Penerapan pendidikan karakter profil Pelajar Pancasila dalam Buku Bahasa Indonesia SMP kelas VII

Authors

  • Nanda Dewi Saputri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Desy Rufaidah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Regine Aguilar Principe Famy National Integrated High School, Philippines

DOI:

https://doi.org/10.30738/caraka.v9i2.14649

Keywords:

Buku Teks, Profil Pelajar Pancasila, Penerapan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan penerapan profil pelajar Pancasila (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, (2) berkebhinekaan global, (3) bergotong royong, (4) mandiri, (5) bernalar kritis, (6) kreatif. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat, paragraf, dan wacana yang menunjukkan penerapan profil pelajar Pancasila. Sumber data dalam penelitian ini berupa buku Bahasa Indonesia SMP kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa      semua dimensi kunci profil pelajar Pancasila diterapkan dalam buku Bahasa Indonesia SMP kelas VII. Penerapan profil pelajar Pancasila tercemin pada teks cerita, materi, penugasan, apersepsi, dan penutup pembelajaran.

 

Implementation of character education profile of Pancasila Students in Indonesian Language Book of Junior High School Grade VII

 

Abstract: This study aims to describe and explain the application of Pancasila student profiles (1) have faith, fear of God Almighty, and have noble character, (2) global diversity, (3) work together, (4) independent, (5) critical reasoning, (6) creative. The data in this study are in the form of words, phrases, sentences, paragraphs, and discourses that show the application of the Pancasila student profile. The source of the data in this study was an Indonesian language book for grade VII junior high school. The results showed that all the key dimensions of the Pancasila student profile were applied in class VII Indonesian Middle School books. The application of Pancasila student profiles is reflected in story texts, materials, assignments, apperceptions, and closing lessons.

References

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.

Irawati, D., Muhamad Iqbal, A., Hasanah, A., & Samsul Arifin, B. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Kahfi, A. (2022). Implementasi profil Pelajar Pancasila dan implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. Dirasah-Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 5(2), 138–151.

Kurniasih, I. (2022). A-Z Merdeka belajar. Jakarta: Kata Pena.

Kurniastuti, R., Nuswantari, & Feriandi, Y. A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila sebagai salah satu bentuk pendidikan karakter pada siswa SMP. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 445–451.

Milles, M. B., & Huberman, A. , M. (2014). Analisis data kualitatif. Jakarta: IU-Press.

Rochmiyati, S. (2017). Mengembangkan karakter siswa dalam pembelajaran bahasa dengan model personal-kooperatif. Caraka, 3(2), 1–15.

Rochmiyati, S., & Rufaidah, D. (2018). Telaah teknik dan bentuk penilaian dalam buku teks siswa bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013. SOSIOHUMANIORA, 4(2), 171–180. DOI: https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.3060

Rufaidah, D., Rochmiyati, S., & Putro, D. B. W. (2021). Penerapan karakter sosial dalam buku bahasa Indonesia Kurikulum 2013 untuk Siswa SMP. Indonesian Language Education and Literature, 7(1), 1–15. DOI: https://doi.org/10.24235/ileal.v7i1.5464

Wicaksono, Y. P. (2022). Keefektifan media pembelajaran film untuk meningkatkan pembelajaran BIPA tingkat awal dan menengah. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(4), 876. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i4.1023 DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v7i4.1023

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Saputri, N. D., Rufaidah, D., & Principe, R. A. (2023). Penerapan pendidikan karakter profil Pelajar Pancasila dalam Buku Bahasa Indonesia SMP kelas VII. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajarannya, 9(2), 133–146. https://doi.org/10.30738/caraka.v9i2.14649

Issue

Section

Artikel

Citation Check