Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  • File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  • Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  • Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  • Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  • Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.

Author Guidelines

JUDUL (TNR 12)

Judul makalah harus ringkas dan informatif. Hindari singkatan dan rumus jika memungkinkan. Bagian ini harus ditulis dengan jelas dan ringkas menggambarkan isi penelitian. Jumlah kata maksimal 14.

TITLE (TNR 12)

The title must be informative and brief. Avoid abbreviation and formula if possible. this section must be written clearly and brief to describe the content. Max 10 words.

Penulis pertama1*), Penulis kedua2) dan Penulis ketiga3) (TNR 12)

Naskah memiliki penulis utama dan penulis bersama. Nama penulis tidak boleh berisi gelar atau peringkat akademik. Tunjukkan kepada penulis yang sesuai dengan jelas untuk menangani semua tahap pra-publikasi dan pasca publikasi. Terdiri dari penulis nama lengkap dan penulis bersama. Penulis yang sesuai adalah orang yang bersedia menangani korespondensi di semua tahap pra-publikasi dan publikasi, juga pasca publikasi.

ABSTRAK (TNR 12)

Abstrak muncul setelah halaman judul dalam naskah. Abstrak harus terintegrasi dan independen yang terdiri dari pengenalan dan tujuan, metode, hasil, kesimpulan dan saran. Namun abstrak harus ditulis sebagai paragraf tunggal tanpa header ini. Untuk alasan ini, Referensi harus dihindari. Juga, singkatan non-stSaudarar atau tidak biasa harus dihindari, tetapi jika penting mereka harus didefinisikan pada penyebutan pertama mereka dalam abstrak itu sendiri. Abstrak harus ditulis menggunakan 150 hingga 200 kata yang tidak memiliki referensi dan kata kunci yang disertai. Spasi 1.

KATA KUNCI (TNR 12)

Kata kunci harus menghindari istilah umum dan jamak dan beberapa konsep. Jangan gunakan kata-kata atau istilah dalam judul sebagai kata kunci. Kata kunci ini akan digunakan untuk tujuan pengindeksan. Kata kunci tidak boleh lebih dari 5 kata atau frasa dalam urutan alfabet. Spasi 1.

ABSTRACT (TNR 12)

The abstract comes after title page in the manuscript. Abstract must be integrated and independent which is consist of introduction and purpose, methods, results, conclusion and suggestion. However the abstract should be written as a single paragraph without these headers. For this reason, References should be avoided. Also, non-stSaudarard or uncommon abbreviations should be avoided, but if essential they must be defined at their first mention in the abstract itself. Abstract must be written using 150 until 200 words which has no reference and accompanied keywordsSpace 1.

KEYWORDS (TNR 12)

The keywords should be avoiding general and plural terms and multiple concepts. Do not use words or terms in the title as keywords. These keywords will be used for indexing purposes. Keywords should not more than 5 words or phrases in alphabetical order. Space 1.

PENDAHULUAN (TNR 12)

Nyatakan tujuan pekerjaan dan berikan latar belakang yang memadai, hindari penulisan literatur yang sama dengan sumber atau ringkasan hasilnya. Jelaskan bagaimana Saudara mengatasi masalah dan dengan jelas menyatakan tujuan penulisan.  Pendahuluan ditulis menggunakan 750 hingga 1000 kata. Spasi 1,5.

METODE PENELITIAN (TNR 12)

Pada bagian ini harus menyebutkan waktu dan tempat penelitian pada bagian pertama. Bahan dan metode untuk analisis dan desain eksperimental harus dinyatakan dengan jelas dan singkat. Nyatakan tujuan penelitian dan berikan latar belakang yang memadai, hindari penulisan literatur yang sama dengan sumber atau ringkasan hasilnya. Bagian teori harus diperluas, tidak diulang, dan latar belakang artikel yang sudah ditulis dalam pendahuluan dapat digunakan sebagai dasar untuk pekerjaan lebih lanjut. Bagian perhitungan mewakili perkembangan praktis dari dasar teoritis. Pada bab ini ditulis menggunakan 400 hingga 600 kata. Spasi 1,5.

HASIL DAN PEMBAHASAN (TNR 12)

Bagian ini harus disajikan mulai dari hasil utama sampai hasil pendukung dan dilengkapi dengan pembahasan. Satuan pengukuran yang digunakan harus mengikuti sistem internasional yang berlaku. Hasil dan pembahasan harus ditulis menggunakan 2500 hingga 3000 kata. Spasi 1,5.

KESIMPULAN (TNR 12)

Kesimpulan harus jelas, singkat dan padat. Kesimpulan berisi rangkuman hasil penelitian yang dilakukan. Saran yang ditempatkan setelah kesimpulan berisi rekomendasi untuk penelitian selanjutnya. Kesimpulan dan saran harus ditulis menggunakan 40 hingga 80 kata. Spasi 1,5.

DAFTAR PUSTAKA (TNR 12)

Penulis harus menggunakan alat referensi seperti Mendeley. Semua referensi yang disebutkan harus ditulis dalam referensi menggunakan gaya American Psychological Association (APA) dan diatur dari A hingga Z. Artikel memiliki 10 tahun referensi terbaru dan 70% adalah jurnal. 

Contoh:

1. Jurnal

Afni RA. 2012. Pengaruh lama pengukusan dan cara penanakan beras pratanak yang direndam dalam air pada konsentrasi dan lama penyimpanan yang berbeda. Jurnal Pertanian. 9(2): 46-54p.

Gao M, Li J, and Zhang X. 2012. Responses of soil fauna structure and leaf litter decomposition to effective microorganism treatments in da hinggan mountains, china. Chinese Geographical Science 22(6):647-658p.

2. Proseding

Rohaeni, W.R., Susanto, U., Wening, R.H., & Dalimunthe, S.R. (2015). Evaluasi karakter agronomis galur-galur padi tadah hujan generasi lanjut. Prosiding Seminar Nasional Padi,  “Pertanian berkelanjutan mendukung kedaulatan pangan nasional, Medan 3 Desember 2015.

3. Buku Teks

Qurrohman, B.F.T. (2017). Formulasi nutrisi hidroponik AB mix dengan aplikasi MS Excel dan Hydrobuddy. Yogyakarta: Plantaxia.

Nurmala, T., A. D. Suyono, A. Rodzak, T. Suganda, S. Natasasmita, T. Simarmata, E. H. Salim, Y. Yuwariah, T. P. Sendjaja, S. N Wiyono, & S. Hasani. (2012). Pengantar ilmu pertanian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

4. Bab dalam Buku Teks

Preiss, J., & M. N. Sivak. (1996). Starch synthesis in sinks and sources. In E. Zamski & A .A. Schaffer (Eds). Photoassimilate distribution in plants and crops; Source-sink relationships. pp. 98-135. New York, USA: Marcel Dekker.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.