Peningkatan Dimensi Kreatif SBdP Melalui Metode Pembelajaran Kolaborasi Bersama Guru Tamu Terintegrasi Ajaran Tri-Nga

Authors

  • Fajar Satrya Pamungkas Universtias Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Moh. Rusnoto Susanto Pascasarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/cilpa.v9i1.16318

Keywords:

creative dimension, SBdP, collaborative learning, guest teachers, tri-nga

Abstract

Abstrak

Pada masa transisi dari Kurikulum 2013 menuju Kurikulum Merdeka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menginstruksikan kepada SD yang masih menggunakan Kurikulum 2013 agar menyisipkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran salah satunya nilai dimensi kreatif. Jika dilihat dari hasil pembelajaran SBdP saat ini, dimensi kreatif yang dimiliki oleh peserta didik masih rendah. Berdasarkan kondisi tersebut perlu dirumuskan strategi pembelajaran untuk meningkatkan dimensi kreatif pada mata pelajaran SBdP. Strategi pembelajaran tersebut adalah menyusun pembelajaran dengan metode pembelajaran kolaborasi bersama guru tamu dengan berlandaskan ajaran Tri-Nga (Ngerti, Ngrasa, Nglakoni). Penilitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi dan dokumentasi. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dalam bentuk naratif dan membuat kesimpulan sementara terkait keterlaksanaan aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kolaborasi bersama guru tamu terintegrasi ajaran Tri-Nga dapat meningkatkan dimensi kreatif pada muatan pelajaran SBdP.

 Abstract

During the transition period from the 2013 Curriculum to the Independent Curriculum, the Ministry of Education, Culture, Research and Technology instructed elementary schools that were still using the 2013 Curriculum to insert Pancasila Student Profile values ​​in learning, one of which was the value of the creative dimension. If we look at the current SBdP learning results, the creative dimension possessed by students is still low. Based on these conditions, it is necessary to formulate learning strategies to increase the creative dimension in SBdP subjects. The learning strategy is to organize learning using a collaborative learning method with guest teachers based on the teachings of Tri-Nga (Ngerti, Ngrasa, Nglakoni). The research carried out is a type of qualitative descriptive research. The techniques used in data collection are observation and documentation techniques. The data obtained is then analyzed in narrative form and makes temporary conclusions regarding the implementation of activities. The research results show that the application of collaborative learning methods with guest teachers integrated with Tri-Nga teachings can increase the creative dimension of SBdP lesson content.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anik Dwi Nurmawati, Ana Fitrotun Nisa, Ahniasari Rosianawati, Budi Artopo, Riska Ashar Luthfia Erva, & Nizhomi, B. (2022). Implementasi Ajaran Tamansiswa “Tri Nga” Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(2), 1366–1372. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i2.11832

Eko, Susanto, M. R., & Nisa, A. F. (2023). Tri N (Niteni, Niroake, Nambahake) dalam Pengembangan Kreativitas SBDP Batik Jumputan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2), 210–215. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i2.11784

Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 1–37.

Ki Sarino Mangunsaskoro Direktorat Pascasarjana UST, R., Kualitas Pendidikan Tinggi, P., dan Menengah, D., Rusnoto Susanto, M., Retnaningsih Dosen Prodi Pendidikan Seni Rupa UST, R., & Kurator Seni Rupa, dan. (2018). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jogjakart, 28 April 2018 MELACAK PEMIKIRAN AVANT GARDE KI HADJAR DEWANTARA MELALUI KONSEP PENDIDIKAN NASIONAL SEBAGAI FENOMENA QUANTUM LEAP DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT ORGANISME. April, 254–270.

Putra Prawira, R., Wulan Dhari, N., Rini Shafa Aqilla, Y., Kemala Putri, N., Herwanda, W., Trinanda, E., Alifia Ionendri, N., Panjaitan, J. W., Syafriani, N., & Silalahi, A. P. (2022). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Profil Pelajar Pancasila Di Sd Negeri 008 Silam Dan Sd Negeri 022 Silam Desa Silam Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(9), 3248–3255.

Rusyiana, R., & Marpaung, M. (2023). Pengaruh Kolaborasi Guru, Growth Mindset dan Readiness for Change terhadap Kepemimpinan Guru Sekolah XYZ. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3945–3951. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1555

Sumbung, E. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PPKN Menggunakan Metode Guru Tamu Studi Ekskursi. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 455–463. https://doi.org/10.5281/zenodo.4285616

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Pamungkas, F. S. ., & Susanto, M. R. . (2023). Peningkatan Dimensi Kreatif SBdP Melalui Metode Pembelajaran Kolaborasi Bersama Guru Tamu Terintegrasi Ajaran Tri-Nga. Cilpa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Rupa, 9(1), 56–62. https://doi.org/10.30738/cilpa.v9i1.16318

Issue

Section

Artikel

Citation Check