMI SMK YPP Purworejo tahun pelajaran 2019/2020 januar teguh setyadi Copyright (c) 2023 Journal of Educational Evaluation Studies (JEES) https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9006 Thu, 30 Mar 2023 00:00:00 +0700 Evaluasi Program Implementasi Budaya Industri 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) Di SMK PN 2 Purworejo https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9030 <p class="WDAbstractBody">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sampai sejauhmana keberhasilan program implementasi budaya industri 5R ( Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin ) di SMK PN 2 Purworejo ditinjau dari kontek, input,proses dan produk.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Evaluasi Program model CIPP ( Context, Input, Process, Product ). Lokasi penelitian di SMK PN 2 Purworejo jalan Kesatrian nomor 17 Purworejo. Subyek penelitian yaitu warga sekolah yang terdiri dari Pejabat Struktural,Guru, dan Siswa di SMK PN 2 Purworejo. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan evaluasi context, input, process, dan product, didapatkan data yang menunjukkan bahwa secara context, input, process, maupun product program implementasi budaya industry 5R di SMK PN 2 Purworejo telah dikategorikan sangat baik. Dibuktikan dengan perolehan data pada kuesioner / angket yang  menjelaskan tentang proses dan hasil yang di peroleh melalui kegiatan pelaksanaan Program implementasi budaya industry 5R di SMK PN 2 Purworejo.Program implementasi budaya industri 5R ( Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin ) perlu dilanjutkan karena hal ini sangat penting untuk membentuk karakter baik Guru dan Siswa guna menyiapkan tenaga kerja yang siap bekerja di Industri</p> SUGIRI SUGIRI Copyright (c) 2023 Journal of Educational Evaluation Studies (JEES) https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9030 Thu, 30 Mar 2023 00:00:00 +0700 Validasi Validasi Butir Instrumen HOTS Bentuk Pilihan Ganda Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/13646 <p>Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen soal HOTS untuk mengetahui karakteristik kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IX terkait dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia yang layak dan baku. Lokasi penelitian di SMP N 1 Sawangan Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan Borg &amp; Gall. Subjek penelitian adalah siswa-siswa Sekolah Menengah Pertama kelas IX SMP N 1 Sawangan Kecamatan Sawangan. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan pembuktian validitas isi dan reliabilitas. Validitas isi dengan penilaian dari enam validator ahli dan dihitung menggunakan indeks Aiken. Reabilitas dibuktikan dengan analisis uji coba lapangan, kemudian butir&nbsp; valid pada instrumen final (produk utama) dihitung reliabilitasnya dengan Anates Ver 4.0.9. Hasil penelitian: hasil perhitungan validasi isi oleh ahli pada 26 butir soal HOTS pilihan ganda, yang merupakan produk akhir penelitian ini, diperoleh hasil (90%) kategori “tinggi” dan (10 %) kategori sedang. Dan berdasarkan hasil analisis Anates Ver 4.0.9&nbsp; pada uji coba produk akhir yang diujikan kepada 126 siswa, diperoleh reliabilitas instrument sebesar (0,87) sehingga berada pada kategori “sangat tinggi”.</p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong>: <em>pengembangan, instrumen, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Mata pelajaran Bahasa Indonesia</em></p> pudji rahaju Copyright (c) 2023 Journal of Educational Evaluation Studies (JEES) https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/13646 Thu, 30 Mar 2023 00:00:00 +0700