Pendampingan Pembelajaran Media Online di Bimbel Gama UI
DOI:
https://doi.org/10.30738/ad.v4i2.9312Keywords:
Online Learning, learning process, ZoomAbstract
Pengajar harus memiliki keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran berbasis online yang akan membantu proses pembelajaran di kelas. Salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran online adalah Zoom dan Google Meets. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Pengajar (Karyawan) di Bimbingan Belajar Gama UI Duren Tiga, Jakarta Selatan dalam menggunakan media pembelajaran online, yang dilaksanakan pada Bulan Maret Sampai Dengan Juli tahun 2020. Metode dalam kegiatan ini adalah wawancara dan penyuluhan secara daring kepada mitra. Dalam kegiatan pelatihan ini melibatkan 20 orang Pengajar dari Bimbingan Belajar Gama UI, satu mahasiswa, dan tiga orang dosen dari jurusan Teknik Industri di Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Hasil pelatihan media pembelajaran online ini sangat bermanfaat bagi para pengajar (karyawan) Lembaga Bimbingan Belajar Gama UI Duren Tiga karena dapat meningkatkan kemampuan, pengetahuan, wawasan dan motivasi karyawan dalam mempelajari Edukasi media pembelajaran online.
Kata Kunci: Online Learning, learning process, Zoom
References
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.
Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah: Buletin Hukum Dan Keadilan, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.15408/adalah.v4i1.15394
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ENREKANG Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Edupsycouns, 2(1), 1–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2021 Abdimas Dewantara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Everything related to the licensing permission or the use of computer software for the preparation of manuscripts or other matters related to intellectual property rights carried out by the author of the article, the following legal consequences that may arise due to it, are the responsibility of the author of the article.
The work is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.