Strategi Contextual Teaching And Learning Pembelajaran Seni Rupa Siswa Kelas VII SMPN 2 Wonosari

Authors

  • Prihatini Prihatini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa , Indonesia
  • Dwi Susanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/cilpa.v9i1.16051

Keywords:

Contextual Teaching And Learning Strategy, Arts, Learning

Abstract

Abstrak

Strategi Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Seni Rupa Siswa Kelas VII Di SMPN 2 Wonosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui persiapan yang dilakukan dalam pelaksanaan strategi CTL pada pembelajaran seni rupa siswa kelas VII ; 2) Mengetahui pelaksanaan strategi CTL dalam pembelajaran seni rupa siswa kelas VII di SMPN 2 Wonosari; 3) Mendeskripsikan evaluasi hasil penerapan strategi CTL pada pembelajaran seni rupa siswa kelas VII di SMPN 2 Wonosari; 4) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi CTL pada pembelajaran seni rupa siswa kelas VII di SMPN 2 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan strategi fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Seni Budaya, Waka Kurikulum, Kepala Sekolah, dan Siswa Kelas VII di SMPN 2 Wonosari. Objek dalam penelitian ini adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi hasil, serta faktor pendukung dan penghambat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, kuesioner (siswa), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tahap persiapan pembelajaran seni rupa dengan strategi CTL dilakukan dengan baik sebagai upaya menuju Impelentasi Kurikulum Merdeka (IKM); 2) Tahap pelaksanaan pembelajaran seni rupa dengan strategi CTL dapat berimplikasi dengan baik terhadap capaian pembelajaran dengan mengkombinasikan pembelajaran berdiferensiasi; 3) Tahap evaluasi hasil dalam penerapan strategi CTL pada pembelajaran seni rupa dapat mencapai tujuan pembelajaran; 4) Faktor penghambat lebih banyak daripada faktor pendukung namun pembelajaran seni rupa dengan menerapkan strategi CTL dapat dilaksanakan dengan baik.

Abstract

Prihatini. 2019003050. Contextual Teaching and Learning (CTL) Strategy in Fine Arts Learning for Grade VII Students at SMPN 2 Wonosari. Thesis. Fine Arts Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Sarjana Wiyata Tamansiswa University, Yogyakarta, 2023. This study aims to 1) Know the preparations made in the implementation of CTL strategies in fine arts learning for grade VII students; 2) Knowing the implementation of CTL strategies in learning fine arts for grade VII students at SMPN 2 Wonosari; 3) Describe the evaluation of the results of implementing the CTL strategy in fine arts learning for grade VII students at SMPN 2 Wonosari; 4) Knowing the supporting and inhibiting factors in the application of CTL strategies in fine arts learning for grade VII students at SMPN 2 Wonosari. This research is a descriptive-qualitative research with phenomenological strategies. The subjects in this study were Cultural Arts Teachers, Waka Kurikulum, School Principals, and Class VII Students at SMPN 2 Wonosari. The objects in this study are the preparatory stage, the implementation stage, the result evaluation stage, as well as supporting and inhibiting factors. The data collection techniques used were interviews, observations, questionnaires (students), and documentation. The results showed that 1) The preparation stage of fine arts learning with the CTL strategy was carried out well as an effort towards the Implementation of the Independent Curriculum (IKM); 2) The implementation stage of fine arts learning with CTL strategies can have good implications for learning outcomes by combining differentiated learning; 3) The evaluation stage of results in the application of CTL strategies in fine arts learning can achieve learning objectives; 4) There are more inhibiting factors than supporting factors, but fine arts learning by applying CTL strategies can be implemented well. Keywords: Contextual Teaching And Learning Strategy; Learning; Art.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amady, R. (2015). Etik dan Emik Pada karya Etnografi. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 167-189.

Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi : Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif Untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Creswell, J. W. (2017). Research Design. United States of America: SAGE Publications.

Fahmi. (2016). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. S2 IPA UNLAM PRESS, 121-128.

Faiz, A., Pratama, A., Kurniawaty, & Imas. (2020). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 2846-2853.

Hajaroh, M. (2018). Paradigma, Pendekatan, dan Metode Penelitian Fenomenologis. Staff UNY, 1-21.

Hamengkubuwono. (2016). Ilmu Pendidikan dan Teori-Teori Pendidikan. Curup: CV. Karya Hazri Zitaq.

Kadir, A. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah. Dinamika Ilmu, 17-38.

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Afifa Utama.

Pamadhi, H. (2012). Pendidikan Seni. Yogyakarta: UNY Press.

Rondhi, M. (2017). Apresiasi Seni Dalam Konteks Pendidikan Seni. Imajinasi Jurnal Seni, 9-18.

Siang, J. L., Sukardjo, M., Beatrix JM Salenussa, Y. S., & Khasanah, U. (202040-52). Pengaruh Model Pembelajaran Dan kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. JTP: Jurnal Teknologi Pendidikan.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Prihatini, P., & Susanto, D. (2024). Strategi Contextual Teaching And Learning Pembelajaran Seni Rupa Siswa Kelas VII SMPN 2 Wonosari. Cilpa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Rupa, 9(1), 41–54. https://doi.org/10.30738/cilpa.v9i1.16051

Issue

Section

Artikel

Citation Check