Pemberdayaan perempuan melalui kerajinan tangan dan teknologi digital untuk memasarkan produk serta mengelola keuangan

Authors

  • Clara R.P. Ajisuksmo Faculty of Psychology Atma Jaya Catholic University of Indonesia, Indonesia
  • Benedicta E Prabawanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya, Indonesia
  • Caecilia A Susilandari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya, Indonesia
  • Anastasia Heni Heni Pusat Kajian Pembangunan Masyarakat, Unika Atma Jaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/ad.v5i2.9122

Keywords:

decoupage, media sosial, pemberdayaan perempuan, teknologi digital

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali kaum perempuan dengan keterampilan kerajinan tangan decoupage yang dapat dijadikan modal untuk menciptakan lapangan kerja dan membuka usaha secara berkelompok. Pelatihan ini juga ditujukan untuk membekali kaum perempuan agar mampu mengoperasikan teknologi digital Instagram sebagai media promosi dan pemasaran produk kerajinan tangan mereka, serta program Si Apik sebagai program pengelolaan keuangan berbasis Android. Untuk mencapai tujuan tersebut diselenggarakan pelatihan yang menerapkan metode tutorial, dengan memberikan tiga materi pokok yaitu, kerajinan decoupage, pemasaran online dengan menggunakan Instagram, dan pengenalan aplikasi akuntansi si Apik. Secara keseluruhan kegiatan ini diikuti oleh 36 orang ibu anggota dari organisasi Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) ranting Semplak Bogor. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa para peserta penuh semangat dan antusias untuk mengikuti seluruh tahapan pelatihan. Peserta juga merasakan manfaat langsung dari pelatihan yang dilaksanakan. Pada materi teknologi digital Instagram dan Si Apik, diperlukan waktu yang lebih lama karena peserta membutuhkan penyesuaian diri dalam mengaplikasikan kedua program digital tersebut. Selain itu, karakteristik telepon genggam masing-masing peserta yang digunakan untuk mengakses program digital dan kualitas jaringan internet di tempat pelatihan, mempunyai peranan penting dalam menentukan keberhasilan  proses pelatihan materi teknologi digital.

Author Biography

Clara R.P. Ajisuksmo, Faculty of Psychology Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Associate Professor

References

Aswiyati, I. (2016). Peran Wanita Dalam Menunjang Perekonomian Rumah Tangga Keluarga Petani Tradisional Untuk Penanggulangan Kemiskinan di Desa Kuwil Kecamatan Kalawat. Jurnal Holistik, Th. IX, (17),1-18.

Hasanah, S. (2013). Pemberdayaan Perempuan Melalui Kegiatan Ekonomi Berkeadilan (Simpan Pinjam Syariah Perempuan). Sawwa: Jurnal Studi Gender dan Anak, 9 (1), 71-88.

Kuncoro, A. & Kadar, K. (2016). Pengaruh Pemberdayaan Perempuan Dan Peningkatan Sumberdaya Ekonomi Keluarga, Buana Gender, 1 (1), 45-54.

Lestari, R.B. (2010). Pemberdayaan Wanita Melalui Teknologi Informasi (Sebuah Kajian Pustaka). Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010), 19 Juni 2010, A75-A-78. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia

Susilawati, D. (21 Mei 2020). Teknologi Digital Berperan Dalam Memberdayakan Perempuan. Perempuan Tetap Berdaya di Era Teknologi Digital. Republika, https://www.republika.id/ posts/6881/teknologi-digital-berperan-dalam-memberdayakan-perempuan

Utama, A. & Handayani, T. H. W. (2014). Model Pemberdayaan Perempuan Miskin Melalui Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal di Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten, Jurnal Penelitian Humaniora, 19, (2), 154-167

Downloads

Published

2022-11-26

How to Cite

Ajisuksmo, C. R., Prabawanti, B. E., Susilandari, C. A., & Heni, A. H. (2022). Pemberdayaan perempuan melalui kerajinan tangan dan teknologi digital untuk memasarkan produk serta mengelola keuangan. Abdimas Dewantara, 5(2), 211–223. https://doi.org/10.30738/ad.v5i2.9122

Issue

Section

Artikel

Citation Check