EFEKTIVITAS PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR OTOMOTIF (PDO)
Abstract
Tujuan penelitian deskriptif  berikut ini adalah untuk mengetahui trend hasil pembelajaran PDO dengan menggunakan sub model student team performance dan model konvensional dalam pembelajaran, dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PDO dengan menggunakan sub model student team performance dan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, pengujian hipotesis menggunakan uji-t, kemudian uji normalitas distribusi dan uji homogenitas varians. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar PDO yang diajar dengan model Student Team Prestasi Divisi tergolong sangat tinggi dengan rata-rata 19.000, sedangkan model konvensional tergolong rata-rata tinggi dengan rata-rata 14.412. Sebaliknya terdapat perbedaan hasil belajar PDO, pembelajaran yang dilaksanakan dengan model parsial prestasi tim siswa dan model konvensional, dengan nilai thit = 3,926 dan p = 0,000 <0,05. Dengan menggunakan 19.000 model pembelajaran Jurusan Prestasi Beregu Mahasiswa dan 14.412 model pembelajaran konvensional untuk melihat rata-rata hasil belajar pekerjaan otomotif dasar, dibandingkan dengan model konvensional, model pembelajaran Jurusan Prestasi Beregu Mahasiswa memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar pekerjaan otomotif dasar.
Kata Kunci: efektifitas model belajar, hasil .
Â
The purpose of descriptive research was to determine the trend of PDO learning outcomes using the student team performance sub-model and the conventional model in learning, and to find out the differences in PDO learning outcomes using the student team performance sub-model and the conventional model. This type of research is a quasi-experimental. Methods of data collection using tests and documentation. The research instrument was a test. The data analysis technique used descriptive analysis, hypothesis testing using the t-test, then the distribution normality test and the variance homogeneity test. The results of the descriptive study show that the learning outcomes of the PDO taught by the Student Team Division Achievement model are classified as very high with an average of 19,000, while the conventional model is classified as high average with an average of 14,412. On the other hand, there are differences in the learning outcomes of PDO, learning which is carried out with the partial model of student team achievement and the conventional model, with a value of thit = 3.926 and p = 0.000 <0.05. By using 19,000 learning models of the Student Team Achievement Department and 14,412 conventional learning models to see the average learning outcomes of basic automotive work, compared to conventional models, the learning model of the Student Team Achievement Department has a greater influence on learning outcomes of basic automotive work.
Keywords: the effectiveness of the learning model, out come.
References
A Amirudin, S Setuju (2018). Development of multimedia-based learning media interactive on a subject of cooling systems in Vocational School of Industry Yogyakarta.. Taman Vokasi 6 (2), 176-182
Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka, Yogyakarta: UST Press.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Swan. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dodik Setiawan.2016 Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Materi Sistem Stater Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas XI TKR SMK Tamansiswa Jetis. Jurnal Taman Vokasi. Volume 4. Nomor 2.
Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model
Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya : Kata Pena
Muhammad Ali Faturohman. 2020. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri Di Kabupaten Kuningan. Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume 3. Nomor 1.
Pasaribu, Partogian. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Otomotif Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017†. Jurnal Pendidikan, Vol (3) No 1. Juni 2016.
Setuju, dan priyanto, S. (2015). Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin 1 Kelas X di SMK Muhammadiyah Prambanan. Taman Vokasi UST. 1,(1),84-94.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sinamo, Wilson. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Siswa Alat Kur Kelas X TSM SMK N 1 Pergetteng-Getteng Sengkutâ€. Jurnal Pendidikan, Vol (3) No 1. Agustus 2017.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suprihatiningrum,Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Syaodih, Nana. 2010. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.