PENERAPAN TEKNIK CLUSTERING BERBANTUAN MEDIA NEARPOD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI

Authors

  • Berliana Permatasari Pratomo Sarjanawiyata Tamansiswa University, Indonesia
  • Sintowati Rini Utami Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Lita Lestari SMP Labschool Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/caraka.v10i1.15951

Keywords:

keterampilan menulis teks deskripsi, teknik clustering, media nearpod

Abstract

Keterampilan menulis teks deskripsi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan teknik clustering berbantuan media Nearpod dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Labschool Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Subjek penelitian adalah 34 siswa kelas VII-C SMP Labschool Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, yang melibatkan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik clustering berbantuan media Nearpod dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-C SMP Labschool Jakarta. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan nilai menulis teks deskripsi siswa dari 66,4 pada siklus I, 75,4 pada siklus II, dan 88,9 pada siklus III. Selain itu, hasil observasi menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam menulis teks deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa teknik clustering berbantuan media Nearpod merupakan salah satu strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa.

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Refika Aditama.

Ami, R. A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod. Bahtera Indonesia, 135–148.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.

Aslami, R., & Fitriyah, M. (2022). Penggunaan Aplikasi Nearpod dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII MTs Negeri 3 Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023Penggunaan Aplikasi Nearpod dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII MTs Negeri 3 Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023. Prosiding Samasta, 415–426.

Dalman, H. (2016). Keterampilan Menulis. Raja Grafindo Persada.

Feri, A., & Zulherman, Z. (2021). Development of Nearpod-based e Module on Science Material “Energy and Its Changes” to Improve Elementary School Student Learning Achievement. International Journal of Education and Learning, 165–174.

Hernowo. (2003). Quantum Writing: Cara Cepat dan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Menulis. MLC.

Kemdikbud. (2013). ). Kurikulum 2013: Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Kemendikbud.

Lilis. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Teknik Clustering dengan Media Foto Jurnalistik. Jurnal Wahana Pendidikan, 6, 60–65.

Nurunnada, H., Rati, A. K., Inwanti, S. N., Faturrohman, H., Murtini, T., & Kondang, E. V. (2023). 11 Implementasi Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Pancasila. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(11), 100–105. https://doi.org/10.5281/zenodo.10211978

Putri, T. K. W., Wicaksono, Y. P., & Yusoh, R. (2022). Efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia berbasis media Youtube pada masa pembelajaran online. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajarannya, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.30738/caraka.v9i1.13514

Semi, A. M. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Angkasa.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wangi, E., & Pujosusanto, A. (2016). PENGGUNAAN TEKNIK CLUSTERING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAHASA JERMAN SISWA KELAS X1 BAHASA SMAN 1 GEDANGAN.

Wicaksono, Y. P. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Film untuk Meningkatkan Pembelajaran BIPA Tingkat Awal dan Menengah. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(4), 876. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i4.1023

Published

2023-12-30

How to Cite

Pratomo, B. P., Utami, S. R., & Lestari, L. (2023). PENERAPAN TEKNIK CLUSTERING BERBANTUAN MEDIA NEARPOD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI . Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajarannya, 10(1), 195–205. https://doi.org/10.30738/caraka.v10i1.15951

Issue

Section

Artikel

Citation Check