https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/issue/feed Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya 2024-06-30T10:02:35+07:00 Sudartomo Macaryus, M.Hum. msudartomo@ymail.com Open Journal Systems <table cellpadding="2"> <tbody align="top"> <tr> <td width="135px">Journal Title</td> <td><strong>Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya</strong></td> </tr> <tr> <td>ISSN</td> <td><strong><a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1490618756" target="_blank" rel="noopener">2579-4485</a> (online) | <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1419956032" target="_blank" rel="noopener">2407-7976</a> (print) </strong></td> </tr> <tr> <td>DOI Prefix</td> <td><strong>Prefix 10.30738</strong></td> </tr> <tr> <td>Editor in Chief</td> <td><strong><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/detail?id=259623&amp;view=overview">Drs. Sudartomo Macaryus, M.Hum.</a></strong></td> </tr> <tr> <td>Publisher</td> <td><strong>Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa</strong></td> </tr> <tr> <td>Frequency</td> <td><strong><a href="https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/issue/archive" target="_blank" rel="noopener">Two issues per year (December and June)</a><br /></strong></td> </tr> <tr> <td valign="top">Citation Analysis</td> <td><strong><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/7732" target="_blank" rel="noopener">Sinta </a>| </strong><a title="Google Scholar" href="https://scholar.google.co.id/citations?user=7GiGU40AAAAJ" target="_blank" rel="noopener"><strong>Google Scholar</strong></a><strong> | <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/10610" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a> | <a href="https://app.dimensions.ai/discover/publication?or_facet_source_title=jour.1390875" target="_blank" rel="noopener">Dimension</a></strong></td> </tr> </tbody> </table> <p><strong>Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya</strong> published by the Indonesian Language and Literature Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, with P-ISSN: 2407-7976 and E-ISSN: 2579-4485, and first published in December 2014.</p> <p>Editorial Office: Faculty of Teacher Training and Education, Sarjanawiyata Tamansiswa University, Jalan Batikan UH III/1043, Tuntungan, Tahunan, Umbulharjo, Yogyakarta 55167. Phone: (0274) 374997. Email: jurnalcaraka@ustjogja.ac.id.</p> <p>This journal has been <strong>ACCREDITED </strong>by <strong>National Journal Accreditation (ARJUNA) and </strong>Managed by<strong> the Ministry of Research and Technology/National Agency for Research and Innovation </strong>with <strong>Third-Grade (<a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/7732" target="_blank" rel="noopener">Peringkat 4, Sinta 4</a>) from the year 2018 to 2023 according to decree <a href="http://arjuna.ristekbrin.go.id/files/info/Hasil_Penetapan_Akreditasi_Jurnal_Periode_2_Tahun_2020.pdf" target="_blank" rel="noopener">No. 148/M/KPT/2020</a>.</strong></p> https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/article/view/16294 Perbandingan Perkembangan Bahasa Kakak Beradik dalam Kajian Psikolinguistik: Speech Delay dan Faktor Penyebabnya 2023-12-26T07:26:57+07:00 Putri Syalsabila putri.syalsabila@mhs.unsoed.ac.id Intan Sukma Melati intan.melati@mhs.unsoed.ac.id Vera Krisnawati vera.krisnawati@unsoed.ac.id Bivit Anggoro Prasetyo Nugroho bivit.nugroho@unsoed.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan menyelidiki perbedaan dalam perkembangan bahasa informan, yaitu kakak AF (7 tahun) yang diidentifikasikan lahir prematur, berjenis kelamin laki-laki, dan mengalami keterlambatan berbicara yang dibandingkan dengan adik KH (2 tahun) diidentifikasikan lahir secara normal, berjenis kelamin perempuan, dan perkembangan bahasa sesuai dengan perkembangan umurnya. Penelitian berfokus pada faktor-faktor yang terjadi oleh subjek penelitian, yaitu faktor prematuritas, jenis kelamin laki-laki, lingkungan pasif yang dihadapi saat kecil dan eksposur yang lebih tinggi dengan gawai terhadap kemampuan berbahasanya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yaitu menganalisis dan mengamati objek secara langsung dan wawancara dengan mengajukan pertanyaan kepada informan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki keduanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor prematuritas, jenis kelamin, lingkungan pasif yang dihadapi saat kecil dan eksposur yang lebih tinggi terhadap gawai memiliki pengaruh terhadap proses pemahaman kosakata, struktur sintaksis, dan pemahaman konteks yang dihadapi oleh kakak AF (7 tahun) yang memiliki keterlambatan kemampuan berbahasanya. </p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Putri Syalsabila, Intan Sukma Melati, Vera Krisnawati, Bivit Anggoro Prasetyo Nugroho https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/article/view/17077 Estetika Sufistik M. Fudoli Zaini: Kajian Sosiologi Sastra 2024-05-30T17:59:07+07:00 Mawaidi mawaidi@uny.ac.id Else Liliani else_l@uny.ac.id Dwi Budiyanto dwi_budiyanto@uny.ac.id Mentari Putrirahayu Prawira mentariputrirahayu@uny.ac.id Muhammad Zahrul Jihadurrahim Bajuri bajuriarul@gmail.com <p>Dimasukkannya cerita pendek “Sabir dan Sepeda” ke dalam <em>Laut Biru Langit Biru</em> (1977) yang disusun oleh Ajip Rosidi menandakan adanya napas sufisme dalam karya M. Fudoli Zaini dapat dipertanggungjawabkan. Setidaknya, kritikus Satyagraha Hoerip juga memasukkan “Potret Manusia” bersama cerita-cerita pendek yang lain dalam <em>Cerita Pendek Indonesia</em> <em>III</em> (1986). Diikutsertakannya M. Fudoli Zaini menunukkan bahwa karya-karya diperhitungkan dan berdampak kepada pembaca di zamannya. Penelitian ini membahas estetika sufistik M. Fudoli Zaini dengan cara menelaah latar belakang sosial, ideologi, dan legitimasi kritikus dengan menggunakan perspektif sosiologi sastra. Fokus penelitian ini memakai analisis biografis kualitatif sebagai metode pendekatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa M. Fudoli Zaini berasal dari keluarga pesantren yang dapat dilihat dari kiprah ayahnya sebagai pengasuh pondok pesantren dan keterlibatannya di PBNU. M. Fudoli Zaini memiliki pandangan hidup sufistik yang mana hal ini diperkuat oleh para kritikus seperti Abdul Hadi W.M., Maman S. Mahayana, Kuswaidi Syafi’ie, dan Hairus Salim HS memberikan legitimasi atas sejumlah karyanya.</p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Mawaidi, Else Liliani, Dwi Budiyanto, Mentari Putrirahayu Prawira, Muhammad Zahrul Jihadurrahim Bajuri https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/article/view/14916 Hiponimi dalam Bab Bumi dan Tata Surya Buku IPA SMP Kelas VII 2023-05-30T18:43:56+07:00 Nabila Husnayain nabila.husnayain@gmail.com Sumarlam sumarlamwd@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kohesi leksikal hiponimi yang terdapat pada Bab <em>Bumi dan Tata Surya</em> dalam buku <em>IPA</em> untuk SMP kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode simak dan teknik catat. Sumber data pada penelitian ini adalah Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP Kelas VII. Data pada penelitian ini adalah teks pada bab <em>Bumi dan Tata Surya</em>. Metode analisis data pada penelitian ini adalah metode agih, dengan teknik dasar bagi unsur langsung (BUL) dan teknik lanjutan berupa teknik perluas. Hasil dari penelitian ini ditemukan sejumlah 11 data yang merupakan kategori hiponimi, dengan keseluruhan hiponim berjumlah 55 hiponim pada bab <em>Bumi dan Tata Surya</em>. Kesebelas hiponimi tersebut meliputi hiponimi mengenai planet dalam tata surya, benda-benda yang ada di tata surya, dan planet-planet yang dikelompokkan berdasarkan cirinya.</p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Nabila Husnayain, Sumarlam https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/article/view/16498 Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X di SMK Negeri 1 Sedayu 2024-06-03T09:29:31+07:00 Azizah Nuzulul Rohmah azizahnuzululrohmah@gmail.com Esti Swatika Sari esti_swastikasari@uny.ac.id <p>SMK Negeri 1 Sedayu merupakan salah satu SMK Pusat Keunggulan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsikan dan menjelaskan (1) perencanaan, (2) implementasi, serta (3) kendala dan upaya yang dilakukan oleh pendidik mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X di SMK Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan dan menjelaskan implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sedayu pada bulan Desember 2022 sampai September 2023. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan Kurikulum Merdeka telah dilakukan dengan adanya modul ajar yang mengacu pada Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase E, (2) implementasi Kurikulum Merdeka dilihat dari aspek materi, model, media, dan penilaian pembelajaran yang digunakan sudah sesuai dengan perencanaan pembelajaran meskipun terdapat unsur-unsur dalam modul ajar yang terlewat tidak dilaksanakan, (3) terdapat dua kendala yang ditemukan, serta (4) upaya-upaya dilakukan oleh pendidik untuk mengatasinya.</p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Azizah Nuzulul Rohmah, Esti Swatika Sari https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/article/view/16416 Bentuk Kohesi Gramatikal dan Leksikal dalam Wacana Informatif Cuitan Akun Sosial Media X @KAI121 2023-12-27T10:03:11+07:00 Erisa Faridatul Maghfiroh a310200160@student.ums.ac.id Atiqa Sabardila, M.Hum. as196@ums.ac.id <p>Penelitian ini digunakan untuk menyelidiki dan mengupas bentuk kohesi gramatikal dan leksikal akun sosial media Twitter atau X @KAI121 pada kurun waktu September 2023. Penjelasan deskriptif memberi pemahaman dari data yang ditelisik secara kualitatif. Keseluruhan data yang didapat sebanyak 63 data unggahan selanjutnya dianlisis hingga menemukan kohesi gramatikal dan leksikal. Penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik catat dari pengamatan atau observasi terhadap tataran objek bahasa. Perupa data diperoleh dari hasil menyimak bahasa untaian kata-kata dalam alineanya cuitan. Bahasa wujud teks yang diteliti merupakan objek yang menjadi alasan pemilihan metode simak. Selanjutnya, teknik catat untuk mencatat hasil dari bahan teks simakan. Simak dan catat diikuti dengan mengamati untuk diklasifikasikan sesuai ciri dari kohesi gramatikal dan leksikal. Hasil dari data yang telah dianalisis diuraikan dalam bentuk bahasa tulis termuat pada artikel. Data keseluruhan yang didapatkan sebanyak 21 cuitan menggandung bentuk kohesi baik gramatikal maupun leksikal. Hal tersebut menunjukkan bahwa wacana berpengaruh dan dapat dikaji dalam dunia maya atau media sosial yang banyak digunakan masyarakat. Untuk memudahkan pembaca peneliti juga menyertakan bentuk tangkapan layar serta kutipan yang memiliki bentuk kohesi.</p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Erisa Faridatul Maghfiroh, Atiqa Sabardila, M.Hum. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/article/view/17140 Efektivitas Metode Storytelling Berbantu Media Hand Puppet Terhadap Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Sokonandi 2024-06-03T09:17:54+07:00 Dinda Fatimah Nuraulia dindaftmh28@gmail.com Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo alfianekowidodoadiprasetyo@uin-suka.ac.id <p>Pembelajaran bahasa Indonesia dan gerakan literasi sekolah yang seharusnya mendukung keterampilan menyimak ternyata belum berpengaruh besar terhadap keterampilan menyimak siswa kelas III SD Muhammadiyah Sokonandi. Diperlukan adanya penerapan metode dan pemanfaatan media pembelajaran yang akan mendukung keterampilan menyimak siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode storytelling berbantu media hand puppet terhadap keterampilan menyimak dongeng siswa kelas III SD Muhammadiyah Sokonandi. Metode penelitian yang diterapkan adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode storytelling dengan menggunakan media hand puppet secara signifikan meningkatkan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas III di sekolah dasar. Rata-rata nilai N-Gain (%) untuk kelompok eksperimen mencapai 83,84%, masuk kategori efektif, sementara rata-rata N-Gain (%) untuk kelompok kontrol hanya mencapai 43,46%, sehingga masuk kategori kurang efektif. Berdasarkan analisis Uji Independent Sample t-Test, ditemukan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 &lt; 0,05. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam efektivitas penggunaan metode storytelling berbantu media hand puppet dibandingkan dengan penggunaan metode storytelling terhadap keterampilan menyimak dongeng.</p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Dinda Fatimah Nuraulia, Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo