IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR
Abstract
The research aims to increase the activeness and learning outcomes of class X TSM 1 SMK Diponegoro Depok Sleman by applying the PBL model. This Classroom Action Research consists of three cycles, each of which consists of 4 stages, namely (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. Students of class X TSM 1 as research subjects amounted to 23 students. Observation, documentation, and quantitative description techniques as data collection techniques. The results showed an increase in student activity and learning outcomes. In the first cycle, the percentage value of student activeness was 57.398% to 79.41% in the second cycle and increased to 85.21% in the third cycle. While the students' TDO learning outcomes, the average value in cycle I was 61.74 to 72.17 in cycle II and increased to 79.95 in cycle III.
Â
Keywords: learning activeness, learning outcomes, PBL
Â
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar TDO siswa kelas X TSM 1 SMK Diponegoro Depok Sleman dengan menerapkan model PBL. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari tiga siklus, dimana masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perncanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Siswa kelas X TSM 1 sebagai subjek penelitian yang berjumlah 23 siswa. Observasi, dokumentasi, dan teknik diskripsi kuantitatif sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar TDO siswa. Pada siklus pertama, nilai presentase keaktifan siswa 57,398% menjadi 79,41% pada siklus II dan meningkat menjadi 85,21% pada siklus III. Sedangkan hasil belajar TDO siswa, rata-rata nilai pada sikus I 61,74 menjadi 72,17 pada siklus II dan meningkat menjadi 79,95 pada siklus III.
Kata Kunci : keaktifan belajar, hasil belajar, PBL
References
A Amirudin, S Setuju (2018). Development of multimedia-based learning media interactive on a subject of cooling systems in Vocational School of Industry Yogyakarta.. Taman Vokasi 6 (2), 176-182
Arikunto, S., 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Handoyono, Nurcholish Arifin, dkk. 2019. Improvement of Learning Motivation and Learning Outcomes by Applying the Problem Based-Learning Method: Jurnal Taman Vokasi. Vol.7. Nomor 2. Hal 176-180.
Huda, M. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan design sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grub.
Sanjaya, W.2006. Srategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Penamedia Group.
Santoso, H, B & Subagyo. 2017. Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Dengan Metode Problem Based Learning (PBL) Pada Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XI Di SMK Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi. Vol. 5. Nomor 1. Hal 40-45.
Saputra, H, I & Subagyo. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Teknik Listrik Dasar Otomotif Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiah 1 Moyudan Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Jurnal Taman Vokasi. Vol. 4. Nomor 2. Hal 190-195.
Setuju, dan priyanto, S. (2015). Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin 1 Kelas X di SMK Muhammadiyah Prambanan. Taman Vokasi UST. 1,(1),84-94.
Sudikin. 2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendikia
Widodo, K, T & Sentono, T. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sistem Pengapian Siswa Kelas XI SMK Al-Madani Kepil Wonosobo Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Taman Vokasi. Vol. 5. Nomor 1. Hal 124-132.