IMPELENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR

Authors

  • Andi Kurniawan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Suparmin Suparmin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Nurcholish Arifin Handoyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian yaitu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar GTO melalui model PjBL siswa kelas X TKR B SMK Nasional Berbah Sleman. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Observasi dan tes digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Data dianalisa secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model PjBL meningkatkan keaktifan dan hasil belajar GTO. Hal ini di buktikan: (1) keaktifan siswa siklus I dari hasil observasi sebesar 56,32 %; pada siklus II sebesar 67,34 %; dan siklus III sebesar 76,12 %; (2) nilai rata-rata tes kemampuan siswa sebesar 69,00; pada siklus I sebesar 72,71; pada siklus II sebesar 74,85 dan pada siklus III sebesar  79,85.

 

Kata Kunci: project based learning, keaktifan belajar, hasil belajar, gambar teknik

 

The research objective was to increase activeness and learning outcomes through the PjBL model for class X TKR B SMK Nasional Berbah Sleman. This classroom action research was conducted in three cycles. Data collection techniques using observation and tests. Data were analyzed descriptively quantitative. The results of the study concluded that the application of the PjBL model increased activity and learning outcomes. This is proven by: (1) the activeness of the first cycle students from the observation results of 56.32%; in cycle II amounted to 67.34%; and cycle III at 76.12%; (2) the average score of the students' ability test was 69.00; in cycle I amounted to 72.71; in cycle II amounted to 74.85 and in cycle III amounted to 79.85.

 

Keywords: project based learning (PjBL) model, learning activeness, learning

outcomes,drawing technical.

References

A Amirudin, S Setuju (2018). Development of multimedia-based learning media interactive on a subject of cooling systems in Vocational School of Industry Yogyakarta.. Taman Vokasi 6 (2), 176-182

Am, S. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. In Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2010. In Manajemen Penelitian.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2004). Evaluasi program pendidikan pedoman teoritis praktis bagi praktisi Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan, P. (2014). pendekatan saintifik dan konseptual dalam pembelajaran abad 21. In Jakarta: Ghalia Indonesia.

Karwati, Euis dan Priansa, D. (2014). Manajemen Kelas. Guru profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Alfabeta.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran kontekstual konsep dan aplikasi. In Bandung: Refika Aditama.

Lusianto, F. F. U. (2018). Penerapan Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Las Siswa Kelas XI Teknik Kendaran Ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Ajaran 2017/2018.

Moh, U. U. (2009). Menjadi Guru Profesional. Remaja.

Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung, Penerbit PT. In Remaja Rosdakarya.

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran (Aswaja Pressindo (ed.).

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sekretariat Negara.

Pemerintah Republik Indonesia. 2013. Peraturan pemerintahan Republik Indonesia No. 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Purwanto. (2013). Evaluasi hasil belajar. Pustaka Pelajar.

Ruhimat, T. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algessindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Published

2021-01-25

How to Cite

Kurniawan, A., Suparmin, S., & Handoyono, N. A. (2021). IMPELENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR. Jurnal Vokasi Dewantara, 2(1), 1–8. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JVD/article/view/10169

Citation Check