ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOPI KAPAL API DI KOTA YOGYAKARTA

Authors

  • Rosita Tri Astuti Agribisnis
  • Ignatius Suprih Sudrajat
  • Ari Astuti

Keywords:

perilaku konsumen, keputusan pembelian.

Abstract

Intisari: Peningkatan konsumsi kopi di Indonesia didukung dengan pola masyarakat yang gemar dalam mengonsumsi kopi, dan ditunjang dengan harga yang terjangkau,  kepraktisan dalam penyajian (instan) serta keragaman rasa/citarasa yang sesuai dengan selera konsumen. Salah  satu  industri kopi adalah kopi merek Kapal Api. Kopi merek ini cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Hal itu dapat dilihat dari terpilihnya Kopi Kapal Api dalam Top Brand kategori kopi bubuk berampas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi terhadap keputusan pembelian produk kopi Kapal Api di Kota Yogyakarta. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 50 orang, metode yang digunakan yaitu accidental random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuisioner dan metode analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa variabel budaya, sosial, pribadi dan psikologi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen dalam keputusan pembelian. Faktor budaya dan sosial secara individual tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Faktor pribadi dan psikologi secara individual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kurniawan, Ardietya dan M.R., Ridlo. 2016. â€Perilaku Konsumtif Remaja Penikmat Warung Kopiâ€. Jurnal Sosiologi DILEMA, Vol. 32, No. 1.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Published

2020-03-03

How to Cite

Astuti, R. T., Sudrajat, I. S., & Astuti, A. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOPI KAPAL API DI KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Ilmiah Agritas, 3(1), 1–8. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/agritas/article/view/7166

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>