Alat Permainan Tradisional Berbahan Dasar Bambu Sebagai Inspirasi Karya Seni Grafis

Authors

  • Muhammad Fakhrul Rozi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Dwi Susanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/cilpa.v7i2.12426

Keywords:

Bambu, Seni Grafis, Alat Permainan, Tradisional

Abstract

ABSTRAK

Alat Permainan Tradisional Berbahan Dasar Bambu sebagai Inspirasi Karya Seni Grafis, sebagai Tugas Akhir Bukan Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Tujuan penciptaan ini untuk meperkenalkan serta membagikan suatu gagasan yang dijadikan sebagai kesadaran bersama untuk selalu menjaga warisan budaya dan menerapakan nilai- nilai yang terkandung di dalamnya. Metode penciptaan karya ini menggunakan metode Eksplorasi yang diantaranya Eksplorasi ide dan Eksplorasi visual dan Analisis Data yaitu terdiri dari primer dan sekunder. Hasil perwujudan dari karya ini berupa karya seni grafis dengan media kertas. Dengan karya seni grafis ini untuk mengenalkan dan menjadikan sebuah kesadaran bersama untuk melestarikan alat permainan tradisional berbahan dasar bambu dengan harapan menjaga warisan serta kebudayaan bangsa Indonesia ini

ABSTRAK

Traditional Bamboo-Based Game Tools as Inspiration for Graphic Artwork, as a Final Project Not Thesis for the Fine Arts Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. The purpose of this is to introduce and share an idea that is used as a common awareness to always maintain cultural heritage and apply the values contained in it. The method of making this work uses the Exploration method which includes idea exploration and visual exploration and data analysis, which consists of primary and secondary. The result of this work is a work of graphic art with paper media. With this graphic art work to introduce and create awareness together with traditional bamboo- based game equipment in the hope of preserving the heritage and culture of the Indonesian nation

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Husna M. (2009). Permainan Tradisional Indonesia. Yogyakarta : CVANDI OFFSET. Bangun, Sem C. 2000. Kritik Seni Rupa. ITB: Bandung.

Bahari Nooryan. 2014. Kritik Seni. Pustaka Pelajar: Cirebon

Dharsono, Sony Kartika. 2007. KeritikSeni. Rekayasa Sains: Bandung.

Dharmamulya, Sukirman, dkk. 2005. Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta:Kepel Pres

Moeliono, Anton M, 1998, Kamus Besar BahasaIndonesia. Jakarta : Balai Pustaka,

Moeslichatoen, Metode Pengajaran DiTaman Kanak-kanak, (Malang: Depertemen Pendidikan Dan Kebudayaan ,2006)

Sabanna, Setiawan, Peran Seni Grafis Dalam Perkembangan Seni Rupa Indonesia, Diklat Mata Kuliah Seni Grafis, Yogyakarta ,Institut Seni Indonesia,1992.

Shadily, Hassan, 1991 ,Ensiklopedia Indonesia, Jakarta: Ikhtiar Baru – Van Hoeve,

Sujono, Bambang. Dkk (2008) Metode Perkembangan Fisik. Jakarta : Universitas Terbuka

Rusnoto, Susanto. 2019. Indonesian Cpntemporary Art: A Local Genius Learning Perspective.

INTERNATIONALJOURNAL OF SCIENTIFIC &TECHNOLOGY RESEARCH VOLUME 8.

Downloads

Published

2022-06-05

How to Cite

Rozi, M. F., & Susanto, D. (2022). Alat Permainan Tradisional Berbahan Dasar Bambu Sebagai Inspirasi Karya Seni Grafis. Cilpa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Rupa, 7(2), 19–28. https://doi.org/10.30738/cilpa.v7i2.12426

Issue

Section

Artikel

Citation Check