PKM Meningkatkan Produktivitas dan Manajemen Pemasaran pada Koperasi Konsumen Bina Amanah Nirwana Sejahtera

Authors

  • Prasetio Ariwibowo Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Lubban Anwari Alhamidi Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/ad.v4i2.10471

Keywords:

Cooperative Management, Consumer Cooperative, Consumer Cooperative Bina Amanah Nirwana Sejahtera, Cibinong.

Abstract

Tujuan diadakan PKM ini ialah pengelola dan anggota koperasi Konsumen Bina Amanah Nirwana Sejahtera dapat menjalankan usahanya secara profesional, kreatif dan inovatif. Metode pelaksanaan PKM ini dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu Pelatihan Manajemen Pemasaran, pelatihan Kewirausahaan, pendampingan penyusunan laporan keuangan, dan pendampingan pembuatan produk dan diversifikasinya. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) ini dilaksanakan sebanyak 1 kali pertemuan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 06 Juni 2021 pada pukul 09.00 – 13.30 WIB (4 Jam 30 menit). Masyarakat komplek Puri Nirwana 2 Kelurahan Harapan Jaya Kec. Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (khususnya pengelola dan anggota koperasi Konsumen Bina Amanah Nirwana Sejahtera) menjadi mitra dalam kegiatan PKM ini, pihak pengelola koperasi Konsumen Bina Amanah Nirwana Sejahtera menyediakan sarana prasarana pendukung dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat seperti menyediakan ruangan PKM, sound system, infocus, whiteboard, kursi dan meja, dll.  Berdasarkan PKM yang telah dilaksanakan oleh Tim PKM di Koperasi Konsumen Bina Amanah Nirwana Sejahtera Cibinong – Bogor, disimpulkan bahwa peserta yang sudah mulai mendaftarkan Produk ke Market Place guna meningkatkan penjualan produk & jasanya. Kedua, sosialisasi mengenai pengenalan Teknikal Prosedur E-Commerce & Market Place dalam kegiatanü usaha guna peningkatan penjualan barang dan jasa. telah mencapai target luaran. Setelah dilakukan sosialisasi, peserta menjadi paham dan dapat mengidentifikasi Teknikal Prosedur E-Commerce & Market Place dalam kegiatanü usaha guna peningkatan penjualan barang dan jasa.

Kata Kunci: Manajemen Koperasi, Koperasi konsumen, Koperasi konsumen Bina Amanah Nirwana Sejahtera, Cibinong.

References

Ariwibowo, P., & Djuhartono, T. (2021). E-Commerce (Marketplace) for Marketing of MSME Products in Balekambang Village-East Jakarta. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 2(1), 64–76. https://doi.org/10.37010/kangmas.v2i1.151

Bashith, Abdul. (2008). Islam dan Manajemen Koperasi: Prinsip dan Strategi Pengembangan Koperasi di Indonesia. Malang: UIN-Malang Press, Cet. ke-1, hlm. 223.

Buchori, Nur S. (2009). Koperasi Syariah. Jawa Timur: Masmedia Buana Pustaka.

Departemen Agama Republik Indonesia. (2010). Al-Qur’an dan Tafsirnya Juz 1-2-3. Jakarta: Lentera Abadi, hlm. 545.

Mutis, T. (2011). Kewirausahaan yang Berproses. Jakarta: Grasindo

Sitio, Arifin dan Tamba, Halomoan. (2001). Koperasi Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga, hlm.19

Suryana, Taryana dan Jonathan Sarwono. (2007). Membuat Web Pribadi dan Bisnis dengan HTML. Yogyakarta: Gava Media.

Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset

Wahbi, A.A dan Ariwibowo,P. (2019). Konsep Literasi Ekonomi Digital: Analisa Dampak Teknologi Terhadap Prilaku Gaya Hidup Guru SMP Se Tangerang Selatan. Bogor. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah. (3)1, 37-44. doi : 10.30868/ad.v3i01.486

Downloads

Published

2021-10-17

How to Cite

Ariwibowo, P., & Alhamidi, L. A. (2021). PKM Meningkatkan Produktivitas dan Manajemen Pemasaran pada Koperasi Konsumen Bina Amanah Nirwana Sejahtera. Abdimas Dewantara, 4(2), 24–37. https://doi.org/10.30738/ad.v4i2.10471

Issue

Section

Artikel

Citation Check