Membangun Kolegalitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran melalui LSLC

Authors

  • Dianna Ratnawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Sigit Purnomo Unversitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Nurcholish Arifin Handoyono Unversitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.4352

Keywords:

lesson study, mutu pembelajaran, guru

Abstract

Tujuan pelatihan pengabdian LSLC (Lesson Study Learning Community) yaitu (1) membentuk komunitas guru LSLC melalui tahapan bimbingan teknis yang konkret dan komprehensif di SMK Muhammadiyah Prambanan; dan (2) merefleksi hasil open class lesson study oleh guru model di SMK Muhammadiyah Prambanan. Kegiatan pengabdian berlangsung dari tanggal 12 dan 14 Juli 2018 dengan kurun waktu 14 jam pelatihan. Metode kegiatan menerapkan kolaboratif antara ceramah, pelatihan dan pendampingan. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan tingkat keberhasilan sangat tinggi dalam meningkatkan kolegalitas guru. Sedangkan hasil refleksi open class lesson study yang dilaksanakan dalam 2 kali open class menunjukkan adanya penggantian media 3D menambah motivasi siswa dalam belajar, metode problem based learning dapat menjadikan kegiatan pembelajaran menjadi student center learning, dan terdapat interaksi antara kelompok tidak hanya bertanya namun siswa menjadi aktif menyampaikan argumennya.

References

Lewis, C., Perry, R., and Hurd, J. 2004. A Deeper Look at Lesson Study. International Journal Educational Leadership. Vol 61(5). pp 18-22.

Munir. 2012. Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukirman. 2006. Peningkatan Profesional Guru Melalui Lesson Study. Makalah disampaikan pada kegiatan pelatihan 2 hari untuk fasilitator dan SISTTEMS team- Bantul Emergency Program, 11-12 Agustus 2006.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wagner, T. 2010. Overcoming The Global Achievement Gap. Cambridge, Mass., Harvard University.

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

Ratnawati, D., Purnomo, S., & Handoyono, N. A. (2020). Membangun Kolegalitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran melalui LSLC. Abdimas Dewantara, 3(1), 73–80. https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.4352

Issue

Section

Artikel

Citation Check