PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SD NEGERI GUWOSARI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30738/ad.v1i1.2289

Abstract

Kegiatan pelatihan penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendampingi guru yang ada di Sekolah Dasar Negeri Guwosari dalam hal penulisan proposal penelitian tindakan kelas, pelaksanaan penelitian tindakan kelas dan pelaporan hasil penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah klasikal dan diskusi yang meliputi beberapa tahapan yaitu penyampaian materi sistematika penulisan proposal, materi mengenai teknis pelaksanaan penelitian, klinis penyusunan proposal,  pendampingan pelaksanaan penelitian dan penyusunan laporan akhir penelitian. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah bertambahnya pemahaman guru pada penelitian tindakan kelas, hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai  perbaikan proses pembelajaran di kelas, rekomendasi model pembelajaran dan menambah angka kredit peneliti untuk menunjang karirnya.

Author Biographies

Padrul Jana, Universitas PGRI Yogyakarta

Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta

Bayu Pamungkas, Universitas PGRI Yogyakarta

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta

References

Jana, P. (2017). Pembinaan Olimpiade Matematika Kelas VA CI SD Negeri Ungaran I Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 2(2), 125–128.

Laba Jayanta, I. N., Rati, N. ., Diputra, K. S., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Sd. Jurnal Widya Laksana, 6(1), 1–7.

Mediatati, N., & Ismanto, B. (2015). Peningkatan Kompetensi Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas Melalui Model Pelatihan Partisipatif dengan Pendampingan Intensif Bagi Guru Guru Di SMP Negeri 2 Ampel Kabupaten Boyolali. In Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta (pp. 1–8). Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Simanjuntak, E., Manullang, S., & Sinaga, M. S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri ( SMPN ) dengan Melakukan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(November 2016), 383–386.

Sunendiari, S., Yanti, T. S., Iswani, A., & Suliadi. (2014). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru SMA Di Wilayah Bandung dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru. In Prosiding SNaPP2014 Sains, Teknologi, dan Kesehatan (pp. 7–14). Bandung: Universitas Islam Bandung.

Susanti, E., & Hartanto, D. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 14(1), 151–174.

Wiganda, S. (2014). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Se-Jakarta Timur. Jurnal Sarwahita, 11 No. 1(1), 1–7.

Wijayanti, S. H., Ariani, Y. D., & Triwarmiyati, M. (2016). Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Cisauk Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Kaji Tindak: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 55–62.

Downloads

Published

2018-03-27

How to Cite

Jana, P., & Pamungkas, B. (2018). PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SD NEGERI GUWOSARI. Abdimas Dewantara, 1(1), 39–46. https://doi.org/10.30738/ad.v1i1.2289

Issue

Section

Artikel

Citation Check