Pelatihan Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Prestasi Matematika Siswa SMP

Authors

  • Faruq Faruq Magister Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta http://orcid.org/0000-0001-5697-3440
  • Daliman Daliman Magister Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30738/ad.v4i2.10577

Keywords:

self regulated learning, prestasi matematika

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang dipelajari oleh setiap individu sedari dini mulai jenjang taman kanak-kanak (TK) sampai perguruan tinggi. Sekolah merupakan suatu lembaga formal untuk menunjang siswa mencapai tujuan pendidikan yaitu mengembangkan potensi dan mencerdaskan individu dengan meningkatkan prestasi belajar salah satunya dalam bidang matematika. Keterampilan belajar sangat dibutuhkan dalam meningkatkan hasil belajar yang optimal, salah satunya ditunjukan dengen self regulated learning (SRL) yang dimiliki siswa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi matematika siswa menggunakan pelatihan self regulated learning yang berisikan penetapan tujuan belajar, kebutuhan belajar, strategi belajar, dan evaluasinya kemudian diterapkan pada diri siswa.  Hasil kegiatan pengabdian ini diukur dengan soal matematika selanjutnya diuji menggunakan statistic paired sample T test, peserta akan dikumpulkan setelah satu minggu guna evaluasi pelatihan. Hasil analisis menunjukan Nilai koefisien sig (2-tailed) 0.005 < 0.05 yang berarti ada perbedaan prestasi matematika siswa antara sebelum pelatihan dengan sesudah pelatihan dilihat dari perubahan perilaku belajar pada mata pelajaran matematika setelah mengikuti pelatihan, dengan demikian pelatihan SRL efektif meningkatkan prestasi matematika siswa. Hasil penelitian ini memberi impilkasi bagi dunia pendidikan bahwa pentingnya pengembangan keterampilan SRL dalam mengatasi masalah belajar pada mata pelajaran matematika siswa khususnya di masa pandemi.

Kata Kunci: self regulated learning, prestasi matematika.

References

Aimah, Siti, and Muhimatul Ifadah. 2014. “Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa.†Pp. 1–4 in Prosiding Seminar Nasional & Internasional 2014: Prosiding Seminar Nasional Hasil - Hasil Penelitian & Pengabdian.

Alhadi, Said, and Agus Supriyanto. 2017. “Self-Regulated Learning Concept: Student Learning Progress.†Pp. 333–42 in Prosiding Seminar Nasional Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Pendidikan Karakter Universitas Ahmad Dahlan.

Anas, Prima Soraya, and Asmadi Alsa. 2016. “Strategi Self-Regulated Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa SMP.†GADJAH MADA JOURNAL OF PROFESSIONAL PSYCHOLOGY 2(3):142–55.

Aryani, Tanisa Diva, and Maylita Hasyim. 2018. “Pengaruh Kecemasan Matematis, Problem Stress Matematika Dan Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.†AKSIOMA-Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro 7(2):243–52.

Broadbent, Jaclyn, and Matthew Fuller- Tyszkiewicz. 2018. “Profiles in Self-Regulated Learning and Their Correlates for Online and Blended Learning Students.†AECT: Association for Educational Cmmunication & Technology 66:1435–1455.

El-Adl, Adel, and Hussain Alkharusi. 2020. “Relationships between Self-Regulated Learning Strategies, Learning Motivation and Mathematics Achievement.†Cypriot Journal of Educational Sciences 15(1):104–11.

Fauzi, A., and Djamilah Bondan Widjajanti. 2018. “Self-Regulated Learning: The Effect on Student’s Mathematics Achievement.†Journal of Physics: Conference Series 1097(1):1–7.

Gabriel, Florence, Sarah Buckley, and Abhinava Barthakur. 2020. “The Impact of Mathematics Anxiety on Self-Regulated Learning and Mathematical Literacy.†Australian Journal of Education 64(3):227–42.

Harding, Susan-Marie, Narelle English, Nives Nibali, Patrick Griffin, Lorraine Graham, Bm Alom, and Zhonghua Zhang. 2019. “Self-Regulated Learning as a Predictor of Mathematics and Reading Performance: A Picture of Students in Grades 5 to 8.†Australian Journal of Education 63(1):74–79.

Jayanti, Veliya Septa, Ummu Nurohmah, Nurohaida Ayu Himawati, and Ika Maryani. 2020. “Analisis Self Regulated Learning Di Masa Pandemi Covid 19 Siswa Kelas Vi SD Muhammadiyah Sambisari.†FUNDADIKDAS 3(3):210–15.

Meiliati, Rafika, Muhammad Darwis, and Asdar. 2018. “Pengaruh Motivasi Belajar, Self Efficacy, Dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika.†Issues in Mathematics Education 2(1):83–91.

Mukhid, Abd. 2008. “Strategi Self Regulated Learning.†TRADIS : Jurnal Pendidikan Islam 3(2):222–39.

Nahdi, D. S. 2017. “Self Regulated Learning Sebagai Karakter Dalam Pembelajaran Matematika.†… THEOREMS (The Original Research of Mathematics) 2(1):20–27.

Ramadhani, Niko. 2020. “Pentingnya Memahami Fungsi Dan Tujuan Dari Pendidikan.†Akseleran.Co.Id. Retrieved May 21, 2020 (https://pgsd.upy.ac.id/index.php/2-uncategorised/12-pendidikan#:~:text=No. 20 Tahun 2003 Tentang,warga negara yang demokratis juga).

Rohman, F. M. A., Riyadi, and D. Indriati. 2020. “Gender Differences on Students’ Self-Regulated Learning in Mathematics.†Journal of Physics: Conference Series 1613(1):1–6.

Ruliyanti, Bekti Dwi. 2014. “Hubungan Antara Self-Efficacy Dan Self-Regulated Learning Dengan Prestasi Akademik Matematika Siswa SMAN 2 Bangkalan.†Character: Jurnal Penelitian Psikologi 3(2):1–7.

Savira, Fitria, and Yudi Suharsono. 2013. “Self-Regulated Learning(SRL) Dengan Prokrastnasi Akademik Pada Siswa Akselerasi.†Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 1(1):66–75.

Shaliha, Nadia, and Dian Ratna Sawitri. 2018. “Hubungan Antara Kemandirian Dengan Self-Regulated Learning (Srl) Pada Santri Kelas VIII Di Pondok Pesantren Ibnu Abbas Klaten.†Jurnal Empati 7(2):302–7.

Sudinadji, Muh Bagus, and Kumaidi Kumaidi. 2019. “Pengalaman Self Regulated Learning Siswa Untuk Menghadapi Ujian.†Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi 4(2):79–95.

Utari, Amanda, Syamsul Hadi Senen, and Rasto. 2018. “Pengaruh Self Regulated Learning (SLR) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi.†SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal 5(1):8–14.

Vaculíková, Jitka. 2018. “Measuring Self-Regulated Learning And Online Learning Events To Predict Student Academic Performance.†Studia Paedagogica 23(4):92–118.

Yukselturk, Erman, and Safure Bulut. 2007. “Predictors for Student Success in an Online Cour.†Educational Technology & Society 10(2):71–83.

Zahary, Masrurotu. 2015. “Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Self Regulated Learning.†Pp. 163–68 in SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015.

Zimmerman, Barry J. 1990. “Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview.†Educational Psychologist 25(1):3–17.

Zimmerman, Barry j, and Dale H. Schunk. 2001. Self Regulated Learning and Academic Achievement: Theoretical Perspectives (2nd Ed.). Mahwah: NJ: Erlbaum.

Downloads

Published

2021-10-17

How to Cite

Faruq, F., & Daliman, D. (2021). Pelatihan Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Prestasi Matematika Siswa SMP. Abdimas Dewantara, 4(2), 38–49. https://doi.org/10.30738/ad.v4i2.10577

Issue

Section

Artikel