PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKSI DAN KOMUNIKASI BAGI ANAK AUTIS

Penulis

  • Abdul Rahim Rahim Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Endang Hangesti Ningsih
  • Taryatman Taryatman

Abstrak

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran interaksi dan komunikasi bagi anak autis. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi terapis, guru dan orangtua dalam memberikan layanan intervensi bagi anak autis dalam mengembangkan kemampuan interaksi dan komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan pendekatan subjek tunggal atau single subject research (SSR). SSR mengacu pada strategi penelitian yang dikembangkan untuk mendokumentasikan perubahan tentang tingkah laku subjek secara individu. Model yang digunakan yaitu model A - B - A design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran interaksi dan komunikasi bagi anak autis dilaksanakan dengan 3 (tiga) tahapan, yaitu: 1) perencanaan dengan tujuan mendapatkan data tentang reinforcement sampling dan asesmen symbol sebagai penguatan yang diberikan kepada anak autis saat intervensi dilaksanakan, 2) tahapan pelaksanakan dilakukan minimal sebanyak 10 sesi setiap aspek yang akan diintervensi dan setiap intervensi dilakukan perekaman (pencatatan lapangan),  3) tahap evaluasi yang perlu diperhatikan adalah reinforcement dan media yang digunakan menarik atau bahkan kurang menarik bagi subjek.

 

Kata Kunci: Model, Pembelajaran, Interaksi, Komunikasi, Autis

 

 

 

 

 

Referensi

DAFTAR RUJUKAN

Alimin, Zaenal., dkk. 2008. Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Interaksi Dan Komunikasi Anak Autistic Spectrum Disorder (ASD). Indonesia : Departemen Koperasi Inspektorat jenderal

Delaney, dkk. (2010). 101 Permainan dan Aktivitas Untuk Anak-Anak Penderita Autism, Asperger, dan Gangguan Pemrosesan Sensorik. Yogyakarta : Andi

Pamodji G. (2007) . Seputar Autisme. Jakarta: Gramedia

Priyatna, Adi. (2010). Amazing Autism. Indonesia : Elex Media Computindo

Prasetyono D.S.. (2008). Serba-serbi Anak Autis (Autisme dan Gangguan Psikologis Lainnya).Yogyakarta: Diva Press.

Rapmauli T, d., & Matulessy, A. (2015). Pengaruh Terapi Bermain Flashcar dUntuk Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Anak Autis di Miracle Centre Surabaya. PERSONA: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1).

Rohmah, H. and M. Farid (2016). Pengaruh Aplied Behaviour Analysis Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Autis 5 83-01.

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga

Sudiyanto Aris. (2001). “Gangguan Perkembangan Anak Autisâ€. Seminar Sehari Diagnosa dan Intervensi Serta Peran Ortu dalam Menangani Autis. Surakarta: RS. Dr. Oen.

Sunanto, J. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Jepang: University of Tsukuba: Center for Research on International Cooperation in Educational Development (CRICED).

Yuwono, J. (2012). Memahami anak autis (kajian teoritik dan empirik) Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-16