Instrumen asesmen HOTS untuk kelas VII SMP pada materi kalor dan perpindahannya

Authors

  • Eva Herfy Widyas Sarjanawiyata Tamansiswa University, Indonesia
  • Sigit Sujatmika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Dafid Slamet Setiana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/natural.v7i1.8518

Keywords:

Instrumen Penilaian, Higher Order Thinking Skills, Kalor dan Perpindahannya

Abstract

Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan salah satu kecakapan penting abad 21 yang harus dimiliki siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian berbasis HOTS untuk siswa kelas VII SMP pada materi kalor dan perpindahannya. Penelitian ini termasuk dalam educational design research menggunakan model dari Plomp. Melibatkan 3 tahapan yaitu tahap preliminary research, prototyping stage, dan assessment phase. Proses validasi produk dilakukan oleh ahli, teman sejawat, guru dan siswa. Prosedur pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi, wawancara, dan uji coba secara terbatas di sekolah. Teknik analisis data dilakukan dengan mengkonversi data kualitatif dan kuantitatif ke dalam bentuk deskriptif berdasarkan penilaian ideal, validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa kriteria penilaian ideal produk masuk dalam kategori sangat baik. Skor rata-rata dari dosen ahli yaitu 91,875%, teman sejawat 92%, guru 92%, siswa 85%. Sedangkan validitas instrumen sebesar 0,89, reliabilitas instrumen 0,69, tingkat kesukaran 0,40, dan daya pembeda soal 0,33

 

Higher Order Thinking Skills (HOTS) are essential skills for students in the 21st century. This study aims to develop a HOTS-based assessment on heat (caloric) and heat transfer in the 7th grade of juniors high school. This study was included in educational design research using Plomps' model. It used three stages: the preliminary research stage, the prototyping stage, and the assessment phase—the HOTS-based assessment product validated by experts, peers, teachers, and students. Data collection procedures used questionnaires, observation sheets, interviews, and limited trials at school. The data analysis technique uses qualitative and quantitative data to convert into descriptive form based on the ideal assessment, validity, reliability, difficulty index, and discriminant index. Based on the analysis, the ideal assessment criteria for the product were in the very good category. The experts' average score was 91.875%, peers 92%, teachers 92%, and students 85%. Furthermore, the instrument validity score was 0.89, the instrument reliability was 0.69, the difficulty index was 0.40, and the discriminant index was 0.33.

References

Akhsan, H., Wiyono, K., Novianti, R., Melvany, N. E., & Ariska, M. (2019). Pengembangan instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi materi fluida dan getaran harmonis. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(2), 33-40. http://sij-inovpend.ejournal.unsri.ac.id/index.php/sij-inovpend/article/view/49

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (3 ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Baidlowi, M. H., Sunarmi, & Sulisetijono. (2019). Pengembangan instrumen soal essay tipe higher order thinking skills (HOTS) materi struktur dan jaringan organ pada tumbuhan kelas XI SMAN 1 Tumpang. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 238–248. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpb/article/view/6971

Budiman, A., & Jailani. (2014). Pengembangan instrumen asesmen higher order thinking skills (HOTS) pada mata pelajaran matematika SMP kelas VIII semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 139-151. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/viewFile/2671/2224

Fitriani, E. (2019). Pengembangan instrumen assessment higher order thinking skills (HOTS) pada mata pelajaran IPS terintegrasi nilai-nilai pembangunan karakter kelas V SD/MI di Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan, 24. http://repository.radenintan.ac.id/6566/1/Skripsi%20Full.pdf

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan penilaian berbasis HOTS (higher order thinking skills). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. B., & Mohamad, M. M. B. (2011). The level of marzano higher order thinking skills among technical education students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121. https://pdfs.semanticscholar.org/6e5a/76e3994e6a23df6c3296dd9d9c940d1198b7.pdf

Herawati, R., Rustono, W. S., & Hamdu, G. (2014). Pengembangan asesmen HOTS pada pembelajaran berbasis masalah tema bermain dengan benda-benda di sekitar. 151–159. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/4975

Husnawati, A., Hartono, H., & Masturi, M. (2019). Pengembangan soal higher order thinking skill (HOTS) fisika kelas VII SMP materi gerak pada benda. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 133-140. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/33320

Iskandar, A., & Rizal, M. (2018). Analisis kualitas soal di perguruan tinggi berbasis aplikasi TAP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 12-23. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/15609

Julianingsih, S., Rosidin, U., & Wahyudi, I. (2017). Pengembangan instrumen asesmen higher order thinking skills (HOTS) untuk mengukur dimensi pengetahuan IPA siswa di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1-10. http://repositorylppm.unila.ac.id/6028/1/Artikel%20Fisika%2015.pdf

Lailly, N. R., & Wisudawati, A. W. (2015). Analisis soal tipe higher order thinking skill (HOTS) dalam soal UN kimia SMA Rayon B tahun 2012/2013. Jurnal Kaunia, 11(1), 27-39. https://media.neliti.com/media/publications/103900-ID-analisis-soal-tipe-higher-order-thinking.pdf

Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan instrumen penilaian HOTS berbasis kurikulum 2013 terhadap sikap disiplin. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330

Prihatni, Y., Kumaidi, & Mundilarto. (2016). Pengembangan instrumen diagnostik kognitif pada mata pelajaran IPA di SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(1), 111–125.https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/7524

Saputri, A. C. (2019). Improving students' critical thinking skills in cell-metabolism learning using stimulating higher order thinking skills model. International Journal of Instruction, 12(1), 327-342. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1201357.pdf

Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunarti, & Rahmawati, S. (2014). Penilaian dalam kurikulum 2013 - membantu guru dan calon guru mengetahui langkah-langkah penilaian pembelajaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset (Penerbit ANDI).

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, W., & Kartono, K. (2018, February). Analisis soal-soal matematika tipe higher order thinking skills (HOTS) pada kurikulum 2013 untuk mendukung kemampuan literasi siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 876-884). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393

Thomas, A., & Thorne, G. (2009). How to increase higher order thinking. Metarie, LA: Center for Development and Learning.

Ubaidillah, M. (2016). Pengembangan LKPD fisika berbasis problem solving untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 09-20. https://core.ac.uk/download/pdf/229107773.pdf

Widana, I. W., Parwata, I. M. Y., Parmithi, N. N., Jayantika, I. G. A. T., Sukendra, K., & Sumandya, I. W. (2018). Higher order thinking skills assessment towards critical thinking on mathematics lesson. International journal of social sciences and humanities, 2(1), 24-32. http://dx.doi.org/10.29332/ijssh.v2n1.74

Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). Higher order thinking berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar berorientasi pembentukan karakter siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1269

Widyaningrum, D. (2019). Pengembangan instrumen penilaian berbasis keterampilan proses mata pelajaran IPA SMP. Skripsi. FKIP: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. K. (2015). Pengembangan media komik IPA untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter peserta didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 24. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4529

Published

2020-10-09

How to Cite

Widyas, E. H., Sujatmika, S., & Setiana, D. S. (2020). Instrumen asesmen HOTS untuk kelas VII SMP pada materi kalor dan perpindahannya. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 7(1), 38–53. https://doi.org/10.30738/natural.v7i1.8518

Issue

Section

Artikel

Citation Check