PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • khoerul Umam UHAMKA
  • Bunyamin Bunyamin UHAMKA
  • Ervin Azhar UHAMKA
  • Said Matondang UHAMKA
  • Syaiful Rohim UHAMKA
  • Ardi Dwi Susandi UHAMKA

DOI:

https://doi.org/10.30738/ad.v5i1.9121

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Guru Matematika

Abstract

Penulisan penelitian tindakan kelas membutuhkan keterampilan khusus. Faktanya masih sangat banyak guru matematika yang belum dapat melakukan penelitian tindakan kelas. Banyak guru yang belum bisa menuliskan hasil penelitian tindakan kelasnya. Kegiatan pengabdian ini bermaksud untuk membantu guru-guru terkait dengan penelitian tindakan kelas yang banyak dikeluhkan oleh beberapa guru matematika di wilayah jabodetabek. Peserta pelatihan yaitu guru-guru matematika yang berasal dari beberapa sekolah menengah baik swasta ataupun negeri. Peserta pelatihan diundang dan mendaftar  secara online. Pelatihan dilakukan secara online dengan 3 tahapan yaitu mencari masalah, menentukan metode penelitian, dan cara menuliskan hasil penelitian tindakan kelas. Hasil kegiatan pengabdian secara online ini menunjukkan peningkatan pemahaman terkait pelaksanaan penelitian tindakan kelas bagi guru.

References

Bunyamin, B., Umam, K., & Lismawati, L. (2020). Critical Review of M-Learning in Total Quality Management Classroom Practice in an Indonesian Private University. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 14(20), 76–90. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i20.15141

Fitriani, F., Suddin, S., & Abdullahi, A. (2020). Pembelajaran Geometri Menggunakan Aplikasi Geogebra Versi Android. Jurnal SOLMA, 9(2), 270–277. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.5498

Ikram, M., Purwanto, & Parta, I. N. (2021). Analisis Terjadinya Penalaran Reversibel Untuk Kasus Invers: Studi Kasus Pada Subjek Adjie. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6635

Kosiret, A., Indiyah, F. H., & Wijayanti, D. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Islam Al-Azhar 19 Dengan menggunakan Model Pembelajaran Generatif. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 16–26. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6593

Nabilah, E., Azhar, E., Purwanto, S. E., & Nabilah, E. (2021). Kecemasan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Modelling Matematika Pada Praktek Kelas Virtual. Internatioinal Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 41–60. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6595

Ratnawati, D., Purnomo, S., & Handoyono, N. A. (2020). Membangun Kolegalitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran melalui LSLC. Abdimas Dewantara, 3(1), 73. https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.4352

Utama, A. . G. S., & Pratama, D. (2020). Pelatihan Accurate Bagi Guru SMA/SMK Se-Kabupaten Banyuwangi. Jurnal SOLMA, 9(2), 316–322. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.4892

Wijayanti, A., Saputro, H., & Saryono, W. (2020). Mendeley di SMP Tahfidzqu Deresan. Abdimas Dewantara, 3(1), 9. https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.4295

Published

2021-02-24

How to Cite

Umam, khoerul, Bunyamin, B., Azhar, E., Matondang, S., Rohim, S., & Susandi, A. D. (2021). PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Abdimas Dewantara, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.30738/ad.v5i1.9121

Issue

Section

Artikel