https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/issue/feedCaraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya2022-12-16T08:43:16+07:00Sudartomo Macaryus, M.Hum.msudartomo@ymail.comOpen Journal Systems<table cellpadding="2"> <tbody align="top"> <tr> <td width="135px">Journal Title</td> <td><strong>Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya</strong></td> </tr> <tr> <td>ISSN</td> <td><strong><a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1490618756" target="_blank" rel="noopener">2579-4485</a> (online) | <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1419956032" target="_blank" rel="noopener">2407-7976</a> (print) </strong></td> </tr> <tr> <td>DOI Prefix</td> <td><strong>Prefix 10.30738</strong></td> </tr> <tr> <td>Editor in Chief</td> <td><strong><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/detail?id=259623&view=overview">Drs. Sudartomo Macaryus, M.Hum.</a></strong></td> </tr> <tr> <td>Publisher</td> <td><strong>Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa</strong></td> </tr> <tr> <td>Frequency</td> <td><strong><a href="https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/issue/archive" target="_blank" rel="noopener">Two issues per year (December and June)</a><br /></strong></td> </tr> <tr> <td valign="top">Citation Analysis</td> <td><strong><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/7732" target="_blank" rel="noopener">Sinta </a>| </strong><a title="Google Scholar" href="https://scholar.google.co.id/citations?user=7GiGU40AAAAJ" target="_blank" rel="noopener"><strong>Google Scholar</strong></a><strong> | <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/10610" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a> | <a href="https://app.dimensions.ai/discover/publication?or_facet_source_title=jour.1390875" target="_blank" rel="noopener">Dimension</a></strong></td> </tr> </tbody> </table> <p><strong>Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya</strong> published by the Indonesian Language and Literature Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, with P-ISSN: 2407-7976 and E-ISSN: 2579-4485, and first published in December 2014.</p> <p>Editorial Office: Faculty of Teacher Training and Education, Sarjanawiyata Tamansiswa University, Jalan Batikan UH III/1043, Tuntungan, Tahunan, Umbulharjo, Yogyakarta 55167. Phone: (0274) 374997. Email: jurnalcaraka@ustjogja.ac.id.</p> <p>This journal has been <strong>ACCREDITED </strong>by <strong>National Journal Accreditation (ARJUNA) and </strong>Managed by<strong> the Ministry of Research and Technology/National Agency for Research and Innovation </strong>with <strong>Third-Grade (<a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/7732" target="_blank" rel="noopener">Peringkat 4, Sinta 4</a>) from the year 2018 to 2023 according to decree <a href="http://arjuna.ristekbrin.go.id/files/info/Hasil_Penetapan_Akreditasi_Jurnal_Periode_2_Tahun_2020.pdf" target="_blank" rel="noopener">No. 148/M/KPT/2020</a>.</strong></p>https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/article/view/13514Efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia berbasis media Youtube pada masa pembelajaran online2022-11-22T12:22:47+07:00Titis Kusumaningrum Witdaryadi Putrititiskusuma@uny.ac.idYoga Pradana Wicaksonoyoga.pradana@ustjogja.ac.idRuslan Yusohruslandarussalam@gmail.com<p>Kajian ini mengungkap keefektifan pembelajaran berbasis Youtube sebagai media pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, sedangkan sampel penelitian adalah mahasiswa prodi Manajemen kelas 2A01 dan 2A02 berjumlah 100 mahasiswa. Hasil normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa populasi berasal dari data yang normal dan homogen. Analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa pembelajaran yang memanfaatkan Youtube sebagai media pembelajaran jarak jauh lebih efektif dibandingkan hanya sekadar tatap muka virtual dengan menggunakan Zoom, Google Meet, ataupun platform lain yang sejenis.</p>2023-02-05T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022 Titis Kusumaningrum Witdaryadi Putri, Yoga Pradana Wicaksono, Yulei Li, Omar Trabelsi, Mokhtar Elareshihttps://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/article/view/13310Rajah: Tradisi lisan carita pantun Mang Ayi di masyarakat Sunda2022-11-03T16:55:40+07:00Arif Firmansyahariffirmansyah@uninus.ac.idNovi Anoegrajektinovi_anoegrajekti@unj.ac.idD Nurfajrin Ningsihnurfajrindinni@unsur.ac.idSudartomo Macaryussudartomo@ustjogja.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kepercayaan masyarakat Sunda pada rajah <em>carita pantun </em>Mang Ayi serta mengetahui korelasi kepercayaan dengan kehidupan masyarakat Sunda saat ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini ingin menggambarkan realita empirik di balik fenomena secara mendalam, rinci dan tuntas. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa kepercayaan masyarakat Sunda pada rajah <em>carita pantun</em> sangatlah masih besar terlihat pada bentuk kegiatan yang melibatkan rajah <em>carita pantun,</em> antara lain: Syukuran 40 hari bayi yang baru lahir, siraman calon pengantin yang akan menikah, kunjungan tokoh publik, upacara adat museum “<em>Salamet Balik Ka Pangasalan”</em> dan ruwatan benda pusaka.</p>2022-12-16T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/article/view/12665Mitos Kecantikan dalam Novel Imperfect karya Meira Anastasia2022-11-03T16:57:35+07:00Fina Fatima Maharanifinafatimamaharani@webmail.umm.ac.idSugiarti Sugiartisugiarti@umm.ac.id<p><span class="s11"><span class="bumpedFont15">Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) standar kecantikan menurut masyarakat, (2) perilaku cantik, dan (3) faktor eksternal kecantikan dalam novel </span></span><span class="s12"><span class="bumpedFont15">Imperfect</span></span><span class="s11"><span class="bumpedFont15"> (2018). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan feminisme yang dilakukan oleh studi Naomi Wolf tentang konsep mitos kecantikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga pembentuk mitos kecantikan meliputi: (1)</span></span><span class="s11"><span class="bumpedFont15">standar kecantikan, yaitu berkulit putih, bertubuh langsing, berkulit putih, serta berambut panjang (2) perilaku cantik</span></span><span class="s12"><span class="bumpedFont15">, </span></span><span class="s11"><span class="bumpedFont15">yaitu perilaku yang dapat membangkitkan gairah, bukan penampilan fisik</span></span><span class="s12"><span class="bumpedFont15">, </span></span><span class="s11"><span class="bumpedFont15">dan (3) faktor eksternal kecantikan, yaitu operasi plastik, menjaga pola makan, olahraga serta menggunakan krim pemutih.</span></span></p>2022-12-16T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/article/view/12542Analisis kesalahan berbahasa tataran ejaan dalam laman siaran pers Kemendikbud Edisi 9 Maret-9 April 20222022-11-19T13:55:25+07:00Nabila Putrinabilalpp27@gmail.comZeny Arisa Alfiyah Rofizenyaar2001@gmail.comRiyantika Rarasatiriyantikaras@gmail.com<p>Kesalahan penulisan tataran diksi adalah kekeliruan penulisan karena kurangnya pemahaman pada pedoman umum penulisan ejaan. Siaran pers yang bersifat formal dan aktual menuntut kesempurnaan dalam penulisannya meski tak jarang ditemukan kesalahan karena sifatnya yang harus aktual dan hangat. Penelitian ini bertujuan untuk adalah mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa dalam tataran ejaan yang terdapat pada lama Siaran Pers Kemendikbud edisi 9 Maret- 9 April 2022. Metode yang dikunakan pada pengkajian ini memakai metode deskriptif kualitatif dengan teknik baca, simak catat. Adapun sumber data yang digunakan yaitu laman Siaran Pers Kemendikbud edisi 9Maret-9 April 2022 dengan teknik analisis data milik Miles dan Huberman. Pada penelitian mengenai kesalahan berbahasa dalam tataran ejaan yang terdapat pada laman Siaran Pers Kemendikbud edisi 9 Maret- 9 April 2022 ditemukan sejumlahkesalahan penulisan huruf miring 68%, kesalahan penulisan huruf kapital 7,4%, kesalahan penulisan kata 8,6%, kesalahan penggunaan tanda baca 9,6%, dan kesalahan penulisan bilangan 6,3%. Kesalahan berbahasa pada tataran ejaan yang paling tinggi terdapat pada kesalahan penulisan huruf miring yaitu 68%. Sedangkan kesalahan yang paling rendah terdapat pada kesalahan penulisan bilangan yaitu 6,3%. Kesalahan dalam laman Siaran Pers Kemendikbud dapat terjadi dikarenakan kurangnya teliti dalam penulisan artikel atau kurang menghiraukan penggunaan ejaan yang sesuai dengan PUEBI.</p>2022-12-16T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/article/view/12337Pola bahasa kelompok pendatang pendalungan di Wilayah Roomo Pesisir, Gresik: Studi etnososiolinguistik2022-11-03T16:56:20+07:00Putri Indah Yantiputri.20056@mhs.unesa.ac.idBambang Yuliantobambangyulianto@unesa.ac.idSuhartono Suhartono suhartono@unesa.ac.id<p style="text-align: justify;">Penelitian ini mengaji kode dan pola bahasa yang dipakai oleh pendatang dari wilayah Tapal Kuda. Penelitian ini menghasilkan tiga kode bahasa masyarakat pendatang di wilayah Roomo Pesisir, Gresik dan tujuh pola pemilihan bahasa dalam interaksi sehari-hari oleh masyarakat pendatang wilayah Roomo Pesisir, Gresik. Ketujuh pola pemilihan bahasa tersebut adalah (1) Bahasa sehari-hari dalam keluarga; (2) Bahasa di sekolah/tempat kerja; (3) Bahasa sesama pendatang dari daerah yang sama; (4) Bahasa pada acara; (5) Bahasa dengan orang tua; (6) Bahasa berdasarkan etnis; (7) Bahasa berdasarkan status sosial. Ketujuh pola bahasa tersebut merupakan akibat dari pergesekan penggunaan tiga bahasa dalam waktu yang sama.</p> <p><em><strong> </strong></em></p> <p style="text-align: justify;"><em><strong>ABSTRACT: </strong>This study examines the code and language patterns used by immigrants from the Horseshoe area. This study resulted in three language codes of immigrant communities in the Roomo Pesisir region, Gresik and seven patterns of language selection in daily interactions by immigrant communities in the Roomo Pesisir region, Gresik. The seven patterns of language selection are (1) everyday language in the family; (2) Language at school/workplace; (3) The language of fellow immigrants from the same area; (4) Language at the event; (5) Language with parents; (6) Language based on ethnicity; (7) Language based on social status. The seven language patterns are the result of friction in the use of three languages at the same time.</em></p>2022-12-16T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/article/view/12169Penerapan model peta konsep dalam menulis puisi pada peserta didik sekolah menengah pertama2022-11-03T16:53:41+07:00Andi Batara Indraandibataraindra@iainpalopo.ac.idFajrul Ilmy Darussalamfajrulilmy@iainpalopo.ac.idAgustan Agustanagustan@iainpalopo.ac.id<p>This study aims to improve students' writing skills in writing poetry using the Mind Mapping model. This research is a class action research which consists of two cycles, where each cycle consists of two meetings. The results of the study showed that the first cycle of the established success indicators had not been achieved, especially the implementation of the psychomotor test of writing poetry. Unattainable in the first cycle, then improvements are made to the implementation of the second cycle. From the improvements made in the second cycle, the established success indicators can finally be achieved. Students can write poetry using the Mind Mapping model.</p>2022-12-16T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/article/view/12280Wujud persuasif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19 2022-11-03T16:51:45+07:00Reyza AmaliaReyzaamalia55@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud-wujud tindak tutur persuasif yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi <em>Covid-19</em> di SMPN 2 Puger. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan strategi analisis isi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wujud tindak tutur persuasif guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di SMPN 2 Puger berupa tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi.</p>2022-12-16T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/article/view/12272Pengembangan bahan ajar BIPA bermuatan budaya agraris untuk penutur asing tingkat pemula2022-11-03T17:00:21+07:00Degita Danur Suharsonodanur@polije.ac.idJulien Arief Wicaksonojulien_arief@polije.ac.idGullit Tornado Taufanguliittaufan@polije.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar BIPA bermuatan budaya agraris untuk penutur asing tingkat pemula. Fokus utama penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berdasarkan aspek materi pembelajaran, organisasi penyajian, penggunaan bahasa, dan tampilan. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model R2D2 yang terdiri atas fokus penetapan, fokus perancangan, dan fokus desiminasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, telaah dokumen, diskusi kelompok terarah, dan angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman telaah dokumen, pedoman diskusi kelompok terarah, dan angket validasi bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan layak untuk diimplementasikan sesuai penilaian dan saran validator.</p>2022-12-16T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022