PUEBI DARING SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN EJAAN BAHASA INDONESIA DI SMAN 1 TUNJUNGAN

Authors

  • Intan Nur Ngazizah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/caraka.v8i2.10597

Keywords:

PUEBI, Daring, Kesalahan, Ejaan, Siswa

Abstract

ABSTRAK
Sebagian siswa SMAN 1 Tunjungan belum mampu menggunakan ejaan yang benar dalam menulis. Padahal penggunaan ejaan digunakan sebagai pedoman menulis siswa, seperti menulis karya ilmiah ataupun karya non fiksi. Masalah ini akan berpengaruh terhadap nilai siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Maka penelitian memiliki tujuan untuk mendiskripsikan kemampuan siswa dalam penggunaan ejaan bahasa Indonesia dan PUEBI Daring sebagai alternatif pembelajaran ejaan bahasa Indonesia di SMAN 1 Tunjungan. Penelitian menggunakan metode pengambilan data dengan wawancara dan studi pustaka. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian bahwa PUEBI Daring sebagai pedoman ejaan bahasa Indonesia memiliki peran yang begitu penting untuk siswa, karena siswa dapat mempelajari ejaan bahasa Indonesia dengan benar sesuai kaidah kebahasaan. PUEBI Daring bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa atau pengguan PUEBI, dengan bentuk mudah diakses tanpa harus mengunduhnya dalam bentuk file.

 

ABSTRAC
Some students of SMAN 1 Tunjungan have not been able to use correct spelling in writing. Even though the use of spelling is used as a guideline for students' writing, such as writing scientific works or non-fiction works. This problem will affect students' scores in Indonesian subjects. So the research has the aim of describing the students' ability in using Indonesian spelling and PUEBI Online as an alternative to learning Indonesian spelling at SMAN 1 Tunjungan. Using data collection methods by interview and literature study. This research uses a qualitative approach and descriptive research type. The results of the research show that PUEBI Online as a guide for Indonesian spelling has a very important role for students, because students can learn Indonesian spelling correctly according to language rules. PUEBI Online aims to increase students' reading interest or PUEBI users, in an easily accessible form without having to download it in the form of a file.

References

Anto, P., Andrijanto, M. S., & Akbar, T. (2017). Perancangan buku pedoman umum ejaan bahasa Indonesia sebagai media pembelajaran di sekolah. Jurnal Desain, 4(02), 9299.

CAHYANI, N. A. (t.t.). ANALISIS PERBEDAAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN (EYD) DENGAN PEDOMAN UMUM EJAAN BAHASA INDONESIA (PUEBI).

Fajarya, N., & Umar, A. (2017). Analisis kesalahan penggunaan ejaan dalam karangan narasi siswa kelas X SMA swasta taman siswa Binjai tahun pembelajaran 2016/2017. Basastra, 6(2), 7079.

Fitri, R., & Educenter, T. I. (2017). Buku Pembahasan Terlengkap PUEBI. Ilmu Cemerlang Group.

Haniah, M. (2018). Panduan Terlengkap PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). LAKSANA.

Hidayah, N. (2016). Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Garudhawacana.

Himawan, R., Fathonah, E. N., Heriyati, S., & Maslakhah, E. N. I. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik pada Karangan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMPIT Ar-Raihan Kabupaten Bantul. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(1), 19.

Humairoh, S., & Damayanti, M. I. (t.t.). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Narasi Bermedia Film Animasi Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Indonesia & Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Pedoman umum ejaan bahasa Indonesia.

indonesia, kementrian pendidikan dan kebudayaan republik, & badan pengembangan dan pembinaan bahasa. (20-04-20021). KBBI Draing. kbbi.kemdikbud.go.id. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Daring

ivanlanin. (t.t.). PUEBI DARING. puebi.readthedocs.io. Diambil 9 Desember 2020, dari https://puebi.readthedocs.io/en/latest/

Kari, A. (t.t.). Kesalahan Penggunaan Ejaan dan Pemilihan Kata pada Karangan Siswa Kelas Vb SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kusmana, S., Kuntarto, E., Suhartono, S., & Boeriswati, E. (2018). Cerdas Berbahasa: Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi.

May Vitha Rahmadhani, S., & Narudin, S. (2019). CEMERLANG BERBAHASA INDONESIA: UNTUK PERGURUAN TINGGI. Penerbit Qiara Media.

Mijianti, Y. (2018). Penyempurnaan Ejaan Bahasa Indonesia. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1).

Pupu, S. R. (2009). Penelitian Kualitatif. Jurnal Eqiulibrum, 5(9).

Rahman, A. A., Handayani, S. R., Ningrum, D., & Hudaya, A. P. (2019). IMPROMPTU SPEECHUNTUK KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PENGGUNAAN PUEBI YANG LEBIH BAIK. Seminar Internasional Riksa Bahasa.

Silalahi, D. A. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapitaldan Tanda Baca Berbasis PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) pada Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Tim Halam Moeka. (t.t.). Download Pedoman Umum Ejaan Bahsa Indonesia (PUEBI ). Diambil 30 Juni 2021, dari https://images.app.goo.gl/iajHFmvEP3AFcbZ17

Tugiati, T., & Kuntoro, K. (2019). PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA SESUAI PUEBI UNTUK KEPENTINGAN PENULISAN PERANGKAT PEMBELAJARAN. 325327.

Wahyuni, U., & Sari, M. M. (2020). KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN DALAM KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 125135.

Downloads

Published

2022-06-26

How to Cite

Ngazizah, I. N. (2022). PUEBI DARING SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN EJAAN BAHASA INDONESIA DI SMAN 1 TUNJUNGAN. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajarannya, 8(2), 120–138. https://doi.org/10.30738/caraka.v8i2.10597

Issue

Section

Artikel

Citation Check