Museum Istana Kepresidenan Jakarta dalam Perspektif Self-Efficacy

Authors

  • Kukuh Pamuji Pusat Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Kementerian Sekretariat Negara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/cilpa.v7i2.12423

Keywords:

Sejarah Dokumentasi Visual, Self Efikasi, Kinerja Kuratorial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh bagaimana efektivitas Museum Istana Kepresidenan sebagai bagian dari dokumentasi visual sejarah dari masa ke masa bangsa Indonesia. (2) bagaimana Museum Istana Kepresidenan melakukan proses pemantauan diri terhadap kinerja kurator seni dan Tim Tata Kelola lainnya dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia museum. Penelitian ini dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta dengan menggunakan metode survei yang diterapkan pada model persamaan struktural dan uji hipotesis dengan 117 sampel yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Museum Istana Kepresidenan mempunyai kemampuan dalam membangun efektivitas Museum Istana Kepresidenan menjadi bagian dari dokumen visual sejarah bangsa Indonesia dari masa ke masa. (2) Museum Istana Kepresidenan mampu melakukan proses efikasi diri, kesulitan diri dan pemantauan diri terhadap kinerja kurator seni dan Tim Tata Kelola lainnya dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kemampuan sumber daya manusia museum.

 

Abstract: This study aims to (1) determine the effect of how effectiveness of the Presidential Palace Museum is part of the historical visual documentation of the Indonesian nation from era to era.(2) how the Presidential Palace Museum conducts a process of self-efficacy, self-difficulty, and self-monitoring of the performance of art curators and other Governance Teams in order to increase the capacity and capability of museum human resources.  This research was conducted at the Presidential Palace Jakarta using survey methods applied in structural equation modeling and hypothesis testing with 117 randomly selected samples.  The results showed that (1) the Presidential Palace Museum has the ability to build effectiveness as part of the historical visual documents of the Indonesian nation from time to time. (2) The Presidential Palace Museum is able to carry out the process of self-efficacy, self-difficulty, and self-monitoring of the performance of art curators and other Governance Teams in order to increase the capacity and capability of museum human resources.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Muhidin, Sambas dan Maman Abdurahman, Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian ,Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Aretha, Nasroen Reysa dan Rudolf Woodrow Matindas. “Ekspektasi Trait Argumentativeness dan Trait Self-Monitoring Pada Kandidat Mahasiswa dalam Electoral Marketplace Universitas Indonesia”, JPS Vol.14 No.01 Januari 2008.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Armstrong, Michael dan Helen Murlis. The Art of HRD, Reward Management, Fourth Edition, Alih Bahasa: Ramelan, Buku I, Jakarta:PT. Bhuana Ilmu Populer, 2003.

______________. The Art of HRD, Reward Management, Fourth Edition, Alih Bahasa: Ramelan, Buku II, Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer, 2003.

Armstrong Michael dan Helen Murlis, Pedoman Praktis Sistem Penggajian, Seri Manajemen No.84, Jakarta:LPMM dan PT. Pustaka Binaman Passindo, 1993.

Astuti, Sri. “Hubungan antara Kemampuan Perencanaan Strategik, Ketahanmalangan, dan Pemberdayaan Dosen dengan Produktivitas Kerja Ketua Program Studi pada Universitas Swasta di Jakarta Timur”. Disertasi Universitas Negeri Jakarta, 2009.

Bank Dunia, “Pelayanan Publik: Reformasi yang Sama-sama Menang”, http://sitesources.w...73153/civilservice.pdf (diakses 2 Februari 2012).

Baron, R.A. dan J. Greenberg, Behaviour in Organizations Understanding and Managing The Human Side of Work.Third Edition. Boston: Allyn and Bacon Inc., 1990.

Baron, R.A. dan Byrne Donn, Social Psychology: Understanding Human Interaction, Boston: Allyn and Bacon Inc., 1994.

Baron, Roberta A. dan Byrne Donn, Psikologi Sosial, Jilid 1, Edisi Kesepuluh, alih bahasa: Ratna Djuwita, dkk, Jakarta: Erlangga, 2004.

Chourmain, M.A.S. Imam, Acuan Normatif Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi, Jakarta: Al-Haramain Publishing House, 2006.

Colquitt Jason A., Jeffery A. Lepine dan Michael J. Wesson, Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment in the Work Place, New York: Mc.Graw-Hill, 2009.

Daradal Canivel, Lea. “Principals Adversity Quotient: Style, Performance, and Practies”, University of the Philippines, Diliman, Quezon City, 2010.

Deputi Bidang Akuntabilitas Aparatur MenPAN dan Reformasi Birokrasi,”Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah”, http://lakip.do.am/blog/evaluasi_akuntabilitas_kinerja_instansi_pemerintah_akip/2010-11-11-3 (diakses 4 Februari 2012).

Deputi SDM Aparatur Kemen PAN, “Presentasi Kebijakan Remunerasi Dalam Rangka Reformasi Birokrasi”, Pekanbaru, 29 April 2009.

Djimanto, “Kinerja dan Produktivitas Birokrasi Indonesia Buruk” Suara Pembaruan, Selasa 6 September 2011.p.1.

Echols, John M. dan Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: PT.Gramedia,1996.

Effendi Ihsan, Heri Syahrial, dan Khairunsyah, “Pengaruh Remunerasi Melalui Program Reformasi Birokrasi Terhadap Disiplin Pegawai Kantor Wilayah II Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Medan”, Inovasi: Vol. 6. No.3, September 2009, p.188.

Engko, Cecilia. “Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Individual dengan Self-Esteem dan Self-Efficacy Sebagai Variabel Intervening”, Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol.10, No.1, April 2008.

Fahmi, Irham .Manajemen Kinerja: teori dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta, 2010.

Fine dan Gardial. “The Effect of Self-Monitoring and Similarity on Salesperson Inferential Process”. Journal of Personal Selling and Sales Management, Vol. XII No 2 (Spring 1992).

Fiske, S.T. dan S.E. Taylor, Social cognition. Second Edition. Singapore: Mc Graw Hill International Editions,1991.

Gibson, James L, et.al., Organizations: Behavior, Structure, Processes, Boston: McGraw Hill Irwin, 2012.

Goolsby, et al, Psichological Adaptiveness and Sales Performance, Journal of Personal Selling & Sales Management, vol. XII, No.2: 51-66, 1992.

Greenberg, Jerald dan Robert A. Baron, Behavior in Organizations: Understanding & managing The Human Side of Work, New Jersey: Prentice-hall international, Inc., 1995.

Hans, Jen Z.A. Strategi Pengembangan Diri untuk Kesuksesan Fisik, Intelektual, Emosi, Sosial, Finansial dan Spiritual, Jakarta: Personal Development Training, 2006.

Hervey, Donald F. dan Donald R. Brown, An Experential Approach To Organization Development, New Jersey: Prentice-Hall, Inc., 1992.

KemenPAN dan Reformasi Birokrasi, Pedoman Pengajuan Dokumen Usulan Reformasi Birokrasi Kementerian/Lembaga, Buku 1, Jakarta: KemenPAN dan Reformasi Birokrasi, 2011.

Kerlinger, Fred N. dan Howard B.Lee, Foundations of Behavioral Research Third edition, Terjemahan Landung R. Simatupang, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2006.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Direktorat Penelitian Pengembangan, Meningkatkan Kinerja PNS melalui Perbaikan Penghasilan, 2007.

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki, Organizational Behavior, Ninth Edition New York: McGraw Hill International Edition, 2010.

Luthans, Fred Organizational Behavior; An Evidence-Based Approach, Twelfth Edition, New York: McGraw-Hill Irwin, 2011.

Maltz, Maxwell. Psycho Cybermatics Mutakhir, Terjemahan Arvin Saputra Batam : Interaksara, 2004.

Mahmudi, Manajemen Kinerja Sektor Publik, edisi Revisi, Yogyakarta: STIM YKPN, 2007.

Mathis, Robert L dan John H. Jackson. Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta: Salemba Empat, 2000.

Mathis, Robert L dan John H.Jackson, Human Resources Management (USA: Thomson Learning, Inc. 2008), p. 329 -333.

Mc.Shane, Steven L, dan Mary Ann Von Glinow, Organization Behavior: Emerging Realities for The Workplace Revolution, New York: Mc.Graw Hill, Irwin, 2008.

Milkovich, George T dan Jerry M. Newman. Compensation.6th.ed., Irwin/McGraw-Hill Companies, 1999.

Moeheriono, Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Surabaya: Ghalia Indonesia, 2009.

Mondy, R. Wayne. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 2 Edisi 10, Jakarta: Erlangga, 2008.

Newstrom John.W, Organizational Bahavior: Human Behavior at Work, Twelfth Edition, New York: McGraw-Hill International edition, 2007.

Newstrom, John W. dan Keith Davis, Organizational Behavior: Human Behavior at Work, Tenth Edition (New Delhi: Tata McGraw-Hill, 1999), p.147.

Notoatmodjo, Soekidjo, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003.

Pajares, Frank dan Dale H. Schunk, Self-beliefs and School: Self-Efficacy, Self-Concept, and school Achievement, Chapter in R. Riding & S. Rayner (Eds), 2001.2006

Pasaribu, Asina Christina Rosito, “Hubungan antara Self-Esteem dan Adversity Intelligence”, Visi, 19 (1), 2011.

Permensesneg No 13 Tahun 2012 tentang Penyempurnaan Rencana Strategi Kementerian Sekretariat Negara

Poels, Frans, The Art of HRD, Job Evaluation and Remuneration Strategies: How to Set Up and Run An Effective System, Alih bahasa : Bern Hidayat, Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer, 2003.

Prabu Mangkunegara, A.A. Anwar, Evaluasi Kinerja SDM , Bandung: Refika Aditama.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ketiga, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Rivai, Veithzal dan Ella Jauvani Sagala, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktik, Edisi Kedua, Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Robbins, Stephen P., Perilaku Organisasi: Konsep-Kontroversi-Aplikasi. Jilid 2, Jakarta: PT. Prenhallindo, 1996.

Robbins, Stephen H. dan Timothy A. Judge, Organizational Behavior, New Jersey: Pearson education, inc., 2011.

Ruky, Achmad. S. Manajemen Penggajian & Pengupahan untuk Karyawan Perusahaan, Cetakan ke-3, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2006.

Ruky, Achmad S. Sistem Manajemen Kinerja, Jakarta: PT. Gramedia Utama, 2004.

Sahertian, Pieter, “Perilaku Kepemimpinan Berorientasi Hubungan Sebagai Anteseden, Self-Efficacy dan Organizational Citizenship Behavior”, Keuangan dan Perbankan, Vol.12, No.2 Mei 2008.

Sancoko, Bambang,“Pengaruh Remunerasi terhadap Kualitas Pelayanan kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Jakarta I“ Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Volume 17 Nomor 1: 43-51, 2010.

Santrock, John W., Psychology, Seventh Edition, New York: McGraw Hill, 2003.

Sedarmayanti, Sumber Daya manusia dan Produktivitas Kerja, Bandung: Mandar Maju, 2009.

Seymour, R. Ian. Temukan Potensi Sejati Anda, Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer, 2006.

Shihab, M. Quraish. Lentera Hati: Kisah dan Hikmah Kehidupan, Bandung: Mizan, 2001.

Smither, Robert D., John M. Houston, dan Sandra D. McIntire, Organization Development, New York: Harper Collins College Publishers, 1996.

Spiro dan Weitz. “Adaptive Selling: Conceptualization, Measurement, and Nomological Validity”. Journal of Marketing Research, Vol.XXVII: 61-69, 1990.

Stoltz, Paul G. Adversity Quotient: Turning Obstacle into Opportunities, Alih Bahasa: T. Hermaya, Grasindo, 2000.

Stuart, Robin - Kotze, Performance: The Secret of Successful Behavior, London: Prentice Hall, 2006.

Sugiono, Metode Penelitian Administrasi, Edisi 10, Bandung: Alfabeta, 2003.

_______Metode Penelitian Kuantutatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2009.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Tafreshi ,Shawn, “Here’s A Tip, Change The Law! Nerva v, United Kingdom”, 27 Loy. L.A. Int’l and Comp. L. Rev, 127 (2005). Available at: http://digitalcommons.lmu.edu/ilr/vol27/iss 1/4 (diakses tanggal 11 Desember 2011).

Werther, William B dan Keith Davis, Human Resource and Personel Management, New York: McGraw Hill International Editions, 1996.

Wibowo, Manajemen Kinerja, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Wiriadi, I Gusti Ngurah Kompiang.”Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kemampuan dan Kinerja Karyawan di RS Paru Jember”. Program Pascasarjana Universitas Jember, 2012.

Zaccaro, et.al. “Self-Monitoring and Trait-Based Variance in Leadership: An Investigation of Leader Flexibility Across Multiple Group Situation”. Journal of Applied Psychology Vol.76 No.2, 1991.

Downloads

Published

2022-06-05 — Updated on 2022-06-06

How to Cite

Pamuji, K. (2022). Museum Istana Kepresidenan Jakarta dalam Perspektif Self-Efficacy. Cilpa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Rupa, 7(2), 50–62. https://doi.org/10.30738/cilpa.v7i2.12423

Issue

Section

Artikel

Citation Check