Pengaruh Thin Capitalization dan Karakter Eksekutif Dengan Kepemilikan Institusional Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Penghindaran Pajak dalam Perspektif Corporate Life Cycle

Penulis

  • Muhammad Fikkih Abdillah
  • Nur Wachidah Yulianti Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26460/ad.v5i1.9523

Kata Kunci:

Thin Capitalization, Karakter Eksekutif, Kepemilikan Institusional, Corporate Life Cycle, Penghindaran Pajak.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh thin capitalization dan karakter eksekutif terhadap penghindaran pajak dalam perspektif corporate life cycle. Penelitian ini juga menguji apakah kepemilikan institusional dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh thin capitalization dan karakter eksekutif terhadap penghindaran pajak.

Penelitian ini menggunakan data sekuder dengan melihat laporan keuangan perusahaan syariah yang terdaftar di Jakarta Islamic Index 70 (JII70) selama periode 2018-2019. Sampel tersebut diseleksi menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 75 sampel yang kemudian dikelompokkan berdasarkan corporate life cycle. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis dengan menggunakan alat analisis data SPSS 25.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap mature thin capitalization berpengaruh terhadap penghindaran pajak, sementara karakter eksekutif tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Serta kepemilikan institusional merupakan variable pemoderasi antara thin capitalization dengan penghindaran pajak. Sedangkan pada tahap decline hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter eksekutif berpengaruh terhadap penghindaran pajak, sementara thin capitalization tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Serta kepemilikan institusional merupakan variable pemoderasi antara karakter eksekutif dengan penghindaran pajak.

Biografi Penulis

Muhammad Fikkih Abdillah

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Nur Wachidah Yulianti, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Dosen Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Unduhan

Diterbitkan

06-05-2021