EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISTEM PENGAPIAN

Authors

  • Aris Setyawan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Subagyo Subagyo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Arif Bintoro Johan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/jvd.v2i1.10189

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine the students' interest in learning TKR SMK Nasional Berbah Sleman ignition system subject, and to determine the effectiveness and effect of learning using audiovisual tools. This type of research is a quasi-experimental. The research was conducted at the Yogyakarta National Stock Exchange (SMK Nasional Berbah Sleman Yogyakarta) from November 2019 to December 2019. The total population was 70 students, and the sample was 35 students in category XI TKR A and 35 students in category XI TKR B. sample, used a questionnaire to measure interest in learning. The data analysis test was performed using the t-test, then a descriptive analysis was carried out. Previously, research data was tested through prerequisites, including normality test, homogeneity test, and balance test. The results showed that interest in using audiovisual media for learning ignition systems was more significant than interest in learning ignition systems without audiovisual media, and interest in using audiovisual media to study ignition systems was more effective than learning without audiovisual media.

 

Keywords: effectiveness, tools, audio visual, SMK

 

Keywords: audio visual, interest in learning, learning outcomes

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan sejauah mana minat siswa belajar TKR SMK Nasional Berbah Sleman mata pelajaran sistem pengapian, dan untuk mengetahui keefektifan dan pengaruh pembelajaran memakai alat audiovisual. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian dilakukan di Bursa Efek Nasional Yogyakarta (SMK Nasional Berbah Sleman Yogyakarta) dari November 2019 hingga Desember 2019. Jumlah populasi adalah 70 siswa, dan sampelnya adalah 35 siswa pada kategori XI TKR A dan 35 siswa pada kategori XI TKR B. Hasilnya, dari segi sampel, digunakan angket untuk mengukur minat belajar. Uji analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t, kemudian dilakukan analisis deskriptif. Sebelumnya, data penelitian diuji melalui prasyarat, meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat penggunaan media audiovisual untuk pembelajaran sistem pengapian lebih signifikan dibandingkan minat belajar sistem pengapian tanpa media audiovisual, dan minat penggunaan media audiovisual untuk mempelajari sistem pengapian lebih efektif daripada pembelajaran tanpa media audiovisual.

 

Kata kunci: efektifitas, tools, audio visual, SMK

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu, Ahmadi. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rieka Cipta

A Amirudin, S Setuju (2018). Development of multimedia-based learning media interactive on a subject of cooling systems in Vocational School of Industry Yogyakarta.. Taman Vokasi 6 (2), 176-182

Agustina. Putri. 2011. PsikologiPerkembangan. Surakarta: PGSDUMS

Arifin. 2010. Evaluasi Pembelajaran.Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2013. ProsedurPenelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja GrafindoPersada.

Basuki dan Daryanto. 2018. Panduan Praktis Perawatan Mobil Komponen Sistem Kelistrikan. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. 2013. Teknik Merawat Lengkap. Bandung: Widya

Dewantara, Ki Hajar. 2013. KI HAJAR Pemikiran Konsepsi, Keteladanan, Ikap Merdeka. Yogyakarta: UST- Press

Djaali dan Muljono, Pudji. 2008. Pengukuran Dalam Bidan Pendidikan. Jakarta:Grasindo.

Djamarah. 2005. Langkah-Langkah Pembelajaran. Rineka Cipta:Jakarta

Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Wali Press

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum danPembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika

Pemerintah Republik Indonesia. 2006.Peraturan Menteri Pendidika Nasional No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Sekretariat Negara

Presiden Republik Indonesia. 2003.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sadirman, Arief S. 2006. Media Pendidikan: Pengertian dan pemanfaatanya Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Setuju, dan priyanto, S. (2015). Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin 1 Kelas X di SMK Muhammadiyah Prambanan. Taman Vokasi UST. 1,(1),84-94.

Published

25-01-2021

How to Cite

Setyawan, A., Subagyo, S., & Johan, A. B. (2021). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISTEM PENGAPIAN. Jurnal Vokasi Dewantara (JVD), 2(1), 98–109. https://doi.org/10.30738/jvd.v2i1.10189

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>