PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP PEMBANGUNAN KARANGMOJO

Isna Zain, Hidayati Hidayati, Astuti Wijayanti

Abstract


Penelitian ini secara deskriptif bertujuan untuk mengetahui kecenderungan prestasi belajar IPA yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Team Individualization Assisted dan ekspositori. Secara komparatif untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Pembangunan Karangmojo tahun pelajaran 2014/2015 antara model pembelajaran Team Assisted Individualization dan ekspositori. Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Persyaratan analisis meliputi uji normalitas sebaran, dan uji homogenitas varian. Teknik analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan prestasi belajar IPA yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Team Individualization Assisted termasuk kategori tinggi dan model pembelajaran ekspositori termasuk kategori sedang. Rata-rata skor kelompok kelas eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Dengan demikian, ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VIII Pembangunan Karangmojo

Keywords


Team Assisted Individualization, ekspositori, prestasi belajar

References


Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi pembelajaran IPA. Jakarta:Bumi Aksara.

Nana Syaodih Sukmadinata.2008. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Robert E. Slavin. 2008. Cooperative Learning. Bandung:Penerbit Nusa Media.

Trianto. 2010. Model pembelajaran terpadu. Jakarta:Bumi Aksara.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana Prenada Media Group




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/natural.v2i1.316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.