PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.30738/ad.v5i1.9121Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Guru MatematikaAbstract
Penulisan penelitian tindakan kelas membutuhkan keterampilan khusus. Faktanya masih sangat banyak guru matematika yang belum dapat melakukan penelitian tindakan kelas. Banyak guru yang belum bisa menuliskan hasil penelitian tindakan kelasnya. Kegiatan pengabdian ini bermaksud untuk membantu guru-guru terkait dengan penelitian tindakan kelas yang banyak dikeluhkan oleh beberapa guru matematika di wilayah jabodetabek. Peserta pelatihan yaitu guru-guru matematika yang berasal dari beberapa sekolah menengah baik swasta ataupun negeri. Peserta pelatihan diundang dan mendaftar secara online. Pelatihan dilakukan secara online dengan 3 tahapan yaitu mencari masalah, menentukan metode penelitian, dan cara menuliskan hasil penelitian tindakan kelas. Hasil kegiatan pengabdian secara online ini menunjukkan peningkatan pemahaman terkait pelaksanaan penelitian tindakan kelas bagi guru.References
Bunyamin, B., Umam, K., & Lismawati, L. (2020). Critical Review of M-Learning in Total Quality Management Classroom Practice in an Indonesian Private University. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 14(20), 76–90. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i20.15141
Fitriani, F., Suddin, S., & Abdullahi, A. (2020). Pembelajaran Geometri Menggunakan Aplikasi Geogebra Versi Android. Jurnal SOLMA, 9(2), 270–277. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.5498
Ikram, M., Purwanto, & Parta, I. N. (2021). Analisis Terjadinya Penalaran Reversibel Untuk Kasus Invers: Studi Kasus Pada Subjek Adjie. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6635
Kosiret, A., Indiyah, F. H., & Wijayanti, D. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Islam Al-Azhar 19 Dengan menggunakan Model Pembelajaran Generatif. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 16–26. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6593
Nabilah, E., Azhar, E., Purwanto, S. E., & Nabilah, E. (2021). Kecemasan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Modelling Matematika Pada Praktek Kelas Virtual. Internatioinal Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 41–60. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6595
Ratnawati, D., Purnomo, S., & Handoyono, N. A. (2020). Membangun Kolegalitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran melalui LSLC. Abdimas Dewantara, 3(1), 73. https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.4352
Utama, A. . G. S., & Pratama, D. (2020). Pelatihan Accurate Bagi Guru SMA/SMK Se-Kabupaten Banyuwangi. Jurnal SOLMA, 9(2), 316–322. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.4892
Wijayanti, A., Saputro, H., & Saryono, W. (2020). Mendeley di SMP Tahfidzqu Deresan. Abdimas Dewantara, 3(1), 9. https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.4295

Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Abdimas Dewantara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Everything related to the licensing permission or the use of computer software for the preparation of manuscripts or other matters related to intellectual property rights carried out by the author of the article, the following legal consequences that may arise due to it, are the responsibility of the author of the article.
The work is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.