The effect of Professional Ethics, Auditor Experience, and Auditor Independence on Auditor Performance with Auditor Professional Skepticism as a Mediating Variable

Isi Artikel Utama

Tika Dwi Permata Sari

Abstrak

Riset ini mempunyai tujuan dalam menelusuri pengaruh etika profesi, pengalaman, dan independensi auditor kepada kinerja auditor dengan skeptisisme professional auditor selaku variable mediasi di Kantor Akuntan Publik Kota Malang yang tertera pada Otoritas Jasa Keuangan. Jenis riset ini ialah riset kuantitatif dengan pendekatan kausal. Sedangkan sumber data dari riset ini didapatkan dari hasil penyebaran angket di Kantor Akuntan Publik di Kota Malang. Angket di ukur dengan mempergunakan skala Likert lima poin yang di nilai dari sangat setuju sampai sangat tidak setuju. Metode penarikan sampel mempergunakan purposive sampling dengan menentukan kriteria khusus dalam pengambilan sampel. Teknik analisa data yang dipergunakan ialah analisa path. Hasil dari riset membuktikan bahwa skeptisisme professional auditor memediasi pengalaman dan independensi auditor sehingga dapat berpengaruh signifikan dan positif kepada kinerja auditor di Kantor Akuntan Publik di Kota Malang. Perihal ini menunjukkan bahwa makin baik pengalaman dan independensi sehingga dapat meningkatkan kinerja auditor secara tidak langsung yang dimediasi oleh skeptisisme professional auditor.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Permata Sari, T. D. (2022). The effect of Professional Ethics, Auditor Experience, and Auditor Independence on Auditor Performance with Auditor Professional Skepticism as a Mediating Variable. AKUNTANSI DEWANTARA, 6(2), 29–41. https://doi.org/10.30738/ad.v6i2.13006
Bagian
Artikel

Referensi

Abdul, H. (2015). Auditing: Dasar-dasar Audit Laporan Keuangan. Yogyakarta: Unit Penerbit.

Anggriawan, E. F. (2014). Pengaruh Pengalaman Kerja, Skeptisisme Profesional, dan Tekanan Waktu.

Budiartha, D. A. (2017). Pengaruh Etika Profesi dan Komitmen Profesional Auditor Terhadap Kinerja Auditor dengan Skeptisisme Profesional sebagai Pemediasi.

Desmita, T. N. (2020). Pengaruh Profesionalisme dan Etika Profesi terhadap Kinerja Auditor.

Nugraha, I. B. (2015). Pengaruh Profesionalisme, Etika Profesi dan Pengalaman Auditor Terhadap Kinerja Auditor pada Kantor Akuntan Publik. Jurnal AKuntansi Unversitas Udayana.

Primasari. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Wajib Pajak Orang Pribadi yang melakukan Pekerjaan Bebas. Jurnal akuntansi dan keuangan vol. 5 no.2.

Sahana, S. (2020). Pengaruh Independensi, Pengalaman Kerja, dan Kode Etik terhadap Kinerja Auditor.

Sari, R. P. (2020). Pemeriksaan Akuntansi Berbasis Internasional Standards on Auditing (ISA).

Singgih, E. d. (2010). Pengaruh Indepensednsi Pengalaman, Due Profesional Care dan Akuntabilitass Terhadap Kualitas Asudit: Studi pada Auditor di KAP "Big Four" di Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi XIII.

Sunyoto, D. H. (2018). Pengaruh Motivasi, Pengalaman dan Komitmen Auditor terhadap Kinerja Auditor.

Trinaningsih, S. (2007). Independensi Auditor dan Komitmen Organisasi Sebagai Mediasi Pengaruh Pemahaman Good Governance, Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Auditor. Jurnal Simposium Nasional Akuntansi X.

Yoseva, M. S. (2021). Pengaruh Etika Profesi, Independensi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Auditor (Pada Kantor Akuntan Publik di Daerah Jakarta Selatan).