Pelatihan Metode Montessori dalam Pembelajaran Sains dan Matematika Bagi Anak Usia Dini

Authors

  • Ayu Rahayu
  • Nelly Rhosyida
  • Trisniawati Trisniawati

DOI:

https://doi.org/10.30738/ad.v3i2.4996

Keywords:

Montessori, sains, matematika, anak usia dini

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian mayarakat ini adalah untuk mengenalkan, mendemonstrasikan, serta mengimplementasikan metode Montessori dalam kegiatan belajar sains dan matematika bagi anak usia dini. Kegiatan dilaksanakan di Kelompok Bermain PAUD ‘Aisyiyah Mantrijeron Yogyakarta pada bulan Juli sampai dengan September 2018. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu dengan workshop pengembangan skenario pembelajaran, demonstrasi oleh tim pengabdi, dan implementasi oleh tim pengajar. Hasil menunjukkan bahwa workshop dalam bentuk diskusi dan pengembangan skenario pembelajaran dapat menambah pengetahuan guru tentang “metode Montessoriâ€. Melalui demonstrasi, guru dapat memperoleh gambaran riil apa itu metode Montessori. Melalui implementasi, guru mampu melaksanakan dengan baik metode Montessori dalam aktivitas belajar sehingga peserta didik antusias mengikuti kegiatan serta memperoleh kompetensi berinteraksi dengan lingkungan sosial.

References

Atabik, A. 2015. Prinsip dan Metode Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(2), 264-280. Kudus: IAIN Kudus.

Boentarsono, dkk. 2012. Tamansiswa: Badan Perjuangan Kebudayaan & Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Perguruan Tamansiswa Yogyakarta.

Dwi Hastuti. 2017. Melatih Keterampilan Berpikir Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Montessori. JURNAL AUDI, 1(1), 1-4. Palembang: Unsri.

Indah Fajarwati. 2014. Konsep Montessori Tentang Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, XI (1). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Lillard, A and Quest, N.E. 2006. Education Forum the Early Years: Evaluating Montessori Education. Science, 313(5795), 1893-1894. USA: University of Virginia.

Montessori, M. 1964. The Montessori Method. New York: Schocken.

Olim, A. 2010. Mencari Metode Pendidikan Karakter Untuk PAUD: Belajar Berbasis Layanan (Service Learning). Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10. Bandung: UPI.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar PAUD.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Suprahbawati, N. dan Komalasari, D. 2014. Peningkatan Kemampuan Konsep Bilangan Dengan Menggunakan Metode Montessori Untuk Anak Usia 3–4 Tahun di PPT Ananda Tandes Surabaya. PAUD Teratai, 3(3). Surabaya: UNESA.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2020-10-04

How to Cite

Rahayu, A., Rhosyida, N., & Trisniawati, T. (2020). Pelatihan Metode Montessori dalam Pembelajaran Sains dan Matematika Bagi Anak Usia Dini. Abdimas Dewantara, 3(2), 54–64. https://doi.org/10.30738/ad.v3i2.4996

Issue

Section

Artikel

Citation Check