Analisis Perwilayahan Komoditas Kacang Tanah di kabupaten Gunungkidul

Authors

  • Satrio Bagus Pambudi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ari Astuti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Susi Widiatmi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Keywords:

location quotient, lokalisasi, spesialisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Komoditas kacang tanah merupakan komoditas basis di Kabupaten Gunungkidul atau tidak. (2) Komoditas kacang tanah di Kabupaten Gunungkidul terkonsentrasi pada suatu wilayah atau tidak. (3) Komoditas kacang tanah di Kabupaten Gunungkidul dispesialisasikan atau tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, metode pengambilan contoh dilakukan dengan cara sengaja (purposive method). Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Gunungkidul dengan metode pengumpulan data melalui studi dokumen yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Indonesia, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Disperta) Kabupaten Gunungkidul, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gunungkidul dan studi pustaka. Data yang digunakan adalah data sekunder. Analisis data menggunakan analisis LQ, lokalisasi, spesialisasi, dan metode deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kabupaten Gunungkidul bukan merupakan wilayah basis komoditas kacang tanah pada tahun 2014-2019 dan Kabupaten Gunungkidul tidak dapat memenuhi kebutuhan komoditas kacang tanah untuk wilayah sendiri secara mandiri. 2) Komoditas kacang tanah di Kabupaten Gunungkidul dalam penyebarannya tidak terkonsentrasi pada suatu wilayah.  3) Komoditas kacang tanah di Kabupaten Gunungkidul tidak menspesialisasikan atau mengkhususkan pada usahatani komoditas kacang tanah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Pambudi, S. B., Astuti, A. ., & Widiatmi, S. (2023). Analisis Perwilayahan Komoditas Kacang Tanah di kabupaten Gunungkidul. Jurnal Ilmiah Agritas, 5(1). Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/agritas/article/view/14587

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>