ANALISIS METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMK
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah kejuruan, memahami bagaimana melaksanakan pembelajaran berbasis proyek di sekolah kejuruan, dan memahami komponen apa saja yang perlu disiapkan untuk melaksanakan pembelajaran berbasis proyek di SMK. sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data penunjang dari jurnal, artikel dan penelitian sebelumnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMK. Peningkatan persentase hasil belajar siswa menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMK. Â Dengan pembelajaran berbasis proyek, persentase rata-rata hasil belajar siswa meningkat, dan rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan pembelajaran berbasis proyek adalah 73,65 meningkat menjadi 81,19. Nilai rata-rata pembelajaran berbasis item sebelum dan sesudah pembelajaran berbasis item memiliki persentase pertumbuhan yang signifikan sebesar 9,97%.
Â
Kata kunci: Project Based Learning, Implementasi, Hasil Belajar
Â
Abstract The research aims to analyse the Project Based Learning model to improve student learning outcomes in , it has been known to implement Project Based Learning of vocational school (SMK), the researcher has known the components of needs to be prepared in implementing Project Based Learning of vocational school (SMK). The research method used a descriptive analysis method. The type and sources of data used in this study were secondary data from journals, articles, well being previous research. The data collection technique in this study used to literature study techniques. This research result used of the Project Based Learning methods can be improved student learning outcomes in vocational school (SMK). The percentage of increasing student learning outcomes showed that the Project Based Learning model increased student learning outcomes in vocational school (SMK). The average percentage to increase of learning students outcomes by using learning Project Based Learning, the average student learning outcomes before using Project Based Learning 73.65 increased to 81.19. The average value before learning Project-Based Learning and the learning conducted or the  Project Based Learning underwent achievement significantly for about 9.97%.
Keywords: Project Based Learning, Implementation, learning outcomes
References
A Amirudin, S Setuju (2018). Development of multimedia-based learning media interactive on a subject of cooling systems in Vocational School of Industry Yogyakarta.. Taman Vokasi 6 (2), 176-182
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif,
Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Dany, Nanik. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Dan Menganalisis Prosedur Pemasangan Bekisting Kayu Untuk Kolom, Balok, Dan Pelat Lantai Di Smk Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal, Universitas Negeri Surabaya.
Djafar, Tengku Zahara. 2001. Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil
Belajar. Yogyakarta: Andi.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Ervan Dwi Rizkyanto, Joko. 2011. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Listrik Di Smk Al-Azhar Menganti Gresik. Jurnal, Universitas Negeri Surabaya
Etris Mabruroh.2018. Pengaruh Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Dalam Membuat Animasi Stop Motion Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2D Bagi Siswa Kelas XI Di SMKN 1 Pungging Kabupaten Mojokerto. Jurnal. Universitas Negeri Surabaya
Heri Mulyono, Evi Erdi Agustin. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Di Smk Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal. STKIP PGRI Sumatera Barat
Kamdi, Waras. 2008. Project-Based Learning:Pendekatan Pembelajaran Inovatif. Malang: Universitas Malang,
Kiki Okta Dwi Utama & Sukaswanto. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keaktifan Belajar Siswa Di Smk Negeri 1 Ngawen. Jurnal. Universitas Negeri Yogyakarta
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Nizamuddin. 2019.Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Penerbangan AAG Adisujipto. Skripsi, tidak diterbitkan. Yogyakarta: UST.
Puguh Waluyo. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Pengendali Plc Di SMKN 1 Madiun. Jurnal, Universitas Negeri Surabaya
Purwanto, Edy. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ridwan Abdullah. 2015. pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rizka, Arwizet K. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Kelas X Smk Negeri 1 Pariaman. Junal. Universitas Negeri Padang, Indonesia.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 20014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. 2015. Perencanaan dan Desain sistem pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Setuju, dan priyanto, S. (2015). Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin 1 Kelas X di SMK Muhammadiyah Prambanan. Taman Vokasi UST. 1,(1),84-94.
Suprihatiningrum, Jamail. 2016. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana, Nana. 2009. Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaj
Rosdakarya.
Warsono dan Hariyanto, 2013. Pembelajaran Aktif. Bandung :PT Remaja Rosdakarya