Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe TPS untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa

Authors

  • Adria Utamiyosa Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Paidi Paidi Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/natural.v5i2.3161

Keywords:

kooperatif, TPS, motivasi, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan perangkat pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi limbah yang layak digunakan dalam pembelajaran biologi, 2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi limbah terhadap motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa. R&D ini menggunakan model 4-D yang diadaptasi dari Thiagarajan, et al. (1974), meliputi tahap define, design, develop, dan dissemminate. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1)  Perangkat pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi limbah untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dihasilkan mempunyai kelayakan sangat baik sebagai perangkat pembelajaran biologi di SMA. 2) Pengimplementasian perangkat pembelajaran tersebut efektif untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa. Perbedaan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa tampak di kelas eksperimen, dimana motivasi siswa meningkat sebesar 5,81 point dan kemampuan berpikir kritis meningkat sebesar 65,16 point, sedangkan di kelas kontrol, motivasi siswa meningkat sebesar 5,35 point dan kemampuan berpikir kritis sebesar 61,50 point.

 

Developing a cooperative teaching of TPS type to increase the motivation and cts of the student

 

Abstract

This study aims to: 1) produce TPS type cooperative learning device on waste material which is fit for use in biology class, 2) discover the effectiveness of TPS type cooperative learning device on waste material on students’ motivation and critical thinking skill. This study was a research using by R&D model 4-D which was adapted  from Thiagarajan, et al. (1974) which consists of define, design, develop, and  disseminate. The research results are as follows: 1) Cooperative learning type of TPS device on waste material to increase students’ motivation and critical thinking skill produced has good feasibility according to material experts, media experts, biology teachers, and associates’ assessments. 2) The implementation of the learning device is effective in increasing students’ motivation and critical thinking skill. The differences of students’ motivation and critical thinking skill are obvious in the experimental class, in which students’ motivation increased for by 5.81 points and critical thinking skill increased by 65.16 points, while in control class, students’ motivation increased by 5.35 points and critical thinking skill by 61.50 points.

References

Aikens, C. G., Sr. (2013). Leading by example: creating motivation that posters positive change in young people.Tesis Master, tidak diterbitkan, Dominican University of California, San Rafael, CA.

Arends, R. I. & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning becoming an accomplished teacher. New York: Routledge.

Bermawy Munthe. (2009). Desain pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Brophy, J. (2010). Motivating students to learn (3rd ed). New York: Routledge.

Fransisca Sudargo. (2012). Metapedagogi dalam pendidikan guru biologi: Membangun kemampuan berpikir kritis dan kreatif melalui pembelajaran berbasis praktikum. Pidato Disampaikan dalam Pengukuhan Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia, Rabu, 25 Mei 2012. Diambil tanggal 28 januari 2013, dari http://berita.upi.edu/2012/04/25/metapedagogi-dalam-pendidikan-guru-biologi-membangun-kemampuan-berpikir-kritis-dan-kreatif-melalui-pembelajaran-berbasis-praktikum/

Ibe, H. N. (2009). Metacognitive strategies on classroom participation and student achievement in senior secondary school science classrooms. Science Education International, Vol. 20, No. 1-2, PP. 25-31 Dec 2009. Diambil tanggal 7 Juni 2013, dari http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/

Lewy, Z, & Nyimas A. (2009). Pengembangan soal untuk mengukur berpikir tingkat tinggi pokok bahasan barisan dan deret bilangan di kelas IX akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 2.

Lie, Anita. (2004). Cooperative Learning: Mempraktekkan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: PT.Gransindo.

Nitko, A. J. & Brookhart, S. M. (2011). Educational assessment of students. United State of American: Pearson Education, Inc.

Sudijono, A. (2008). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Suharsimi Arikunto. (1989). Manajemen penelitian. Jakarta: Depdikbud.

Thiaragajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.L. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Minnesota: Indiana University.

Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published

2018-09-15

How to Cite

Utamiyosa, A., & Paidi, P. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe TPS untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 78–88. https://doi.org/10.30738/natural.v5i2.3161

Issue

Section

Artikel

Citation Check