Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran IPA

Authors

  • Rori Khoirudin Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Ashad Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Moh. Masykuri Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/jipg.vol3.no2.a12716

Keywords:

critical thinking, ability, science lessons

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam mengkonstruksi berpikir kritis. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 8 Kota Surakarta tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 762 siswa, dengan jumlah sampel 200 siswa. Populasi memilih sampel secara acak dari setiap kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis siswa melalui angket dengan nomor angket 20 pernyataan. Lembar angket dikembangkan berdasarkan 6 indikator yang menjadi fokus penelitian. Indikator yang dimaksud adalah diskusi yang mampu mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, memecahkan masalah, membuat kesimpulan, mempertanyakan dan menilai hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika dilihat dari rata-rata tingkat prestasi belajar siswa pada setiap indikator, rata-rata ketercapaian pada indikator menganalisis argumentasi adalah 72,28%, pada indikator kemampuan bertanya 78,55%, pada indikator menjawab pertanyaan sebesar 78. ,35%, pada indikator pemecahan masalah sebesar 61,95%, pada indikator membuat kesimpulan sebesar 55,45%, dan pada indikator keterampilan mengevaluasi dan mengevaluasi hasil observasi sebesar 72,50%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara umum siswa SMP Negeri 8 Surakarta memiliki kemampuan berpikir kritis dengan kriteria cukup kritis, dengan 8 siswa tergolong sangat tidak kritis (4%), yang tergolong tidak kritis sebanyak 47 siswa (23,5%). ), yang tergolong cukup kritis sebanyak 133 siswa (66,5%), yang tergolong kritis sebanyak 10 siswa (5%), dan yang tergolong sangat kritis sebanyak 2 siswa (1%). Hal ini membuktikan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih perlu dilatih lebih lanjut agar dapat ditingkatkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Agoestanto, Y. L. Sukestiyarno, Isnarto, Rochmad, dan F.I. Permanawati. Kemampuan Menganalisis Argumen dalam Berpikir Kritis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu. (PRISMA 2 PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/ ISSN 2613-9189. 2019). p.337-342.

Achmad, Arief. Memahami Berpikir Kritis. (Jakarta : Cemerlang. 2007)

Afrizon,R., Ratnawulan, Fauzi,A., Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTsN Model Padang pada Pelajaran IPA-FISIKA menggunakan Model Problem Based Instruction, (Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika,1 (1-16). 2012) .

Alghafri, S., Ali, & Nizam, H.. The effects of integrating creative and critical thinking on schools students thinking. (International Journal of Social Science and Humanity.Vol. 4, No. 6. 2014)

Arifin. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. (Bandung: Alfabeta, 2011)

Arikunto, S. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Barry, CushwayHuman Resource Mnagement. (Jakarta : PT.Elex Media. 2012)

Berliana,Onmi I,maniar. Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA. (FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v.4, n.1, Dec.2019. ISSN 2527-5917. Jember, 2019) p. 92-96

Bhisma Murti.. Critical Thinking: Berpikir Kritis. (Diakses dari http://fk.uns.ac.id/static/materi/Critical_Thinking_2011_Prof_Bhisma_Mur ti.pdf. 2010)

Cavus & Uzunboylu, How Critical Is Critical Thinking?. (Michigan State University: East Lansing. 2009).

Elyas Djufri, & Trio Ardhian. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(1), 1–15.

Ennis, R. H.. At outline of Goals for a critical thingking curiculum and its assesment. (Online http://criticalthingking.net. 2000)

Ennis, R. H.. At outline of Goals for a critical thingking curiculum and its assesment. (Online http://criticalthingking.net. 2000).

Ennis, R. H.. What is critical thingking?. [online]. (Diakses dari: http://www.criticalthingking.com./ articles/critical-thingking-definition. 2002)

Ennis, R. H.. What is critical thingking?. [online]. (Diakses dari: http://www.criticalthingking.com./ articles/critical-thingking-definition. 2002)

Ennis, R.H. Critical Thinking. (New York: Prentice Hall. 1995)

Facione, P. A. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. (Millbrae: Measured Reason and The California Academic Press. 2013)

Facione, P. A., Sánchez, C. A., Facione, N. C., & Gainen, J. . The dispositiontoward critical thinking. (Journal of General Education, 44 (1), 2010) p.1-25.

Fisher, Alec. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. (Jakarta: Erlangga, 2009)

Fisher, Alec. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. (Jakarta: Erlangga, 2009)

Garrison, D.R., Anderson, T., dan Archer, W.. Critical Thinking, Cognitive Presence, Computer Conferencing in Distance Learning [Online]. tersedia: http://www.childrends.org/Files/Garrison.pdf. (2004)

Hunter, Critical Thinking: Competency Standards Essential to the Cultivation of Intellectual Skills, Part 5. (Journal of developmental education Volume 36, Issue 1. 2009).

Johnson, B. E. Contextual Teaching And learning. (Bandung : PT.Mizan, 2006)

Johnson, B. E. Contextual Teaching And learning. (Bandung : PT.Mizan, 2006)

Masidjo, Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah, (Kanisius,. Yogyakarta. 1995)

Masidjo, Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah, (Kanisius,. Yogyakarta. 1995)

Merry Dwi Prastiwi (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Balongpanggang. (e-journal-pensa, Surabaya. Volume 06 Nomor 02 Tahun 2018), p.98-103

Patricia C. Seifert. Thinking Critically. (Journal Aorn Volume 91 No 2. 2010) p. 197-199

Rahmanto Dwi Saputro. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis. (Surabaya, Jurnal UNESA. 2009).

Ratna Hidayah , Moh. Salimi , Tri Saptuti Susiani, Critical Thinking Skill: Konsep Dan Inidikator Penilaian, (Jurnal Taman Cendekia Vol. 01 No. 02 Desember 2017) Universitas Sebelas Maret Email: Ratnahidayah@Staff.Uns.Ac.Id.

Ratna Hidayah , Moh. Salimi , Tri Saptuti Susiani, Critical Thinking Skill: Konsep Dan Inidikator Penilaian, (Jurnal Taman Cendekia Vol. 01 No. 02 Desember 2017) Universitas Sebelas Maret Email: Ratnahidayah@Staff.Uns.Ac.Id

Ratna Hidayah, Moh. Salimi , Tri Saptuti Susiani, CRITICAL THINKING SKILL: KONSEP DAN INIDIKATOR PENILAIAN, (JURNAL TAMAN CENDEKIA VOL. 01 NO. 02 DESEMBER 2017) Universitas Sebelas Maret Email: ratnahidayah@staff.uns.ac.id

Requistiawati, Tri Jalmo, Berti Yolida. Profil Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran IPA. (Jurnal Matematika. 2 (1). 2017) p.22-28.

Riduwan, Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. (Bandung: Alfabeta. 2013)

Riyadi, Usman. Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Kegiatan Laboratorium Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Fluida Statis. (Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang. 2008)

Sendag, S., & Odabaşı, H. F. Effects of an online problem based learning course on content knowledge acquisition and critical thinking skills. (Computers & Education, 53(1), 2009) p.132-141.

Thompson, C. Critical thinking across the curriculum: Process over output. International (Journal of Humanities and social science, 1(9), 2011) p.1-7.

Tilaar, H.A.R dkk. Pedagogik Kritis: Perkembangan, Substansi, dan Perkembangannya di Indonesia. (Jakarta: Rineka Cipta. 2011)

Uswatun, D. A., & Rohaeti, E.. Perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri untuk meningkatkan critical thinking skills dan scintific attitude siswa. (Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1 (2), 138-152. 2015).

Widoyoko, Eko Putro. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013)

Williams, Dispositional Differences in Critical Thinking Related to Gender and AcademicMayor. (Journal of Nursing Education, Apr 2011; 38, 4; ProQuest Central pg. 149,(Online),(http://textos. pucp.edu.pe/textos/descargar/1111.pdf)

Wowo Sunaryo. Taksonomi Berpikir. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2012)

Yasushi Gotoh, Development of Critical Thinking with Metacognitive Regulation. International Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age (CELDA 2016). Niigata University

Zaleha Izhab. Developing Creative & Critical Thinking Skills. Terjemahan Bambang Suryadi. (Bandung: Penerbit Nuansa, 2004)

Published

2022-08-02

How to Cite

Khoirudin, R. ., Ashad, & Moh. Masykuri. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 3(2), 150–161. https://doi.org/10.30738/jipg.vol3.no2.a12716

Citation Check