Inovasi Motif Pace Batik Cap Upcycle Limbah Kertas pada Kain Kombinasi Lurik
DOI:
https://doi.org/10.30738/cilpa.v9i1.15911Keywords:
Batik Cap, Limbah Kertas, Pace, Kombinasi mori dan lurikAbstract
Abstrak
Penelitian terapan ini terinspirasi dari karakter da bentuk buah Pace sebagai bentuk inovasi motif batik Cap dengan Upcycle Limbah Kertas pada Kain Kombinasi Lurik. Tujuan penelitian ini memperkenalkan kepada masyarakat bahwa batik dapat berkembang sesuai dengan tehnologi khusunya di bidang fashion, selain itu juga memanfaatkan beberapa limbah kertas sebagai bahan untuk membuat cap. Metode yang dipakai dalam penciptaan karya seni ini yaitu eksplorasi ide, konsep, visual, estetika, perancangan dan perwujudan. Teknik yang digunakan dalam pembuatan batik dengan teknik cap dari bahan kertas yang memanfaatkan limbah kertas, dan menggunakan media kain mori kombinasi kain lurik untuk dijadikan bahan sandang, baju, dan selendang. Warna yang digunakan dalam pembuatan batik ini yaitu pewarna sintetis. Teknik dalam pewarnaan adalah teknik celup dengan dua kali proses pewarnaan. Hasil penelitian ini yaitu karya seni yang menampilkan inovasi motif buah pace dengan teknik cap yang menggunakan media kain kombinasi kain lurik. Karya batik ini mengacu pada prinsip kesatuan, keselarasan, keharmonisan, proporsi, keseimbangan, dan irama. Karya batik akan dijadikan sebagai bahan sandang maupun produk seperti baju atau selendang yang mempunyai nilai estetis. Setiap karya batik memiliki makna tersendiri dengan menciptakan 8 karya yang berjudul Batik Kembang Pace, Batik Pace Mrambat, Batik Ceplok Pace Kawung, Batik Isi Pace, Batik Pace Belah Wajik, Batik Pace Utuh, Batik Pace, dan Batik Ceplok Pace Belah.
ABSTRACT
This applied research is inspired by the character and shape of the Pace fruit as an innovative form of batik Cap motif with Upcycle Waste Paper on Lurik Combination Fabric. The purpose of this research is to introduce to the public that batik can develop in accordance with technology, especially in the field of fashion, while also utilizing some paper waste as material for making stamps. The methods used in the creation of this artwork are the exploration of ideas, concepts, visuals, aesthetics, design, and realization. The technique used in making batik with stamps is paper material that utilizes paper waste and uses more fabric media combined with striated fabric to be used as clothing, clothes, and shawls. The colors used in making this batik are synthetic dyes. The technique in coloring is the dipping technique with two coloring processes. The result of this research is a work of art that displays innovations in the pace fruit motif with a stamping technique using a combination of striated fabric media. This batik work refers to the principles of unity, harmony, harmony, proportion, balance, and rhythm. The batik work will be used as clothing or products such as clothes or shawls that have aesthetic value. Each batik work has its own meaning creating eight works entitled Batik Kembang Pace, Batik Pace Mrambat, Batik Ceplok Pace Kawung, Batik Isi Pace, Batik Pace Belah Wajik, Batik Pace Utuh, Batik Pace, and Batik Ceplok Pace Belah.
Downloads
References
Amaris Trixie, A. (n.d.). Trixie Penggunaan Warisan Budaya Batik Sebagai Identitas Bangsa Indonesia FILOSOFI MOTIF BATIK SEBAGAI IDENTITAS BANGSA INDONESIA.
Ardhi, B., Bahari, N., & Adi1, S. P. (2018). Karakter Bima Sebagai Sumber Inspirasi dalam Karya Seni Grafis. Wayang Nusantara: Journal of Puppetry, 2(1), 28–39. DOI: https://doi.org/10.24821/wayang.v2i1.2999
Briegel Mandegani, G., Setiawan Balai Besar Kerajinan dan Batik, J., & Kusumanegara, J. (2011). Review: Written Batik Chair Standardization.
Gustami, SP. 2007, “Butir-Butir Mutiara: Estetika Timur: Ide Dasar Penciptaan Seni Kriya Indonesia”, Yogyakarta: Prasista.
Handoyo, M. A. (2019). BAB II Tinjauan Pustaka BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. 1–64. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Hastangka. (2013). Ontologi Batik: Melacak Dimensi Metafisis Batik Klasik Jawa. Jurnal Filsafat, 23(3), 200–2014.
Illahi, T. A. R., Rahmawati, I., & Setyawan, A. (2021). Pemanfaatan Media Interaktif Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan IPA Siswa Kelas V SDN Sumurwelut 1/438 Surabaya. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 1(2), 130–141. DOI: https://doi.org/10.52620/jeis.v1i2.11
Kartika, DS, 2004, “Pengantar Estetika. Rekayasa Sains”, Perpustakaan ISI Yogyakarta.
Nurohmad, N., Eskak, D. E., & Penulis, K. (2019). LIMBAH KERTAS DUPLEX UNTUK BAHAN CANTING CAP BATIK Duplex Paper Waste for Batik Stamp Materials. 36(2), 125–134. DOI: https://doi.org/10.22322/dkb.v36i2.4968
Prasatyo, 2010. Batik Karya Agung Warisan Budaya Dunia, Yogyakarta: Pura Pustaka
Rumiyati, V. S. P., Putranto, A. P. E., Amar, A., Nazar, Y., & Oktaviani, B. (2022). Identifikasi Konstruksi dan Kualitas Kain Mori Sebagai Bahan Baku Pembuatan Batik. Jurnal Tekstil: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Tekstil Dan Manajemen Industri, 5(1), 36–45. DOI: https://doi.org/10.59432/jute.v5i1.21
Rupadian, W., & Puspitasari, C. (2019). Eksplorasi teknik crochet pada kain lurik. E-Proceeding of Art & Design, 6(2), 1809–1814.
Sachari, A., & Sunarya, Y. Y. (2000). Pengantar Tinjauan Desain. ResearchGate, July 2000, 159–190.
Sanyoto, Ebdi Sadjiman. Nirmana: Elemen-elemen Seni dan Desain Edisi Kedua. Yogyakarta: Jalasutra.
Sitanggang, P. Y. (2017). Pengolahan Limbah Tekstil Dan Batik Di Indonesia. Jurnal Teknik Lingkungan, 1(12), 1–10.
Suhersono, Henry. 2004. “Motif Krancang, Tepi dan Lengkung”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Widagdo, 2000. Refleksi Seni Rupa Indonesia: Pendidikan dan Profesi Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Cilpa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Rupa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Cilpa journal and Prodi Pendidikan Seni Rupa FKIP UST as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.Â
Cilpa journal and and Prodi Pendidikan Seni Rupa FKIP UST the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Cilpa journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form senirupaust]. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document or fax : Â
Dwi Susanto (Editor-in-Chief)Â
Editorial Office of Jurnal Cilpa
PSR FKIP UST
Jl. Tamansiswa No.25, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia 55151Â
Telp./Fax: +62-274-388362
Email: jurnalcilpa@ustjogja.co.id