ANALISIS PEMASARAN PADI ( Oryza sativa L.) DI KABUPATEN PATI

Authors

  • Akbar Nugroho
  • Ignatius Suprih Sudrajat
  • Susi Widiatmi

Keywords:

Padi, Saluran Pemasaran, Margin.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran dan lembaga pemasaran padi serta faktor yang mempengaruhi margin pemasaran padi di Kabupaten Pati. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Pati pada tahun 2017. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan kriteria tertentu yang disesuaikan dengan tujuan penelitian. Sedangkan metode pengambilan sampel digunakan purposif sampling untuk sampel kecamatan, simple random sampling  untuk sampel desa dan petani serta snowball sampling untuk sampel pedagang dengan jumlah petani sampel 60 orang dan pedagang 23 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda dan Uji F statistik. Dari hasil penelitan menunjukkan bahwa terdapat lima lembaga dan lima saluran pemasaran padi di Kabupaten Pati, yaitu (I) produsen – Pedagang Pengepul- Pedagang Besar- Pedagang Pengecer - Konsumen Akhir, (II) Produsen – Pedagang penebas – Pedagang pengecer – Konsumen Akhir, (III) Produsen – Pedagang Penebas – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir, (IV) Produsen – Pedagang Penebas – Pedagang Pengepul – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir, (V) Produsen – Pedagang Penebas – dijual keluar kota. Margin Pemasaran yang dihasilkan menyebar tidak merata yaitu pada saluran 1 sebesar Rp.6.345,-, saluran 2 Rp.6.375,- , saluran 3 sebesar Rp.6.489,- saluran 4 sebesar Rp.7.043,- dan pada saluran 5 margin pemasaran tidak dapat diketahui karena dijual ke luar kabupaten. Sedangkan hasil analisis menggunakan uji F statistik menunjukan bahwa keseluruhan variabel berpengaruh nyata terhadap margin pemasaran. Nilai koefisien determinasi (R-square atau R2) sebesar 0,417 artinya sebesar 41,7% margin pemasaran di pengaruhi oleh variabel independen yang meliputi harga volume penjualan, harga tingkat produsen, harga tingkat konsumen, biaya pemasaran dan jumlah lembaga pemasaran secara bersama – sama. Sedangkan sisanya 58,3 % dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dikarenakan pemasaran padi memiliki banyak variabel yang mempengaruhinya. Pengujian secara individual menggunakan uji t statistik menghasilkan bahwa volume penjualan, harga jual produsen, harga ditingkat konsumen, biaya pemasaran dan jumlah lembaga pemasaran secara serempak berpengaruh nyata (signifikan) terhadap variabel dependen harga ditingkat konsumen (X3) dan biaya pemasaran  (X4) secara parsial berpengaruh nyata (signifikan) terhadap variabel dependen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astawan, 2004. Budidaya Padi. (Online). Tersedia : http://web.php.htm. Diakses pada 28 Agustus 2017 jam 15.25

BPS. (2018). Kabupaten Pati dalam Angka 2017. (Online). Tersedia : https://patikab.bps.go.id/, Diakses pada 27 September 2018.

BPS. (2015). Provinsi Jawatengah dalam Angka 2015. (Online). Tersedia : https://jateng.bps.go.id/, Diakses pada 16 Mei 2017.

Dahl, D.C. and Hammond. 1987. Market and Price Analysis. New York: The Agricultural Industries. Mc. Graw – Hill Inc.

Kottler, P. & Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran. Ed 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

Limbong, W.M dan P. Sitorus. 1987. Pengantar Tataniaga Pertanian. Bahan Kuliah Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor: Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Soekartawi. 2010. Agribisnis: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali.

Sudiyono, Armand. 2001. Pemasaran Pertanian. Malang: UMM Press.

Published

2020-03-03

How to Cite

Nugroho, A., Sudrajat, I. S., & Widiatmi, S. (2020). ANALISIS PEMASARAN PADI ( Oryza sativa L.) DI KABUPATEN PATI. Jurnal Ilmiah Agritas, 3(1), 19–28. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/agritas/article/view/7172

Issue

Section

Artikel

Citation Check