Pelatihan Literasi Digital Media Pembelajaran pada Guru-Guru SD Negeri 1 Sokaraja Wetan

Authors

  • Nur'aini Muhassanah Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Ambar Winarni Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Afifah Hayati Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30738/ad.v5i1.10345

Keywords:

education

Abstract

Tujuan dari pelatatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi literasi digital media pembelajaran pada guru-guru SD Negeri 1 Sokaraja Wetan. Untuk peserta dari pelatihan ini adalah bapak dan ibu gusu SD Negeri 1 Sokaraja Wetan yang berjumlah 18 orang.  Kegiatan pelatihan ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut antara lain: Kahoot, Quizizz, Microsoft Power Point, Microsoft World, Microsoft Excel, dan Google. Kegiatan pelatihan ini dimulai dengan penyampaian materi oleh tiga narasumber yang selanjutnya akan dilanjutkan kegiatan praktik sesuai dengan materinya. Dengan adanya kegiatan pelatihan seperti ini dapat meningkatkan kemampuan guru-guru SD Negeri 1 Sokaraja Wetan dalam kemampuan digital khususnya media pembelajaran, selain itu diharapkan dilakukan secara rutin baik di lokasi yang sama maupun di lokasi yang berbeda dengan sasaran guru-guru SD yang benar-benar membutuhkan pengetahuan, pemahaman dan persiapan untuk meningkatkan kemampuan para guru dalam bidang digital sehingga bisa diterapkan dalam media pembelajaran pada saat mengajar. Dari hasil pelatihan literasi digital memberikan dampak positif dan manfaat dalam peningkatan kompetensi guru khususnya terkait literasi digital media pembelajaran dimana peserta pelatihan sudah dapat menyusun media pembelajaran dalam bentuk Kahoot dan Power Point dengan kriteria penilaian baik

References

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran Edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bahauddin, A. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(4), 1 – 14.

Darmawan, D. 2017. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mureiningsih, E. S. 2014. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran multimedia interaktif. Jurnal Madaniyah, 7(1), 214 – 229.

Padmadewi, N, dkk. 2017. Micro Teaching. Depok: PT. RajaGrapindo Persada.

Zuhdy, T. 2011. Karakteristik dan Pemilihan Media Pembelajaran dalam E-Learning.Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan: Cendekia, 9(2), 141 – 152.

Published

2022-03-25

How to Cite

Muhassanah, N., Winarni, A. ., & Hayati, A. . (2022). Pelatihan Literasi Digital Media Pembelajaran pada Guru-Guru SD Negeri 1 Sokaraja Wetan. Abdimas Dewantara, 5(1). https://doi.org/10.30738/ad.v5i1.10345

Issue

Section

Artikel