PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL KAWASAN AIR TERJUN SEKAR LANGIT UNTUK MENINGKATKAN CITRA WISATA ALAM
DOI:
https://doi.org/10.30738/cilpa.v6i2.9849Keywords:
Kata kunci, perancangan, Identitas Visual, Kawasan Wisata AlamAbstract
Tujuan dari penelitian dan perancangan ini yaitu untuk menghasilkan sebuah perancangan identitas visual yang efektif dan komunikatif beserta dengan aplikasinya sebagai upaya untuk membangun citra Kawasan Wisata Air Terjun Sekarlangit, sehingga dapat menjadi pusat destinasi wisata alam yang elok, selalu diingat dan digemari wisatawan baik wisatawan lokal maupun manca negara. Penelitian dan perancangan identitas visual ini menggunakan prosedur deskriptif melalui pendekatan SWOT. Dalam konsep perancangan ini, diciptakan model gaya desain yaitu berupa ilustrasi gambar yang merupakan karakter menonjol dari Kawasan Wisata Air Terjun Sekarlangit. Proses perancangan identitas visual ini dimulai dengan identifikasi karakteristik Tahap selanjutnya yaitu penetapan konsep desain dengan menggunakan dua metode. Tahap pertama adalah, karakteristik utama dari Kawasan Wisata Air Terjun Sekarlangit yang sejuk serta alami, sedangkan yang kedua adalah gaya hidup masyarakat desa setempat yang berharmoni dengan alam. Identitas visual branding yang di rancang adalah adalah seperti logo, slogan, maskot, poster, brosur, peta lokasi wisata, street banner, papan reklame, promotional, photobooth, suvenir (mug, kaos, gantungan kunci, tas), packaging oleh-oleh, branding tempat-tempat umum, dan x-banner pariwisata. Kemudian desain identitas visual tersebut dikonfirmasi dan divalidasi kepada keyplayer pengelola pariwisata Kawasan Wisata Air Terjun Sekarlangit melalui FGD yang akan menghasilkan perbaikan elemen, yaitu perbaikan desain poster dan brosur untuk melengkapi konten sesuai dengan destinasi wisata yang mampu memperkenalkan identitas visual tersebut pada masyarakat luas sebagai sebuah identitas yang baru. Luaran yang diharapkan dari penelitian dan perancangan ini adalah terbit di sebuah jurnal nasional pariwisata dan jurnal inovasi daerah Kota Magelang.Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Cilpa journal and Prodi Pendidikan Seni Rupa FKIP UST as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.Â
Cilpa journal and and Prodi Pendidikan Seni Rupa FKIP UST the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Cilpa journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form senirupaust]. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document or fax : Â
Dwi Susanto (Editor-in-Chief)Â
Editorial Office of Jurnal Cilpa
PSR FKIP UST
Jl. Tamansiswa No.25, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia 55151Â
Telp./Fax: +62-274-388362
Email: jurnalcilpa@ustjogja.co.id