SIKAP BAHASA GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 PEUSANGAN

Authors

  • Nia Astuti PBI, FKIP, Universitas Almuslim, Indonesia
  • Nur Indah Sholikhati PBI, FIB, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Rizana PBI, FKIP, Universitas Almuslim, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/caraka.v10i1.16130

Keywords:

sikap bahasa, guru, siswa, pembelajaran bahasa Indonesia

Abstract

Sikap bahasa timbul karena adanya penggunaan dua bahasa atau lebih dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan sikap bahasa guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Peusangan. Kajian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiolinguistik. Data dalam penelitian ini adalah kata, kalimat yang diucapkan guru dan siswa, sedangkan sumber data yaitu percakapan guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode simak yang dilanjutkan dengan teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik padan dengan daya pilah unsur penentu dan teknik hubung banding menyamakan dan hubung banding membedakan. Pengecakan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber, metode dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 20 data, terdiri dari 4 data sikap bahasa positif dan 16 data sikap bahasa negatif. Hasil penelitian menunjukkan sikap bahasa guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Peusangan adalah negatif.

Author Biographies

Nia Astuti, PBI, FKIP, Universitas Almuslim

Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Nur Indah Sholikhati, PBI, FIB, Universitas Jenderal Soedirman

Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia

Rizana, PBI, FKIP, Universitas Almuslim

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Akbar, A. (2017). Sikap Bahasa dan Perilaku Berbahasa Indonesia Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Disertasi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Aryanti. (2019). Pengaruh Sikap Bahasa Mahasiswa Yapim Maros terhadap Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Idiomatik, 2(1).

Astuti, N. dan Santoso. (2021). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Pada Tuturan Humor dalam Acara “Ini Talkshow”. Aliterasi: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 2(2).

Kushartanti, dkk. (2009). Pesona Bahasa: Langkah Awal Memhami Lingustik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mansyur, U. (2019). Sikap Bahasa dan Impikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Gerakan Aktif Menulis, 7(2).

Nurulia, L. (2017). Analisis Sikap Bahasa dan Motivasi Berbahasa Guru Bahasa Inggris MTS Peserta Diklat di Balai Diklat Keagamaan Semarang Tahun 2016. Jurnal Diklat Teknis, 5(2).

Pateda, M. (1990). Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.

Putri, T. K. W., & Wicaksono, Y. P. (2021). Analisis wacana kritis model van Djik dalam pemberitaan reshuffle kabinet pada harian tempo.co. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajarannya, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.30738/ca.v8i1.11465

Putri, T. K. W., Wicaksono, Y. P., & Yusoh, R. (2022). Efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia berbasis media Youtube pada masa pembelajaran online. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajarannya, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.30738/caraka.v9i1.13514

Riana, R. (2015). Pengaruh Sikap Berbahasa Terhadap Penerapan Bahasa Indonesia dalam Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponogoro. Jurnal Dinamika Sosbud, 17(2).

Sobara, I. dan Ardiyani, D.K. (2013). Sikap Bahasa Mahasiswa Laki- Laki dan Perempuan di Jurusan sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Jurnal Bahasa dan Seni, 41(1).

Subaedah, dkk. (2022). Sikap Berbahasa Masyarakat Desa Bissoloro Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(2).

Sudaryanto. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Triyanto. (2021). Sikap Bahasa Siswa SMA di Kabupaten Bogor dalam Pemertahanan Bahasa Sunda Era Pandemi. Jurnal Tutur, 7(1).

Published

2023-12-30

How to Cite

Astuti, N., Sholikhati, N. I. ., & Rizana. (2023). SIKAP BAHASA GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 PEUSANGAN. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajarannya, 10(1), 248–257. https://doi.org/10.30738/caraka.v10i1.16130

Issue

Section

Artikel

Citation Check