MENGEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DAN KEMANDIRIAN SISWA MELALUI PROJECT BASED LEARNING HOME INDUSTRY DALAM ERA MILENIAL

Penulis

  • Fathonah Fathonah SD Negeri Kotagede 4

Abstrak

Generasi masa depan akan menghadapi persaingan yang semakin ketat dan berat pada era milenial. Siswa diharapkan memiliki beberapa kompetensi dan kepekaan terhadap perkembangan ipteks untuk dapat menjadi problem solver dan siap menghadapi tantangan milenial. Metode penelitian ini yaitu analisis kualitatif deskriptif berupa hasil kajian literatur terkait Project Based Learning, home industry, kewirausahaan dan kemandirian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan kajian pustaka. Pelaksanaan tripusat pendidikan perlu dioptimalkan agar dapat melahirkan generasi yang memiliki jiwa kewirauashaan dan kemandirian di era ini. Guru dapat menjadi fasilitator pembelajaran berbasis student center dengan melalui project based learning home industry. Selain itu, juga dapat menghubungkan siswa dengan lingkungan pendidikan keluarga yaitu orang tua agar dapat membantu siswa mengembangkan jiwa kewirausahaan dan kemandirian

Kata Kunci: Project Based Learning; kewirausahaan, kemandirian.

Referensi

Ariany, Y., Ardi, & Rahmi, Y. L. (2018). Problematika Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri Di Kecamatan Lima Kaum Tahun 2017 / 2018 Problematics Of Curriculum Implementation 2013 In Learning Of Class VII SMP Negeri In Kecamatan Lima Talun 2017 / 2018, 1, 306–314.

Arif, S. (2013). Orientasi Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru di Madrasah. Tadris, 8(1), 141–156.

Devi, S. K., Ismanto, B., & Kristin, F. (2019). Peningkatan kemandirian dan hasil belajar tematik melalui project based learning. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 55–65.

Hidayati, N. (2016). Konsep Integrasi Tripusat Pendidikan Terhadap Kemajuan Masyarakat A . Pendahuluan Pendidikan merupakan pondasi dalam membentuk dan menanamkan nilai-nilai kemanusiaan pada peserta didik sebagai bagian dari proses kehidupan dalam keluarga, masyarakat, ban. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1), 203–224.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Sitaresmi, K. S., Saputro, S., & Utomo, B. (2017). Penerapan Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur (SPU) Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1), 54–61.

Tseng, K., Chang, C., Lou, S., & Chen, W. (2013). Attitudes towards science, technology, engineering and mathematics (STEM) in a project-based learning (PjBL) environment. International Journal of Technology Des Education, (162), 87–102.

http://doi.org/10.1007/s10798-011-9160-x

Wijayanti, A., Ernawati, T., Listiyani, L. R., & Nurhayati, R. (2019). Merintis Social Entrepreneurship Dengan Remaja Cepokojajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(3), 125–129.

Wekesa, N. W., & Ongunya, R. O. (2016). Project Based Learning on Students ’ Performance in the Concept of Classification of Organisms Among Secondary Schools in Kenya. Journal of Edication and Practice, 7(16), 25–31.

Winaya, I. K. A., Darmawiguna, I. G. M., & Sindu, I. G. P. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X Di SMK Negeri 3

Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 198–211.

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-16