EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF

Authors

  • Ahmad Qodiran Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Slamet Priyanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Nurcholish Arifin Handoyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/jvd.v2i1.10182

Abstract

The study aims to determine whether the Cooperative Learning Model Type NHT provides a better effect than the lecture model on learning activities and outcomes. This quasi-experimental research has a research population of class X TKR students of SMK Muhammadiyah Mlati Sleman Yogyakarta, totaling 40 students, with the research sample being class X TKR1 for the experimental class consisting of 20 students, while X TKR2 as a control class consisting of 20 students. Data collection techniques in research using observation and tests. The data analysis technique used the t-test, which was preceded by the prerequisite analysis test, namely the normality test and the homogeneity test. The results showed that there was a better effect of the implementation of the NHT cooperative learning model than the lecture method on learning activities and outcomes.Keywords: Learning Activities, Learning Outcomes, NHT

 

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model ceramah terhadap aktivitas dan hasil belajar TDO siswa X TKR SMK Muhammadiyah Mlati Sleman Yogyakarta.  Penelitian eksperimen semu (quasi experiment) ini memliki populasi penelitian siswa kelas X TKR yang berjumlah keseluruhan 40 siswa, dengan sampel penelitian adalah kelas X TKR1 untuk kelas eksperimen yang terdiri dari 20 siswa, sedangkan X TKR2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data mengggunakan uji-t, yang didahului uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil menunjukan ada pengaruh yang lebih baik dari penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT dari pada metode ceramah terhadap aktivitas dan hasil belajar TDO.

 

Kata Kunci: Aktvitas Belajar, Hasil Belajar, NHT



Downloads

Download data is not yet available.

References

A Amirudin, S Setuju (2018). Development of multimedia-based learning media interactive on a subject of cooling systems in Vocational School of Industry Yogyakarta.. Taman Vokasi 6 (2), 176-182

Afandi, Muhammad, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press

Alhaq, Arini, Dkk. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Peningkatan Aktivitas Siswa". Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, Vol 1, No 1, Hal.89-100

Depdiknas. 2007. Pedoman Pengembangan Fisik/Motorik di Taman Kanak- kanak. Jakarta.

Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Pendidikan. Yogyakarta : UST-press

Firmansyah, Yopie, Dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht (Numbered Heads Together ) Berbantuan Media Simulasi Phet Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Sma Di Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 6 No. 1, Hal 94-99.

Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Handoyono, Nurcholish Arifin & Arifin, Zainal. 2016. Pengaruh Inquiry Learning dan Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar PKKR Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 6, No. 1, Hal. 31-42.

Handoyono, Nurcholish Arifin, dkk. 2020. Eksperimentasi Model Contextual Teaching and Learning untuk Mata Kuliah Pekerjaan Dasar Otomotif. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, Vol 5, No. 1, Hal. 76-82.

Hanafiah, Nanang dan Suhana Cucu. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Istarani, 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif (Reverensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran) . Medan : Media Persada

Jurnas.com. 2018. Pergerakan Pisa Indonesia Cenderung Meningkat http://www.jurnas.com/artikel/31315/Pergerakan-Pisa-Indonesia-Cenderung-Meningkat/. (diakses tanggal 12 November 2019)

Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Nasution, Dewi Yunita. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas Vii MTs Cerdas Murni Tembung. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Sumatera Utara: Uin

Priyanto Slamet & Inderanata, R. Novian. 2020. Internship Students’ Work Readiness: Case Study in Metal Machining Department at Yogyakarta Vocational Training Center. American Journal of Educational Researc. 2020, Vol. 8, No. 2, Hal. 105-111

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Setuju, dan priyanto, S. (2015). Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin 1 Kelas X di SMK Muhammadiyah Prambanan. Taman Vokasi UST. 1,(1),84-94.

Slavin, R. 1995. Cooperative Learning Theory. Second Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon Publisher

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Susanto, Ahmad.

Published

25-01-2021

How to Cite

Qodiran, A., Priyanto, S., & Handoyono, N. A. (2021). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF. Jurnal Vokasi Dewantara (JVD), 2(1), 55–66. https://doi.org/10.30738/jvd.v2i1.10182

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>