EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF
Abstract
Â
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model ceramah terhadap aktivitas dan hasil belajar TDO siswa X TKR SMK Muhammadiyah Mlati Sleman Yogyakarta. Penelitian eksperimen semu (quasi experiment) ini memliki populasi penelitian siswa kelas X TKR yang berjumlah keseluruhan 40 siswa, dengan sampel penelitian adalah kelas X TKR1 untuk kelas eksperimen yang terdiri dari 20 siswa, sedangkan X TKR2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data mengggunakan uji-t, yang didahului uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil menunjukan ada pengaruh yang lebih baik dari penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT dari pada metode ceramah terhadap aktivitas dan hasil belajar TDO.Â
Kata Kunci: Aktvitas Belajar, Hasil Belajar, NHT
References
A Amirudin, S Setuju (2018). Development of multimedia-based learning media interactive on a subject of cooling systems in Vocational School of Industry Yogyakarta.. Taman Vokasi 6 (2), 176-182
Afandi, Muhammad, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press
Alhaq, Arini, Dkk. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Peningkatan Aktivitas Siswa". Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, Vol 1, No 1, Hal.89-100
Depdiknas. 2007. Pedoman Pengembangan Fisik/Motorik di Taman Kanak- kanak. Jakarta.
Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Pendidikan. Yogyakarta : UST-press
Firmansyah, Yopie, Dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht (Numbered Heads Together ) Berbantuan Media Simulasi Phet Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Sma Di Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 6 No. 1, Hal 94-99.
Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Handoyono, Nurcholish Arifin & Arifin, Zainal. 2016. Pengaruh Inquiry Learning dan Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar PKKR Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 6, No. 1, Hal. 31-42.
Handoyono, Nurcholish Arifin, dkk. 2020. Eksperimentasi Model Contextual Teaching and Learning untuk Mata Kuliah Pekerjaan Dasar Otomotif. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, Vol 5, No. 1, Hal. 76-82.
Hanafiah, Nanang dan Suhana Cucu. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Isjoni. 2013. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Istarani, 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif (Reverensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran) . Medan : Media Persada
Jurnas.com. 2018. Pergerakan Pisa Indonesia Cenderung Meningkat http://www.jurnas.com/artikel/31315/Pergerakan-Pisa-Indonesia-Cenderung-Meningkat/. (diakses tanggal 12 November 2019)
Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Nasution, Dewi Yunita. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas Vii MTs Cerdas Murni Tembung. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Sumatera Utara: Uin
Priyanto Slamet & Inderanata, R. Novian. 2020. Internship Students’ Work Readiness: Case Study in Metal Machining Department at Yogyakarta Vocational Training Center. American Journal of Educational Researc. 2020, Vol. 8, No. 2, Hal. 105-111
Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Setuju, dan priyanto, S. (2015). Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin 1 Kelas X di SMK Muhammadiyah Prambanan. Taman Vokasi UST. 1,(1),84-94.
Slavin, R. 1995. Cooperative Learning Theory. Second Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon Publisher
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Susanto, Ahmad.