IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF

Authors

  • Andy Wahyu Maghribi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Slamet Priyanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Nurcholish Arifin Handoyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/jvd.v2i1.10166

Abstract

The research aims to improve motivation and learning outcomes in class X TKR SMK Muhammadiyah 1 Moyudan by applying the demonstration method with audio-visual media. This classroom action research has research subjects, namely students of class X TKR which consists of 34 students and the objects of research are motivation and learning outcomes. The study consisted of three cycles with stages: planning, implementing, observing and reflecting. Tests and questionnaires were used as data collection techniques. Data analysis using descriptive quantitative. The results showed that motivation and learning outcomes had increased with the implementation of the demonstration method using audio-visual media.

 

Penelitian bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar PDTO kelas X TKR SMK Muhammadiyah 1 Moyudan dengan menerapkan metode demonstrasi dengan media audio visual. Penelitian tindakan kelas ini memiliki subjek penelitian yaitu siswa kelas X TKR yang tediri dari 34 siswa dan objek penelitian yaitu motivasi dan hasil belajar PDTO. Penelitian terdiri dari tiga siklus dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tes dan angket digunakan sebagai teknik pengumpulan data. data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi dan hasil belajar PDTO telah meningkat dengan diterapkannya metode demonstrasi dengan media audio visual

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Amirudin, S Setuju (2018). Development of multimedia-based learning media interactive on a subject of cooling systems in Vocational School of Industry Yogyakarta.. Taman Vokasi 6 (2), 176-182

Agung, Purwoko. 2001. Panduan Penelitian PTK. Semarang: Unnes Press.

Ali, Muhammad. 1985. Penelitian Kependidikan: Prosedur dan Stategi. Bandung: Angkasa

Arikunto, S. dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyhar, Rayanda. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: (GP) Press Jakarta.

Dewantara, K.H. 2013. Ki Hadjar Dewantara Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, sikap merdeka (Pendidikan). Yogyakarta: UST-Press.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Handoyono, Nurcholish Arifin & Arifin, Zainal. 2016.Pengaruh Inquiry Learning dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PKKR di Tinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 6 No. 1 2016. Di akses 23 Desember 2020

Prasetya, Arifin dan Subagyo. 2016. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sistem Bahan Bakar Motor Bensin. Jurnal Taman Vokasi Vol.4 No. 1. 2016. Data accesed: 15 Januari 2020

Purwoko, Kabul Setiyo & Priyanto, Slamet. 2016. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Sistem Pendingin. Jurnal Taman Vokasi Vol. 4 No. 1 Juni 2016. Diakses pada 20 Juli 2020.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Setuju, dan priyanto, S. (2015). Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin 1 Kelas X di SMK Muhammadiyah Prambanan. Taman Vokasi UST. 1,(1),84-94.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Thohir, Muhammad & Handoyono, Nurcholis Arifin. 2020. Hubungan Pengetahuan Tentang K3 dan Sikap Belajar dengan Hasil Belajar Chasis Sepeda Motor. Jurnal Vokasi Dewantara Vol. 1 No. 1 Juni 2020. Di akses 23 Desember 2020

Uno. Hamzah. B. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press

Published

25-01-2021

How to Cite

Maghribi, A. W., Priyanto, S., & Handoyono, N. A. (2021). IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF. Jurnal Vokasi Dewantara (JVD), 2(1), 1–6. https://doi.org/10.30738/jvd.v2i1.10166

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>