Peningkatan Keterampilan Menyungging Melalui Metode Explicit Instruction pada Mata Pelajaran Tatah Sungging di Kelas XI B Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi SMK Negeri 5 Yogyakarta

Authors

  • Sumarzilah Saiman Rais SMK 5 Yogyakarta, Indonesia
  • Sugiyamin Sugiyamin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Moh. Rusnoto Susanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/cilpa.v7i2.13393

Keywords:

Sungging, Explicit Instruction, Soft Skill, Kriya Kulit

Abstract

Pembelajaran Teknik Sungging dengan metode Explicit Intrauction dapat meningkatkan kemampuan personal (soft skills), dan diharapkan lulusan siap memasuki dunia kerja yang sesungguhnya setelah menyelesaikan pendidikan sekolah kejuruan. Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk Meningkatkan kemampuan menyungging  melalui  model Explicit Instruction kelas XI B Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi SMK Negeri 5 Yogyakarta, semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran produktif kriya kulit; (2) Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh guru; dan (3) Mengetahui kualitas dan hasil pembelajaran siswa setelah menggunakan model Explicit Instruction. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Produk Tatah Sungging. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa metode Explicit Instruction dapat meningkatkan kemampuan  menyungging   pada siswa Kelas XI B Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi SMK Negeri 5 Yogyakarta tahun pelajaran 2021/2022.

 

Abstract: Learning Sungging Techniques using the Explicit Instruction method can improve personal abilities (soft skills), and it is hoped that graduates will be ready to enter the real world of work after completing vocational school education. The aim of preparing this Classroom Action Research is to improve the ability to smile through the Explicit Instruction model for the class. Specifically, this research aims to (1) Describe the productive learning process of leather crafts, (2) Describe the management of learning by the teacher, and (3) Know the quality and results of student learning after using the Explicit Instruction model. The research was carried out in two cycles, where each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection stages. The research method used was Classroom Action Research, which was carried out in two cycles to determine the increase in student learning outcomes in the Tatah Sungging Product subject. Based on the research results, it can be concluded that the explicit instruction method can improve the class's ability to smile.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta

Daroeso, Bambang. 1989. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM.

Hamalik, O. 2006. Pendidikan Guru: Berdasarkan pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Haryanto, S, 1991, Seni Kriya Kulit “Seni Rupa Tatahan dan Sunggingan, Penerbit PT. Pustaka Utama Grafiti

Muslim. 2008. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Sugiono, 2012, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung.

Tim Bengkel Kulit,1999/2000, Program Keahlian Kriya Kulit, Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru Kesenian

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Uno, B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-10-29 — Updated on 2022-10-29

How to Cite

Rais, S. S. ., Sugiyamin, S., & Susanto, M. R. (2022). Peningkatan Keterampilan Menyungging Melalui Metode Explicit Instruction pada Mata Pelajaran Tatah Sungging di Kelas XI B Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi SMK Negeri 5 Yogyakarta. Cilpa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Rupa, 7(2), 1–18. https://doi.org/10.30738/cilpa.v7i2.13393

Issue

Section

Artikel

Citation Check