Penguatan publikasi hasil penelitian melalui workshop penulisan karya ilmiah Sekolah Dasar Negeri Tegalrejo Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.30738/ad.v5i2.10451Keywords:
publikasi, hasil penelitian, workshop, penulisan karya ilmiah.Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan penguatan serta pendampingan guru di SD Negeri 3 Tegalrejo 3 Yogyakarta agar mampu melaksanakan penelitian, khususnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Publikasi Karya Ilmiah. Target dari kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas dan kompentensi guru dalam melaksanakan PTK dan publikasi karya ilmiah. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah metode pendampingan partisipatoris yang dilakukan melalui berberapa teknik seperti ceramah bervariasi, tanya jawab, simulasi dan projek bersama. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah tercapainya kompetensi guru dalam merancang PTK dan menyusun artikel ilmiah yang siap dipublikasikan ke dalam jurnal ilmiah terakreditasi. Hasil yang diperoleh dalam pengabdian yaitu guru dapat menyusun artikel penelitian PTK serta mengunggahnya di jurnal yang dituju. Simpulan dalam kegiatan ini adalah peserta pendampingan mampu membuat rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan baik. Selain itu peserta dapat memilihih publikasi ilmiah yang sesuai dengan tema penelitiannya.
ABSTRACT
This activity aims to strengthen and assist teachers at SD Negeri 3 Tegalrejo 3 Yogyakarta so they can conduct research, especially Classroom Action Research (CAR) and Publication of Scientific Work. This activity aims to improve teachers' quality and competence in implementing PTK and publishing scientific papers. The method used in this activity is the participatory mentoring method which is carried out through several techniques such as various lectures, question and answer, simulations, and joint projects. The results achieved in this activity are the achievement of teacher competence in designing PTK and compiling scientific articles that are ready to be published in accredited scientific journals. The results obtained in the service are that teachers can compile CAR research articles and upload them to the intended journal. This activity concludes that the mentoring participants can make Classroom Action Research designs well. In addition, participants can choose scientific publications that are by the research theme.
References
Ahmadi, F., Widihastrini, F., & Widhanarto, G. P. (2018). IBM guru sekolah dasar melalui. ABDIMAS, 22(2), 137–142.
Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor kesulitan guru sekolah dasar dalam penulisan karya ilmiah. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 9(1), 59–65.
Birsyada, M. I., Gularso, D., & Fairuzabadi, M. (2022). Strategi pengembangan pembelajaran sejarah masa pendudukan Jepang di Indonesia berbasis diorama museum di Sekolah. 22(1). https://doi.org/10.24036/diakronika/vol22-iss1/272
Birsyada, M. I., & Siswanta, S. (2021). Inovasi pendidikan karakter bangsa berbasis nilai-nilai sejarah perjuangan Pangeran Sambernyowo di era masyarakat 5. 0. Diakronika, 21(1), 45–56. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol21-iss1/179
Dewi, N. R., Yuliza, E., Eliyati, N., & Faruk, A. (2019). Pendampingan merancang penelitian tindakan kelas dan penulisan publikasi kepada guru-guru SD di desa Sakatiga. 3(3), 367–372. https://doi.org/https://doi.org/10.12928/jp.v3i1.1270
Febrianto, P. T., Trunojoyo, U., Province, E. J., Megasari, L. A., Airlangga, U., & Province, e. j. (2020). implementation of Online Learning during the Covid-19 Pandemic on Madura Island , Indonesia. 19(8), 233–254.
Fitrianawati, M., & Kurniawan, M. R. (2020). Peningkatan kompetensi dan produktivitas guru sekolah dasar melalui pelatihan karya ilmiah. Abdimas Dewantara, 3(1), 43–49.
Giyarsih, G. (2021). Peningkatan motivasi melaksanakan penelitian tindakan kelas bagi guru matematika SMK melalui workshop. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 169–175. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.190
Hasan. (2021). Publikasi ilmiah bagi guru sekolah : Cross-Border, 4(2), 154–164.
Hidayat, L., & Faiz Noormiyanto. (n.d.). Jurnal berdaya mandiri. Jurnal Berdaya Mandiri, Vol. 2(2), 326–335.
Laili, R. N., & Nashir, M. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Higher Education Students ’ Perception on Online Learning during Covid-19 Pandemic Abstrak. 3(3), 689–697.
Lynch, M. (2020). E-Learning during a global pandemic. 15(1), 189–195.
Mettetal, G. (2021). The what, why and how of classroom action research. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 2(1), 6–13.
Nafi, S. (2022). Workshop publikasi artikel jurnal untuk menunjang profesionalisme guru kelas di SD Negeri 3 Demuk semester genap tahun pelajaran 2019 / 2020. Jurnal Terapan PendidikanDasar Dan Menengah, 2(1), 51–57.
Sri Wening, N. R. (2020). Workshop penulisan karya ilmiah sebagai upaya pengembangan profesionalisme guru SMK. Inotek, 13(2), 171–181.
Syah, M. N. S. (2019). Classroom action research as professional development of teachers in Indonesia. Jurnal Tarbawi, 13(1), 1–16.
Syarifuddin, S. (2021). Analisis kesiapan guru dalam penulisan dan publikasi karya tulis ilmiah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(1), 49–55. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i1.21
Warniasih, K., Rahmawati, S., & Utami, N. W. (2019). Jurnal Berdaya Mandiri. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(2), 133–143.
Wijaya, H., & Darmawan, I. P. A. (2022). Strategi Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Internasional.
Yusri, A. M. (2021). Indonesian Journal of primary education the role of teachers in 21st Century Learning During the Covid-19 Pandemic. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 82–92.
Zetriuslita, & Ariawan, R. (2021). Analisis permasalahan guru dalam menghasilkan karya tulis ilmiah penelitian tindakan kelas (studi kasus pada pelatihan guru-guru SMAN 1 Mandau Duri Bengkalis). Community Education Engagement Journal, 3(1), 17–29.
Zhahira, J. (2022). Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Journal of Educational Research, 1(1), 85–100. https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.16
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Abdimas Dewantara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Everything related to the licensing permission or the use of computer software for the preparation of manuscripts or other matters related to intellectual property rights carried out by the author of the article, the following legal consequences that may arise due to it, are the responsibility of the author of the article.
The work is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.