Pengajaran articles secara daring melalui metode Tri-N

Authors

  • Isti'anatul Hikmah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Dita Surwanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Adria Vitalya Gemilang Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Nida Ashifa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/ad.v5i2.10462

Keywords:

articles, online, pengajaran, metode Tri-N

Abstract

Kegiatan abdimas yang dilaksanakan oleh tim merupakan kegiatan yang fokus pada pengajaran Bahasa Inggris dan dilaksanakan secara online atau dalam jaringan. Pada kegiatan ini, materi yang diangkat adalah articles dalam bahasa Inggris yang meliputi a, an, dan the. Tiga bagian materi dalam articles disampaikan kepada para siswa jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di Paser dengan menerapkan Tri-N (niteni, niroke, dan nambahi). Oleh karenanya, tujuan utama abdimas yang dilaksanakan oleh tim adalah mengajarkan articles bagi siswa SMA di Paser dengan menggunakan Tri-N. Dalam pelaksanaannya, metode Tri-N tentunya terdiri dari tiga kegiatan yakni (1) kegiatan niteni yang merupakan kegiatan mengamati yang dilakukan oleh para siswa SMA; (2) kegiatan kedua adalah niroke yang merupakan kegiatan menirukan; dan (3) kegiatan nambahi yang merupakan kegiatan menambahi. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 19 – 20 Maret 2022 secara online melalui media Google Meet. Lebih lanjut, hasil yang diperoleh melalui kegiatan abdimas ini terdiri dari dua poin utama yakni: (1) keberhasilan para siswa dalam memahami dan menggunakan articles baik secara lisan maupun tulis; dan (2) kendala yang dihadapi oleh para siswa dalam memahami dan menggunakan articles. 

Author Biographies

Isti'anatul Hikmah, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, UST

Dita Surwanti, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

PBI, UST

References

Aeni, N. (2021). Pandemi COVID-19: Dampak kesehatan, ekonomi, dan sosial COVID-19 Pandemic: the health, economic, and social effects. Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 17(1), 17–34. http://ejurnal-litbang.patikab.go.id/index.php/jl/article/view/249/160

Ahyar, M. F. M., Yusup, A. A. M., & Surya, P. (2021). Pendampingan pembelajaran media onlinedi Bimbel Gama UI. Abdimas Dewantara, 4(2), 61–68. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/abdimasdewantara/article/view/9312

Azar, B. S., & Hagen, S. (2003). Fundamentals of English Grammar (Third). Longman.

Creswell, J. W., & Creswell, D. J. (2018). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (Fifth). SAGE.

GTK, S. (2020). Kebijakan Kemendikbud di Masa Pandemi. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/kebijakan-kemendikbud-di-masa-pandemi

H, R. K. (2021). Sekolah selama pandemi berprinsip kesehatan & keselamatan. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20210617131018-4-253882/sekolah-selama-pandemi-berprinsip-kesehatan-keselamatan

Indonesia, C. (2020). Setahun lalu pasien pertama covid-19 ditemukan di Wuhan. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/internasional/20201204124554-113-577951/setahun-lalu-pasien-pertama-covid-19-ditemukan-di-wuhan

Kemdikbud, P. W. (2020a). Kemendikbud resmikan kebijakan bantuan kuota data internet 2020. 25 September 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/12/kemendikbudristek-salurkan-tambahan-bantuan-kuota-data-internet

Kemdikbud, P. W. (2020b). Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19

Kimmes, J., & Robert, M. (2007). Grammar Sucks: What to do to make your writing much more better. Adams Media, an F+W Publications Company.

SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, Pub. L. No. 4 (2020). https://drive.google.com/file/d/1tPYaKDSYZwvxDm3XvtwF0_OsX-Wh2Re7/view

Suyitno, Primartadi, A., & Jatmoko, D. (2020). Pelatihan servicesepeda motor pada masa pandemi Covid-19. Abdimas Dewantara, 3(2), 48–53. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/abdimasdewantara/article/view/8430

Swan, M., & Walter, C. (2016). Oxford English grammar course: Basic a grammar practice book for elementary to pre intermediate students of English. Oxford University Press.

UNAS, M. (2021). Mahasiswa Unas lakukan PKM online, di Pondok Cabe Udik Tangsel. https://mpr.unas.ac.id/mahasiswa-unas-lakukan-pkm-online-di-pondok-cabe-udik-tangsel/

Wiryopranoto, S., Herlina, N., Marihandono, D., Tangkilisan, Y. B., & Nasional, T. M. K. (2017). Perjuangan Ki Hajar Dewantara: dari politik ke pendidikan. Museum Kebangkitan Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

Hikmah, I., Surwanti, D., Gemilang, A. V., & Ashifa, N. (2022). Pengajaran articles secara daring melalui metode Tri-N. Abdimas Dewantara, 5(2), 134–145. https://doi.org/10.30738/ad.v5i2.10462

Issue

Section

Artikel

Citation Check