Efektivitas model pembelajaran Simayang berbantuan flash card terhadap kemampuan representasi siswa

Authors

  • Nisya Amalia Sholihah Program Studi Tadris IPA, IAIN Ponorogo, Indonesia
  • Syaiful Arif IAIN Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/natural.v7i1.7998

Keywords:

Keywords, Simayang Model, Flash card, Ability of Representation.

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari model pembelajaran Simayang berbantuan flash card terhadap kemampuan representasi siswa jenjang SMP. Peneliti menggunakan metode quasi experiment dengan post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah purposive sampling dan diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Data-data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda, serta angket respon pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada perbedaan kemampuan representasi siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil uji statistik independent sample t-test diperoleh nilai thitung sebesar 2,646>2,008 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis dari isian angket respon pembelajaran dapat diketahui bahwa siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan persentase sebesar 78%. Respon siswa ini termasuk pada kategori baik. Dari hasil analisis data, peneliti mengambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Simayang berbantuan flash card lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.



This study was to determine the effectiveness of the flash card-assisted Simayang learning model on students' representation abilities, especially for junior high school students. We used a quasi-experimental method with a post-test only control group design. In this research, the sample takes using the purposive sampling technique. The author chose class VIII A as the experimental class and class VIII C as the control—multiple-choice tests and learning response questionnaires as instruments for collecting data. The statistical analysis results showed differences in the representation ability of students between the experimental class and the control class. The independent sample t-test showed that the t-count value was 2.646> 2.008, so we reject H0, and H1 was accepted. Students give a positive response to learning, with a percentage of 78% as a useful category. We conclude that flash card-assisted Simayang model learning is more effective than the conventional learning model from these data and analysis.


Author Biography

Syaiful Arif, IAIN Ponorogo

Program Studi Tadris IPA, IAIN Ponorogo

References

Afdila, D., Sunyono, S., & Efkar, T. (2015). Penerapan simayang tipe II pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(1), 248–261. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/8715/5420

Arsyad, A. (2016). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Jakarta Persada.

Bagus Prasetyo, E. (2017). Penerapan model pembelajaran SAVI menggunakan media maket pada mata pelajaran menggambar konstruksi atap di kelas XII-Tgb 2 SMK Negeri Kudu. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2/JKPTB/17). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/18883/17238

DePorter, B. (2000). Quantum teaching. PT Mizan Publika.

Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan pembelajaran modern: konsep dasar, inovasi dan teori pembelajaran. Penerbit Garudhawaca.

Fatmawati, F., Muslimin, M., & Kade, A. (2015). Identifikasi tingkat konsistensi representasi dan pemahaman konsep mahasiswa pada format verbal, grafik dan diagram dalam memecahkan masalah hukum III Newton. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(1), 32–38. https://doi.org/10.22487/j25805924.2016.v4.i1.5506

Hamdan, A. S., & Bahruddin, E. (2014). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. CV. Budi Utama.

Hermawan, I. (2014). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif, dan mixed method). Hidayatul Quran Kuningan.

Hidayati, N. N. (2017). Meningkatkan kosakata bahasa inggris anak usia dini dengan kartu bergambar. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 67–86. https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i1.6

Hotimah, E. (2017). Penggunaan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran kosakata bahasa inggris kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 10–18. http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/30/30

Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204–222. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047/883

Meidayanti, R., Sunyono, S., & Tania, L. (2015). Pembelajaran SiMaYang Tipe II untuk meningkatkan self-efficacy dan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(3), 856–867. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/11516

Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2018). Manfaat serta kendala menerapkan flashcard pada pelajaran membaca permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210–228. https://doi.org/10.33541/jdp.v11i3.892

Murti, H. A. S., & Hastjarjo, T. D. (2015). Permainan imajinatif berdasarkan metakognisi dalam belajar matematika. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 1(1). http://dx.doi.org/10.22146/gamajop.7350

Nugraha, D. A. (2017). Penerapan pembelajaran berbasis masalah berbantuan program geometer’s sketchpad untuk meningkatkan kemampuan representasi multipel matematis siswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.25157/.v1i2.545

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, S. R., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar statistika penelitian. Gramasurya.

Ogawa, H., Fujii, H., & Sumida, M. (2009). Development of a lesson model in chemistry through “Special Emphasis on Imagination leading to Creationâ€(SEIC). The Chemical Education Journal (CEJ), 13(1), 1–6. http://chem.sci.utsunomiya-u.ac.jp/cejrnlE.html

Pangestu, G. A., & Kurniawati, Y. (n.d.). Upaya meningkatkan kemampuan imajinasi sejarah siswa melalui model edutainment. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 8(2), 225–236. https://doi.org/10.17509/factum.v8i2.22153

Rakhmalinda, F. (n.d.). Identifikasi model mental berdasarkan tiga level representasi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit [B.S. thesis]. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017.

Riduwan. (2015a). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Rizal, M. (2014). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multi representasi terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 2(3), 159–165. http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/4509/982

Rusli, A., & Waldrip, B. (2011). Implementasi pembelajaran berbasis multi representasi untuk peningkatan penguasaan konsep fisika kuantum. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4189

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method. Alfabeta.

Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA. Rizqi Press.

Sunyono. (2015). Pembelajaran Multipel Representasi. Media Akademi.

Syafri, F. S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. JURNAL E-DuMath, 3(1). https://doi.org/10.26638/je.283.2064

Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2011). Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Utami, T. (2019). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dipadukan media flashcard terhadap keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran ipa kelas VIII SMP/MTs [PhD Thesis]. UIN Raden Intan Lampung.

Wati, N. K., & Iriani, R. (2017a). Pengaruh model pembelajaran SiMaYang Tipe II Berbantuan Media phet terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Representasi Visual Siswa pada Materi Larutan Asam Basa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(2), 121–126. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v7i2.3575

Wati, N. K., & Iriani, R. (2017b). Pengaruh model pembelajaran simayang tipe ii berbantuan media phet terhadap hasil belajar dan kemampuan representasi visual siswa pada materi larutan asam basa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(2), 121–126. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v7i2.3575

Widiyati, E. (2014). Peningkatan minat dan kemampuan membaca permulaan melalui media buku cerita binatang dan permainan bahasa siswa kelas II SD Plus Al-Anwar Pacul Gowang Jombang. Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH), 1(4), 405–413. http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/4457

Downloads

Published

2020-12-17

How to Cite

Sholihah, N. A., & Arif, S. (2020). Efektivitas model pembelajaran Simayang berbantuan flash card terhadap kemampuan representasi siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 7(1), 54–62. https://doi.org/10.30738/natural.v7i1.7998

Issue

Section

Artikel

Citation Check