UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENGGAMBAR ORNAMEN MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA KELAS ATAS SD MUHAMMADIYAH KUTUGAN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.30738/cilpa.v6i2.9848Keywords:
Kata Kunci, motivasi belajar, discovery learning, aktivitas belajar, hasil belajaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar menggambar ornamen melalui penerapan metode pembelajaran Discovery Learning. Peningkatan minat belajar pada penelitian ini diukur dengan peningkatan motivasi dan aktivitas belajar siswa dengan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas IV dan V SD Muhammadiyah Kutugan Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 22 siswa. Peneliti menggunakan wawancara, angket/kuesioner, dan pengamatan/observasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan medel analisis interaktif yang memakai tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar menggambar ornamen setelah diadakan tindakan kelas melalui penerapan metode pembelajaran Discovery Learning. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan motivasi belajar menggambar ornamen siswa dari sebelum dan sesudah tindakan. Pada siklus 1 kelas IV diperoleh rata-rata 26,81 (kategori motivasi cukup) sedangkan pada kelas V siklus 1 diperoleh rata-rata 27,45 (kategori motivasi cukup), dan pada siklus 2 kelas IV peningkatan terjadi dengan rata-rata menjadi 33,72 (kategori motivasi tinggi) sedangkan pada kelas V siklus 2 juga terjadi peningkatan menjadi 34,90 (kategori motivasi tingi). Dari hasil wawancara dan observasi di lapangan terlihat bahwa siswa mengalami peningkatan motivasi dan keatifan dalam pembelajaran menggambar ornamen. Oleh karena itu, dapat diusulkan suatu rekomendasi bahwa penerapan metode pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar menggambar ornamen siswa Kelas IV dan V SD Muhammadiyah Kutugan Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2019/2020.Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Cilpa journal and Prodi Pendidikan Seni Rupa FKIP UST as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.Â
Cilpa journal and and Prodi Pendidikan Seni Rupa FKIP UST the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Cilpa journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form senirupaust]. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document or fax : Â
Dwi Susanto (Editor-in-Chief)Â
Editorial Office of Jurnal Cilpa
PSR FKIP UST
Jl. Tamansiswa No.25, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia 55151Â
Telp./Fax: +62-274-388362
Email: jurnalcilpa@ustjogja.co.id