PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Luqman Abdul Azis Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Slamet Priyanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Samsul Hadi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia

Abstract

The objectives of this study were to: (1) increase students' interest in learning; (2) to improve the learning outcomes of the X category TKR students of SMK Muhammadiyah Piyungan and the student learning outcomes of automotive engineering. This research is a classroom action research which includes three cycles, each cycle includes four stages, namely: an action plan; implementation of actions; observation and reflection. The purpose of this study was 22 students of class X TKR SMK Muhammadiyah Piyungan. The purpose of this research is to carry out activities and study the results of basic automotive engineering work. Using observation, testing and annotation data collection techniques. The data analysis technique uses quantitative analysis to determine the percentage of student activity and learning outcomes. The results showed that the application of the contextual learning model could increase the interest and learning outcomes of the TKR X SMK Muhammadiyah Piyungan students in the automotive engineering field.

 

Keywords: Learning Model; Contextual Teaching and Learning; Learning Activity; Learning outcomes


Bahwasannya penelitian tersebut bertujuan: (1) mengoptimalkan minat belajar siswa; (2) meningkatkan hasil belajar siswa TKR SMK Muhammadiyah Piyungan kategori X dan hasil belajar teknik otomotif siswa. Konsep penelitian berupa tindakan kelas tiga siklus, dengan empat tahapan, yaitu: rencana tindakan; pelaksanaan tindakan; observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah 22 siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah Piyungan. Tujuan dari penelitian ini adalah melaksanakan kegiatan dan mempelajari hasil pekerjaan teknik otomotif dasar. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, pengujian dan anotasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif untuk mengetahui persentase aktivitas dan hasil belajar siswa. Simpulan penelitian menunjukkan bahwasannya penerapan model pembelajaran kontekstual memiliki andil didalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa TKR X SMK Muhammadiyah Piyungan bidang teknik otomotif.

Kata kunci: Model Pembelajaran; Contextual Teaching and Learning; Keaktifan Belajar; Hasil Belajar


References

A Amirudin, S Setuju (2018). Development of multimedia-based learning media interactive on a subject of cooling systems in Vocational School of Industry Yogyakarta.. Taman Vokasi 6 (2), 176-182

Arikunto, Suharsimi. 2010. â€Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktikâ€. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Bagian Pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. “Belajar dan Pembelajaranâ€. Jakarta: Rineka Cipta.

Ilyas. 2008. “Fungsi dan Pengukuran Prestasi Belajarâ€. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Johnson, Elaine B.. 2014. “Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermaknaâ€. Bandung: Kaifa.

Johar, R. et al. “The development of learning materials using contextual teaching learning (CTL) approach oriented on the character educationâ€. Jurnal of Physics. Hlm. 1-6.

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 Standar Kompetensi Dasar dan Menengah. 6 Juni 2016. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 953. Jakarta.

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 Tahun 2018 Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. 14 Desember 2018. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 1689. Jakarta.

Purwanto, Ngalim. 2007. “Pisikologi Pendidikanâ€. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Raharjo, Waluyo. 2016. “Penerapan Metode Belajar Mengajar Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Listrik Otomotif Siswa Kelas XI SMK Tamtama Kroya Cilacap Tahun Ajaran 2015/2016â€. Skripsi. Yogyakarta: FKIP UST.

Riduwan. 2012. “Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitianâ€. Bandung. Alfabeta.

Rusman. 2016. “Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guruâ€. Depok: Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2013. “Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikanâ€. Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Setiani, Ani dan Priansa, Donni Juni A.K. 2015. “Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif dan Inofatifâ€. Bandung: Alfabeta.

Setuju, dan priyanto, S. (2015). Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin 1 Kelas X di SMK Muhammadiyah Prambanan. Taman Vokasi UST. 1,(1),84-94.

Published

2021-01-25

How to Cite

Azis, L. A., Priyanto, S., & Hadi, S. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Vokasi Dewantara, 2(1), 1–8. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JVD/article/view/10170

Citation Check