Ancaman Kepunahan Orang Utan Menjadi Sumber Inspirasi Karya Seni Grafis

Authors

  • Ananta Wikrama Agya Saka Ananta Universitas Sarjanawiata Tamansiswa, Indonesia
  • Dharmawati Dewi Pamungkas Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/cilpa.v9i1.14310

Keywords:

eksploitasi, seni grafis, pop art, orang utan

Abstract

Abstrak

Ancaman Kepunahan Orang Utan Menjadi Sumber Inspirasi Karya Seni Grafis, sebagai Tugas Akhir Bukan Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa. Penciptaan karya seni grafis ini memiliki tujuan untuk menyuarakan bahwa orang utan bukan satwa yang mengganggu, hama, dan peliharaan. Proses perwujudan karya seni grafis ini menggunakan teknik cetak tinggi reduksi dengan konsep pop art comic vintage. Metode penciptaan pada karya seni grafis dengan orang utan sebagai subject matter melalui berbagai tahap eksplorasi seperti, eksplorasi ide dan konsep, eksplorasi media, eksplorasi visual, eksplorasi teknik, dan eksplorasi estetik. Kemudian penulis membuat rancangan yang akan digunakan dalam pengerjaan karya, yang berupa sebuah gagasan yang sudah disepakati. penulis mendapat sebuah pencapaian tersendiri berupa rasa puas telah mampu mengangkat sebuah isu yang terjadi pada orang utan kedalam karya seni grafis. Proses mewujudkan sebuah karya seni dengan judul tersebut melalui banyak pemikiran dalam memilih objek kemudian memilih isu yang tepat dan mencari tempat observasi di tengah pandemi.

ABSTRACT

The Threat of Orang Utan Extinction as a Source of Inspiration for Printmaking Artworks, as a Non-Thesis Final Project for the Fine Arts Education Study Program. The creation of this graphic artwork aims to voice that orangutans are not disturbing animals, pests, and pets. The process of realizing this graphic artwork uses a high-reduction printing technique with the concept of pop art comic vintage.The method of creation in printmaking artworks with orangutans as subject matter goes through various stages of exploration such as exploration of ideas and concepts, media exploration, visual exploration, technical exploration, and aesthetic exploration.Then the author makes a design that will be used in the work, in the form of an agreed idea.The author gets a sense of accomplishment in the form of a sense of satisfaction in being able to raise an issue that occurs in orangutans in printmaking artworks. The process of realizing a work of art with this title went through a lot of thought in choosing objects, then choosing the right issue and finding a place to observe in the midst of a pandemic.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahari, N. (2008). Kritik Seni Wacana Apresiasi dan Kreasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Boer, C. D. (2013). Orangutan Tersayang. Yogyakarta: Wanajati Chakra Renjana.

Budiwirman. (2011). Seni Cetak Mencetak. Padang : SukaBina Press

Budiwirman. (2016). Seni Grafis dan Perkembangannya ke Desain Grafis. UNP Press Padang.

Dawami, A. Kusuma.(2017). Pop Art Di Indonesia. Jurnal Desain Universitas Indraprasta PGRI.

Dkk, Sofyan. (2020). Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Makassar :Badan Penerbit UNM.

Hanafiah, Junaidi & Yovanda. (2019). Sudah Saatnya Pemelihara Orangutan Diproses Hukum. Di akses tanggal 17 November 2022 dari https://www.mongabay.co.id/2019/08/20/sudah-saatnya-pemelihara-orangutan-diproses-hukum/.

Iswandi, H. (2017). Perkembangan Seni Grafis di palembang Kontinuitas dan Perubahannya. Besaung Jurnal Seni Desain dan Budaya. 2(1). 18.

Kasman. (2020). Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional Geografi Kelas XI. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kreasi Media, Tim Penulis. (2015). Seri mengenal hewan Orangutan, Primata Pintar Yang Mirip Manusia. Bogor : Kids Booker.

Kuswanda, Wanda.(2007).Ancaman Terhadap Populasi Orang Utan Sumatera (pongo abelii lesson).

Lahay, Srisna J.(2022). Metafora Dalam KajianLinguistik, Sastra, dan Terjemahan: Sebuah Pengantar.Dialektika Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya.9(1).87.

Mahatma, Edwin Derry. (2021). Sobat Kom, Mari Mengenal Orang Utan dan Jenisnya. Di akses tanggal 15 November 2022 dari https://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita/sobat-kom-mari-mengenal-orang-utan-dan-jenisnya.

Marianto, M Dwi. (2015). Art & Levitation. Yogyakarta: Pohon Cahaya.

Prasetyo, Bagus Firman., Susanti, Rahtami., Setiawan, Bayu. (2019). Perlindungan Hukum Terhadap Orang Utan Dari Perdagangan Ilegal.19(2).154.

Tanama, A. A. (2020). Cap Jempol Seni Cetak Grafis dari Nol. Yogyakarta: SAE.

White, M. (2016). Orangutan Nan Rawan. Indonesia: Jakob Oetama.

Wwf.id. (2022). Orangutan. Di akses tanggal 16 November 2022 dari https://www.wwf.id/spesies/orangutan

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ananta, A. W. A. S., & Pamungkas, D. D. . (2023). Ancaman Kepunahan Orang Utan Menjadi Sumber Inspirasi Karya Seni Grafis. Cilpa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Rupa, 9(1), 19–29. https://doi.org/10.30738/cilpa.v9i1.14310

Issue

Section

Artikel

Citation Check