ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA BUKU AJAR MAHASISWA PRODI ANAFARMA SEMESTER 5

Authors

  • Nur’aini Rahmajunida Johan politeknik kemenkes jakarta 2, Indonesia
  • Yovani Nur Aisyah Bahar Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II, Indonesia
  • Nur Irwansyah Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/caraka.v8i2.11844

Abstract

Bahasa merupakan alat yang digunakan untuk mengungkapkan suatu ide, gagasan, dan informasi seseorang kepada orang lain. Salah ejaan dapat menyebabkan kesalahpahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan ejaan yang mencakup kesalahan pemakaian huruf, kesalahan penulisan kata, kesalahan tanda baca, dan kesalahan penulisan unsur serapan pada buku ajar mahasiswa prodi Anafarma semester 5. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian yang menekankan pada pendeskripsian hasil penelitian yang telah didapatkan melalui analisis isi pada sebuah objek. Hasil analisis penelitian ini ditemukan 371 data kesalahan penggunaan ejaan. Kesalahan paling banyak ditemukan pada kesalahan pemakaian: huruf miring, huruf kapital dan tanda titik.

Kata Kunci: Kesalahan ejaan, Buku ajar

Author Biographies

Nur’aini Rahmajunida Johan, politeknik kemenkes jakarta 2

Program Studi Analisis Farmasi dan Makanan

Yovani Nur Aisyah Bahar, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II

Program Studi Analisis Farmasi dan Makanan

Nur Irwansyah, Universitas Indraprasta PGRI

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Downloads

Published

2022-06-26

How to Cite

Johan, N. R., Bahar, Y. N. A., & Nur Irwansyah. (2022). ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA BUKU AJAR MAHASISWA PRODI ANAFARMA SEMESTER 5. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajarannya, 8(2), 62–76. https://doi.org/10.30738/caraka.v8i2.11844

Issue

Section

Artikel

Citation Check