Mendeley di SMP Tahfidzqu Deresan

Authors

  • Astuti Wijayanti Pendidikan IPA FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Handoyo Saputro Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Wali Saryono Pendidikan IPA FKIP UNiversitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.4295

Keywords:

Mendeley, Tahfidzqu, Karya Tulis

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berkaitan dengan pelatihan Mendeley bagi Guru di SMP Tahfidzqu Deresan Yogyakarta. Pengabdian ini dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan IPA dan Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dengan tujuan untuk: membantu kesulitan guru dalam menyusun menulis karya tulis dengan menggunakan Mendeley Pengabdian ini dilaksanakan di SMP Tahfidzqu Deresan Yogyakarta pada bulan November 2017. Pelaksanaan pelatihan mendeley berupa kegiatan workshop, diskusi dan praktik. Hasil pengabdian ini berupa produk yaitu rancangan proposal karya tulis guru

 

This community service activity was related to Mendeley's training for Teachers at Yogyakarta's Tahfidzqu Deresan Middle School. This service was carried out by the Science Education and Physics Education Study Program FKIP Sarjanawiyata Tamansiswa University with the aim of helping teachers difficulties in composing writing papers using Mendeley This service was held in Yogyakarta Tahfidzqu Deresan Middle School in November 2017. The training was in the form of workshops, discussions, and practice. The results of this service are in the form of products, namely the design of the teacher's written proposal

References

Cahyono, B., (2010). Faktor-faktor yang Memotivasi Guru dalam Menciptakan Karya Ilmiah. Jurnal Riptek, 4(2), pp. 1-10.

Kasiyan et al. (2019) ‘Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru’, Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), pp. 47–53.

Noorjannah, L., (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), pp. 97-114.

Nurhayati, A., (2015). Penguatan Kompetensi Guru Fisika MTS/SMP/MA/SMA Se-Kecamatan Ngaliyan Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kuantitas Kontributor Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Dimas, 15(2), pp. 135-150.

Suandi, I. N., (2008). Gerakan Menulis Karya Ilmiah (Sebuah Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, Volume Edisi Khusus, pp. 510-531.

Syukur, I. A., (2014). Profesionalisme Guru Dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(2), pp. 200-210.

Trisniawati, T.-, Wardani, K. and Azizah, D. M. (2018) ‘Optimalisasi Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pada Guru Sd Negeri Jetis 2 Yogyakarta’, Abdimas Dewantara, 1(1), p. 77. doi: 10.30738/ad.v1i1.2086.

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

Wijayanti, A., Saputro, H., & Saryono, W. (2020). Mendeley di SMP Tahfidzqu Deresan. Abdimas Dewantara, 3(1), 9–14. https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.4295

Issue

Section

Artikel

Citation Check